Sebagai salah satu jenis smartphone yang paling populer di dunia, tentu tak sedikit orang Indonesia yang menggunakan Android. Ada banyak alasan mengapa Android sangat populer di Indonesia, yang mana salah satunya adalah harganya yang ekonomis. Terlebih lagi, kualitas handphone Android juga bisa disejajarkan dengan iPhone yang dianggap sebagai smartphone terbaik di dunia. Meskipun begitu, masih ada banyak hal yang belum diketahui banyak orang terkait dengan Android. Apabila jika kamu adalah pemilik handphone Android, kamu perlu banget melihat artikel yang satu ini. Ini nih hal – hal yang harus kamu hindari ketika memiliki smartphone Android.

1. Google Account itu penting lho, jangan cuma kamu abaikan!

google play store

google playstore via tecadvices.com

Kadang kita malas untuk men-setting e-mail atau Google Account kita ketika memakai Android. Padahal hal tersebut bisa menjadi cara untuk menggunakan Android kita dengan semaksimal mungkin. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapat dengan menyinkronkan google account dan Android kamu. Salah satunya adalah kamu bisa mem-backup data – data kamu ke dunia maya agar lebih aman.

2. Nge-charge baterai jangan tunggu sampai Android kamu mati karena bikin baterai kamu nggak awet.

charging

charging via www.hoax-slayer.com

Advertisement

Nge-charge baterai Android sebaiknya ketika masih ada sisa baterai mulai dari 20 hingga 30 persen. Menurut sebuah penelitian, kalau kamu terlalu sering membiarkan HP mati sebelum kamu isi ulang baterainya, baterai kamu akan cepat rusak. Begitu juga sebaliknya jika kamu terlalu sering mengisi ulang baterai ketika isinya masih lumayan penuh. Jika terus dilakukan, masa hidup baterai akan semakin berkurang seiring berjalannya waktu.

3. Jangan terburu – buru meng-update atau meng-upgrade Android kamu! Ini nih alasannya.

update android

update android via best-tech-reviews.com

Ketika ada upgrade atau update-an baru, kebanyakan orang akan segera melakukannya ke Android mereka. Padahal, akan lebih baik jika kamu menunggu beberapa minggu sebelum kamu memutuskan untuk meng-update Android kamu. Alasannya adalah update-an baru biasanya akan disertai dengan sedikit kecacatan seperti bugs dan fixes. Biasanya gangguan – gangguan tersebut baru akan ditangani setelah beberapa minggu setelah update.

4. Jangan asal nge-swipe ketika menutup aplikasi kalau nggak mau baterai cepat habis.

swipe kanan

swipe kanan via swipesapp.com

Pasti kamu pernah deh mengalami HP android yang tiba – tiba serasa lambat karena kamu membuka terlalu banyak aplikasi. Sebagai solusinya kamu kemudian menutup aplikasi – aplikasi tersebut dengan cara yang paling singkat, yaitu nge-swipe aplikasi tersebut. Sayangnya, hal tersebut justru membawa dampak negatif untuk android kamu. Teknik menutup aplikasi tersebut pada dasarnya membutuhkan lebih banyak energi baterai, sehingga akan membuat Android kamu cepat mati.

5. Jangan asal nge-root biar Android kamu nggak rusak.

jangan asal rooting!

jangan asal rooting! via bestcellphonespyapps.com

Advertisement

Jaman sekarang kita sering dengar istilah nge-root Android agar kita bisa melakukan hal – hal yang seharusnya tidak bisa dilakukan seperti merubah font atau nge-cheat ketika main game. Sayangnya, nggak semua teknik rooting bisa berhasil. Dan lebih buruknya, ketika rooting ini gagal, Androidmu bisa benar – benar mati dan tidak bisa digunakan lagi. Makanya hati – hati ketika kamu berpikir untuk melakukan hal tersebut.

6. Hati – hati, jangan asal menginstall aplikasi, terutama yang tidak bersumber jelas. Banyak resikonya lho!

resiko instal aplikasi

resiko instal aplikasi via www.huffingtonpost.com

Mungkin kamu sudah sering mendengar nasihat yang satu ini, karena memang aplikasi teraman yang bisa kamu install di Android kamu adalah yang ada di dalam Play Store. Apabila kamu menginstall aplikasi di luar Play Store, ada kemungkinan Androidmu terkena virus atau bahkan spyware.

7. Jangan asal install aplikasi penghemat baterai! Nggak banyak manfaatnya!

battery saving application

battery saving application via www.youtube.com

Ini nih salah satu hal yang bikin banyak pengguna Android salah-kaprah. Banyak orang mengira bahwa aplikasi penghemat baterai memiliki fungsi yang nyata. Padahal, sebenarnya mereka tidak memiliki fungsi yang jelas karena smartphone Android jaman sekarang sudah memiliki kemampuan untuk memaksimalkan nyawa baterai.

Nah, buat kamu para pengguna Android, coba deh cek lagi apakah kamu sering melakukan hal – hal di atas. Jika memang iya, mungkin sudah saatnya kamu mengakhiri kebiasaan – kebiasaan tersebut agar Android kamu lebih awet. Jangan sampai Androidmu rusak hanya karena sesuatu yang sebenarnya bisa kamu cegah seperti menghindari baterai habis atau menginstal aplikasi dari sumber – sumber yang tidak jelas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya