5 Deretan Dosa Terlaris yang Dilakukan Orang Setelah Puasa Usai. Jangan pada Kayak Gini, Ya!

Dosa setelah bulan puasa

Selama bulan puasa, banyak orang yang percaya bahwa setan-setan tengah dibelenggu, begitu juga setan yang ada pada diri manusia. Makanya nggak heran jika saat bulan puasa, orang-orang saling berlomba untuk menahan hawa nafsu, berbuat kebaikan kepada sesama, dan melakukan hal-hal yang dinilai positif untuk berburu pahala. Kurang lebih begitulah keistimewaan bulan puasa dibandingkan dengan bulan-bulan biasa yang lainnya.

Advertisement

Kini, sebulan telah berlangsung, bulan puasa baru saja usai. Tentunya ada berbagai fenomena menarik yang dapat dibahas. Salah satunya adalah kembalinya dosa-dosa manusia yang dilakukan secara ramai-ramai. Meski nggak semua orang mendadak kembali melakukan dosa-dosa absurd ini, tapi inilah deretan dosa terlaris yang kerap dilakukan umat manusia setelah selesai bulan puasa. Simak deh~

1. Ngomongin tetangga habis-habisan, sampai dibahas segala perkara ngasih suguhan makanannya yang nggak lengkap karena nggak ada Khong Guan

Ilustrasi ngomongin tetangga. via www.wajibbaca.com

Dosa konyol pertama yang pasti dilakukan oleh banyak orang, atu bahkan kita sendiri adalah ngomongin tetangga secara habis-habisan. Biasanya, hasrat gibah itu muncul karena sewaktu menjamu tamu di momen silaturahmi Lebaran dirasa kurang lengkap dari segi makanan. Parahnya sih kalau dibandingkan dengan tetangga yang lainnya, di tempat lain ada menu β€œA-Z”, tapi di rumahnya ada makanan utuh aja udah syukur. Tapi kalau nggak nyuguhin menu jajanan Khong Guan memang sedikit pantas buat diomongin dari belakang sih, apalagi yang isi kalengnya rengginang. πŸ™

2. Maki-maki temen cuma perkara telat balas chat, tapi sekali-kali emang kudu gitu sih kalau kebangetan

Marah sama temen lewat chat via pikecreekpsych.com

Kalau sewaktu bulan puasa mungkin kamu masih bisa menahan rasa jengkel terhadap teman yang suka lelet buat balesin chat, beda ceritanya dengan momen setelah bulan puasa usai. Mau gimana lagi, orang setannya udah balik kok, ya, jadi gampang marahnya. Terlebih kalau ngadepin temen yang telat bales chat penting cuma gara-gara ditinggal main gim, streaming YouTube sampai tamat, atau bahkan bener-bener nggak ngapa-ngapain. Useless banget dah. πŸ™

Advertisement

3. Selain telat balas chat penting, memulai percakapan virtual dengan satu huruf doang juga termasuk dosa besar. Apa sih tujuannya??

Tahan, tahan, sabar, sabar …. πŸ™ via twitter.com

Sampai sekarang, chat yang dimulai dengan satu huruf secara berulang alias banyak banget itu udah jadi semacam budaya di kalangan orang-orang nggak jelas. Apa susahnya sih, chat dengan menyapa terlebih dulu? Daripada cuma β€œP” sampai banyak begitu, kan, mending tulis salam yang benar. Bagi banyak orang, ini adalah dosa besar lo!

Untuk yang penasaran motivasi di balik orang chat dengan huruf β€œP”, Hipwee Hiburan udah pernah bahas lo di sini. Semoga mencerahkan, ya!

4. Minta PAP aneh-aneh. Misalnya minta PAP waktu nyetir motor tangannya nyilang πŸ™

Muka cowok ketika minta PAP via www.bolde.com

Kayaknya dosa kaum cowok yang dilakukan setelah bulan puasa selesai itu banyak banget deh, termasuk dosa minta PAP juga nggak kalah laris. Biasanya, para buaya berwujud manusia ini sering minta dikirimin foto aneh-aneh, entah oleh pacarnya, gebetannya, atau mungkin cuma sekadar temannya. Aneh-aneh itu banyak macemnya lo, kalau PAP yang diminta adalah foto nyetir motor dengan posisi tangan menyilang, ya, repot juga. πŸ™

Advertisement

5. Seharian tidur terus. Giliran rezeki susah, nyalahin keadaan. Hmmm~

Seharian cuma tidur. via drandreastevens.com

Mentang-mentang sewaktu bulan puasa tidur dianggap pahala, bukan berarti kerjaannya hanya tidur terus seharian. Tidur dianggap pahala itu daripada kamu melakukan kegiatan yang nggak bermanfaat. Biasanya sih kebiasaan tidur seharian itu malah dibawa-bawa seterusnya. Susah memang kalau ngasih sobat rebahan, giliran rezekinya seret aja langsung nyalahin keadaan. Makanya jangan tidur melulu. πŸ™

Kira-kira kamu udah nyicil melakukan dosa yang mana nih kalau boleh tahu? Kalau udah, jangan diterusin lagi, ya, cukup satu dan sekali aja. Dosa mah jangan dikumpulin, jadi untung juga nggak, yang ada malah siap menghantarkan kamu ke gerbang neraka~

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumahΒ ya!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE