Internet telah memudahkan penyanyi, desainer, atau seniman-seniman lain yang sedang merintis karir untuk mempublikasikan karya mereka. Nggak jarang, lho, artis dan penyanyi terkenal yang meroket karena internet dan media sosial. Contohnya Trio Gamaliel, Audrey, dan Cantika (GAC). Video mereka yang sedang menyanyikan lagu “Mirror” dari Justin Timberlake bahkan ditampilkan pada acara Grammy Awards tahun lalu, lho.

Tapi selain Trio GAC, masih banyak lho penyanyi-penyanyi Indonesia lain yang menghiasi internet. Sayangnya, banyak suara emas mereka yang belum diketahui publik. Jadi kali ini, Hipwee akan merekomendasikan ke kamu beberapa dari mereka — khususnya yang mempublikasikan karya via Soundcloud. Yuk, simak!

1. Runtlalala

Runtlalala (tengah) bersama Teza Sumendra dan Lisadepe via twitter.com

Advertisement

Runtlalala – Don’t Know Why (Norah Jones Cover)

Dengar suara jazzy-nya yang sekilas mirip Renee Olstead ini, bakal bikin perasaan jadi tenang banget. Apalagi kalau kamu mendengarkannya saat sore atau malam hari.

2. Isyana Sarasvati

Isyana Sarasvati via youtube.com

Isyana Sarasvati – You Make Me Feel (Cobra Starship Cover)

Advertisement

Perempuan bersuara sopran ini sangat piawai dalam bermain keyboard. Lagu-lagu yang di-cover-nya kebanyakan Isyana aransemen ulang dan disesuaikan dengan suara soprannya. Hasilnya? Luar biasa!

3. Barsena Bestandhi

Barsena pandai memainkan alat musik via aariarangga.blogspot.com

Barsena feat Alika – Almost Is Never Enough (cover)

Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Nez Academy ini memang sangat berbakat dalam bermusik. Selain suaranya yang merdu, Barsena juga pandai dalam mengaransemen lagu. Sound yang diunggahnya ke Soundcloud dan YouTube kebanyakan diaransemen ulang dan hasilnya nggak kalah bagus, lho!

4. Teddy Adhitya

Teddy Adhitya via youtube.com

Teddy Adhitya – Marry Your Daughter (Brian McKnight Cover)

Suara Teddy yang soulful, pasti bikin kamu ikut terhanyut dalam setiap lirik dan nada yang ia nyanyikan. Nggak jarang, Teddy juga mengaransemen ulang lagu yang akan di-cover-nya. Sudah banyak banget, lho, lagu yang di-cover sama Teddy, baik di YouTube maupun di Soundcloud. Oh ya, Teddy juga tergabung dalam grup vokal BoyzIIBoys yang sekarang sedang menggarap album pertamanya.

5. Teza Sumendra

Teza Sumendra via www.rnbcanada.com

Teza Sumendra – Blurred Lines (Robin Thicke Cover)

Husky voice yang dimiliki sama Teza ini merdu, khas, dan bikin kita ingin terus mendengarkannya menyanyi. Saat ini, Teza baru aja mengeluarkan single perdananya yang berjudul “I Want Your Love“, dan kamu bisa dengar teaser lagu ini di akun Soundcloud miliknya.

6. Danilla JPR

Danilla JPR via pinamoosh.com

Danilla – Terpaut Oleh Waktu

Musik jazz yang dibawakan oleh Danilla selaras dengan suaranya yang lembut dan menentramkan. Lagu-lagu di Soundcloudnya banyak diproduksi oleh komposer Bandung, Laffa Green. Kabarnya, Danilla juga akan segera meliris album debutnya dalam waktu dekat ini.

7. Rara Sekar

Rara Sekar Larasati via plus.google.com

Rara Sekar feat Isyana – Payphone/Call Me Maybe (Mash Up)

Salah satu sound yang menarik untuk didengarkan di akun Soundcloud Rara Sekar adalah mash-up dan aransemen ulang lagu “Payphone” milik Maroon 5 dan “Call Me Maybe” milik Carly Rae Japsen. Lagu ini ia nyanyikan bersama adiknya, Isyana Sarasvati. Rara juga tergabung dalam band Banda Neira bersama Ananda Badudu, dan saat ini tengah mempromosikan album perdana mereka, Berjalan Lebih Jauh.

8. Sarah Excellent

Sarah Excellent via twitter.com

Sarah Excellent – Just Friends (Musiq Soulchild Cover)

She’s 18 and very talented! Suaranya yang merdu dipadu dengan iringan gitarnya yang lembut, pasti bikin kamu nggak mau berhenti mendengarkan Soundcloud gadis asal Jakarta ini.

9. Rendy Pandugo

Rendy Pandugo (tengah) via akustikasik.com

Rendy Pandugo – Heart of Life (John Mayer Cover)

Saat mendengar Rendy Pandugo menyanyi, kamu pasti akan teringat dengan John Mayer. Suara serak Rendy memiliki karakter yang mirip dengan Mayer, dan sepertinya, Rendy memang penggemar berat penyanyi yang juga didaulat Majalah Rolling Stone sebagai salah satu Dewa Gitar Baru itu. Rendy sendiri juga tergabung dalam Di-Da, duo project yang digawanginya bersama Iddo Pradananto.

10. Andrea Miranda

Andrea Miranda bersama sang ayah, Purwacaraka via twitter.com

Andrea Miranda – Colors of The Wind (OST Pocahontas)

Perempuan satu ini memiliki karakter suara yang unik, seperti penyanyi dalam pertunjukan broadway dan penyanyi lagu-lagu Disney. Karakter suara uniknya ini bercampur dengan ketertarikannya yang besar pada teater musikal — membuat suara uniknya semakin terasah dan tidak akan bosan untuk didengar.

Nah, itu dia 10 akun Soundcloud Indonesia yang bisa kamu nikmati akhir pekan ini. Kamu punya rekomendasi lainnya? Silakan tambahkan di kolom komentar!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya