Ketika kamu ingin membeli apapun pasti berharap dapat harga murah. Entah itu discount seperti di pusat perbelanjaan dalam mal atau pun berkat daya kreatifmu dalam menawar harga. Sayangnya keberhasilan membeli barang dengan harga murah belum tentu selalu kamu dapatkan. Karena sebenarnya diperlukan keahlian khusus untuk mencapainya.

Oleh karena itu, kali ini Hipwee telah merangkum 6 cara atau seni tawar-menawar harga supaya kamu bisa beli barang dengan harga murah. Demi kantong dan tabungan yang tetap terjaga, kamu perlu mengetahuinya. Silakan disimak ya!

1. Yang harus ramah bukan hanya penjual, tapi pembeli juga. Jangan pelit senyum dan menanggapi para penjual

Alhamdulillah yah dapat harga murah via wanderwithlove.co

“Boleh kakak baju-bajunya silahkan dilihat dulu.”

Hal pertama yang perlu kamu lakukan yaitu jangan pelit senyum dan menanggapi kata-kata yang terucap dari para penjual. Mereka biasanya akan selalu menyapa hangat para pengunjung dengan kalimat sapa berisi ajakan untuk mampir ke tokonya. Hargailah usaha mereka  dengan membalas senyum dan tanggapi sapaannya. Lagipula tak ada salahnya membalas, toh kalau kamu tertarik, barang-barang yang dijualnya akan diberikan harga murah. Nggak percaya? Coba praktikkan!

2. Demi dapat harga murah, basa-basi sedikit itu perlu. Misalnya tanya asal-usul barang atau sang penjual

Advertisement

asli mana pak? via www.indeksberita.com

“Petai ini banyak dijual di Solo. Mas asli sana ya?”

Selain ramah kepada penjual, kamu perlu sesekali basa-basi dengan mereka agar bisa mendapatkan barang dengan harga murah. Kamu dapat memulainya dengan bertanya tentang barang-barang yang dijual. Setelahnya, tinggal pintar-pintarnya kamu menyambungkan obrolan tentang barang itu ke sosok penjualnya. Percaya deh pembicaraan yang menyangkut tentang pribadi bikin lawan pembicara jadi merasa ada kedekatan.

3. Sambil basa-basi, katakan saja kalau kerabatmu pernah beli di sana. Pasti mereka makin sumringah ke kamu

ini saudara saya yang bule ini pernah ke sini lho via www.nationmultimedia.com

“Eh mbak saudara saya yang bule ini beberapa kali beli di sini lho. Ini saya direkomendasikan sama dia.”

Agar barang yang kamu inginkan bisa dapat potongan harga sesuai harapan, jangan malu melakukan berbagai cara. Misalnya, bilang saja kalau kerabatmu ada yang pernah beli di sana, si penjual pasti langsung senang deh. Biar dia makin sumringah, bilang juga kalau kamu sekarang di sana berkat rekomendasi kerabatmu. Namun kamu harus hati-hati karena kalau asal bicara, bisa jadi dia nggak percaya karena kamu ketahuan bohong. Uppss.

4. Bukannya mengumbar janji, tapi bilang padahal tadi saya udah niat mau langganan di sini ternyata ampuh juga

sksd saja sama penjualnya via www.justjaredjr.com

Salah satu yang bikin bahagia penjual yaitu ketika dia punya pelanggan tetap. Dengan begitu dia tak perlu khawatir karena memiliki pelanggan yang selalu datang ke tokonya sebelum mengunjungi toko lainnya. Toko dia akan menjadi toko utama yang didatangi. Makanya, kamu dianjurkan bilang yah kalau begitu nggak jadi pelanggan deh habisnya harga dipotong 10 ribu saja sih. ;p

5. Pura-pura promosikan tokonya. Misalnya lewat telepon sambil ngomong gue lagi di toko X nih barangnya bagus-bagus

wah bagus-bagus barangnya, nanti suruh teman ke sini deh via www.dailymail.co.uk

Promosi itu penting dalam jualan barang apapun. Oleh karena itu, kalau kamu mau promosikan mereka pura-pura secara gratis, para penjual yang sebelumnya cemberut pasti jadi girang deh. Misalnya pura-pura menerima telepon sambil melancarkan aksi promosi dengan kalimat-kalimat seperti ini gue lagi di toko X nih barangnya bagus-bagus. Bisa jadi saat kamu minta turun harga akan langsung diiyakan.

6. Masih nggak berhasil juga? Ancam saja bakal ke toko lainnya. Kalau perlu pura-pura pergi kayak ibu-ibu pada umumnya

ya udah kamu coba ngeloyor pergi saja via www.hawtcelebs.com

Pamungkas dari segala cara kalau nggak ada yang berhasil adalah mengikuti tingkah ibu-ibu saat lagi menawar harga. Cara mereka langsung menurunkan harga hingga lebih dari separuh harga dan ekspresi cueknya bikin kamu gemas sendiri. Coba deh tiru cara mereka saat penjualnya kukuh nggak mau menurunkan harga barang. Tinggal ancam akan ke toko lain atau pura-pura ngeloyor pergi biar dipanggil lagi seringkali berhasil lho.

Menawar barang untuk mendapatkan harga murah memang butuh seni. Nggak sekadar menurunkan harga kepada penjual, tapi diperlukan trik-trik khusus buat melakukannya. Kamu yang hobi belanja atau nggak, wajib praktikkannya ya!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!