9 Rekomendasi Film Jepang Sedih yang Menguras Air Mata. Dijamin Sesenggukan!

Menonton film menjadi kegiatan yang tepat untuk menyalurkan emosi. Saat menonton film yang menyenangkan, kita pun akan ikut terbawa bahagia. Begitu pula saat menonton film sedih, air mata kita biasanya akan mengalir deras karena kisah dalam film yang begitu menyayat hati.

Advertisement

Kalau kamu sedang ingin menangis, maka menonton film sedih dari negeri matahari terbit ini mungkin jadi pilihan yang tepat. Selain cerita yang menyedihkan, alur cerita dan latar khas Jepang akan membawamu larut dalam kesedihan.

1. Voices in the Wind (2020)

Voices in the Wind (2020) | Credit: IMDb

Film Voices in the Wind menceritakan tentang seorang remaja bernama Haru yang pulang ke kota asalnya di Tohoku. Namun saat pulang, seluruh keluarganya telah tiada akibat tsunami delapan tahun yang lalu. Di tengah perjalanan, ia menemukan telepon umum yang dipercaya bisa menghubungkannya dengan orang-orang yang sudah meninggal.

2. Snow Flower (2019)

Snow Flower (2019) | Credit: IMDb

Film yang memiliki judul lain Yuki no Hana ini mengisahkan Miyuki Hirai yang memiliki fisik lemah sejak kecil. Ia kemudian didiagnosis hanya memiliki sisa waktu hidup singkat. Suatu hari, ia bertemu dengan Yusuke Watabiki, seorang pengrajin kaca yang jujur.

Advertisement

3. Her Love Boils Bathwater (2016)

Her Love Boils Bathwater (2016) | Credit: IMDb

Her Love Boils Bathwater menceritakan Futuba, seorang single mother yang membesarkan anak perempuan bernama Azumi. Futuba adalah seorang ibu yang menemani Azumi menghadapi waktu sulitnya di SMA. Namun, masalah besar kemudian datang saat ia pingsan sewaktu bekerja. Ternyata, Futuba menderita kanker stadium empat.

4. If Cats Disappeared from the World (2016)

If Cats Disappeared from the World (2016) | Credit: IMDb

Film ini menceritakan tentang seorang pemuda pengirim surat yang hidup dengan kucingnya. Suatu hari, ia divonis menderita tumor otak yang sudah menyebar ke seluruh bagian otaknya. Dokter mengatakan ia tidak akan hidup lebih dari seminggu. Namun, ia bertemu dengan iblis yang bisa memperpanjang umurnya dengan syarat ia harus menghilangkan kucingnya.

5. Forget Me Not (2015)

Forget Me Not (2015) | Credit: IMDb

Forget Me Not bercerita tentang seorang remaja bernama Hayama Takashi. Suatu malam, ia menggunakan sepedanya untuk mengembalikan DVD sewaannya. Namun dalam perjalanan, ia tak sengaja menabrak seorang gadis aneh bernama Oribe Azusa. Gadis itu memiliki hal aneh, setiap orang yang menenalnya tak lama kemudian akan melupakannya.

Advertisement

6. Bokura ga Ita: Zenpen (2012)

Bokura ga Ita: Zenpen (2012) | Credit: IMDb

Film yang lebih dikenal dengan judul We Were There ini merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama. We Were There menceritakan tentang Motoharu Yano dan Nanami Takahashi, sepasang kekasih yang merasakan cinta di masa remaja. Hubungan keduanya mengalami lika-liku, salah satunya karena Yano belum move on dari sang mantan yang meninggal karena kesalahannya di masa lalu.

7. Aishiteru Kaiyo (2009)

Aishiteru Kaiyo (2009) | Credit: IMDb

Aishiteru Kaiyo adalah film yang menceritakan seorang anak kelas 5 SD bernama Tomoya. Ia ditetapkan sebagai tersangka atas pembunuhan hingga harus mendekam di penjara di usianya yang sangat belia. Akhirnya, kebenaran tentang kasusnya terungkap saat ia di dalam penjara.

8. Koizora (2007)

Koizora (2007) | Credit: IMDb

Kisah film ini dimulai di sebuah sekolah SMA. Mika Tahara, seorang murid kelas 1 SMA, kehilangan ponselnya. Saat ditemukan, semua kontak di dalamnya sudah terhapus, tetapi sebuah nomor misterius selalu menghubunginya. Ternyata, penelpon itu adalah Hiro, murid berandalan yang berpenampilan mencolok.

9. Heavenly Forest (2006)

Heavenly Forest (2006) | Credit: IMDb

Heavenly Forest menceritakan seorang fotografer bernama Makoto yang pergi ke New York untuk mencari teman baiknya, Shizuru. Mereka bertemu pertama kali saat upacara masuk universitas. Suatu hari, Makoto tanya Shizuru hadiah apa yang ingin ia terima di hari ulang tahunnya. Keduanya bersepakat mengambil foto berciuman di hutan yang justru membawa Shizuru menghilang dari kehidupan Makoto.

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis