Berita hoaks artis meninggal

Belakangan ini berita hoaks memang sudah di level sangat meresahkan. Mulai dari berita bohong yang memicu provokasi, memecah belah, sampai berita bohong yang hanya sebatas cari sensasi. Bahkan berita tentang nyawa seseorang pun dipermainkan! Wah, tega banget sih.

Untungnya, mereka yang dikabarkan meninggal dunia itu nggak menanggapi serius perihal berita bohong yang menimpa mereka. Sebagian justru melanjutkan hidup sebagaimana mestinya, toh mereka sebenarnya sehat walafiat. Memang sih, ngapain juga mikirin berita hoaks yang dengan seketika mudah dipatahkan? Percaya nggak percaya, nama-nama berikut adalah sederet seleb yang pernah dikabarkan meninggal dunia padahal aslinya masih segar bugar lho. Siapa saja sih, yuk, simak!

1. Panji sang petualang, berita hoaks mengatakan penakluk binatang buas ini tewas digigit komodo. Ada-ada aja!

Sampai bikin video klarifikasih loh. via www.hipwee.com

Advertisement

Beberapa tahun silam nama Panji Sang Petualang sempat meroket karena sebuah acara bertajuk Petualangan Panji. Kepiawaiannya menaklukan binatang buas seperti ular dan buaya membuat penonton terkagum-kagum. Namun setelah beberapa waktu hilang dari layar kaca, ada rumor yang menyebutkan bahwa ia meninggal dunia akibat dicabik-cabik komodo ketika shooting. Berita tersebut awalnya diunggah oleh sebuah blog dan kemudian menyebar di dunia maya.

Karena banyak warganet yang kemudian termakan berita bohong tersebut, Panji pun membuat klarifikasi di akun YouTube-nya. Ia mengunggah video dengan judul “Maaf, Saya Masih Hidup” dan menjelaskan semuanya. Ia hanya rehat dari dunia hiburan on air dan lebih fokus pada kegiatan off air. Tentu saja masih seputar penaklukan reptil dan binatang buas, kok.

2. Fatin Shidqia Lubis. Di tengah kariernya yang mulus, kok masih ada sih yang bikin berita meninggal?

Wah, iseng banget sampai diedit segala! via www.vemale.com

Penyanyi bersuara khas dari ajang pencarian bakta tanah air, Fatin Shidqia Lubis sering menggebrak panggung musik tanah air karena lagu-lagunya yang selalu laris manis. Namun siapa sangka, beberapa waktu lalu Fatin justru dikabarkan meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas. Lha wong nyatanya pada Desember 2017 gadis berhijab ini rilis album baru kok. Iseng banget berita hoaksnya!

3. Penyanyi kawakan Iwan Fals bahkan tiga kali jadi korban berita hoaks. Kok nggak kapok, ya, oknum penyebar berita bohongnya!

Panjang umur, Om! via news.metrotvnews.com

Advertisement

Iwan Fals sempat tiga kali dikabarkan meninggal dunia. Terakhir ia dikabarkan meninggal pada 2013. Kamu yang ngefans berat sama Iwan Fals pasti deg-degan ketika dulu mendengar desas-desus meninggalnya penembang lagu berjudul Bento ini. Nyatanya Iwan Fals masih segar bugar, sehat walafiat, dan sempat melakukan tur musik pada tahun lalu.

4. Manohara Odelia Pinot, model cantik yang pernah heboh dengan pernikahannya, sempat dikabarkan overdosis  pada 2016 lalu

Klarifikasi Manohara melalui akun instagramnya. via www.instagram.com

Pada 2009 nama Manohara jadi pembicaraan publik karena sensasi pernikahannya dengan putra Sultan Kelantan. Setelah kontroversi yang menerpanya berakhir, ia sempat membintangi beberapa sinetron di layar televisi. Namun pada 2016, beredar berita bahwa Manohara meninggal dunia akibat overdosis. Nggak lama kemudian ia menampik berita tersebut dengan mengunggah foto di Instagram dan menyatakan dirinya masih hidup bahkan ketika itu sedang bermain dengan kucing-kucingnya. Ibunda Manohara juga memberikan klarifikasi serupa ketika ditanyai oleh media. Wah, masa lagi mainan sama kucing diisukan overdosis, kebangetan nggak sih?!

5. Hoaks kematian seleb nggak hanya ada di Indonesia, bahkan aktris asal Korea Song Hye-Kyo pernah jadi korbannya

Dogosipin mati muda, nyatanya justru makin awet muda. via www.instagram.com

Sempat dikabarkan meninggal dunia di tahun 2008, Song Hye-Kyo justru kedapatan sedang berlibur ke luar negeri. Aktris yang dikenal melalui drama berjudul Full House tersebut dengan tegas menampik kabar miring kalau dirinya meninggal akibat bunuh diri. Seorang fans pun mengunggah foto dirinya bersama Song Hye-Kyo ketika nggak sengaja bertemu di sela liburannya. Tentu saja kabar meninggalnya pun terbantahkan. Malah setelah itu, kariernya kian cemerlang dengan membintang berbagai drama, termasuk Descendant of The Sun.

6. Baru-baru ini Henry Cavill, pemeran Superman juga dikabarkan meninggal. Google menuliskan ia meninggal pada 3 Maret lalu

Jadi ikutan kaget ya, Bang? via www.instagram.com

Berita kematian hoaks juga nggak lepas dari Hollywood. Pemeran Superman yaitu Henry Cavill tercatat meninggal pada 3 Maret lalu dan sempat menghebohkan warganet. Dengan kocak, Henry Cavill pun mengunggah foto terkejutnya di Instagram dengan menuliskan kutipan, “Ketika kamu tahu, kamu meninggal 2 hari yang lalu.” Unggahannya tersebut lantas mendapat respons heboh dari warganet, sebagian justru menanggapinya dengan jenaka.

Ternyata berita hoaks nggak sekadar politik dan alat untuk provokasi saja. Sesederhana pemberitaan yang salah kaprah juga bikin repot, lho. Makanya, nih, nggak boleh mudah percaya berita kalau belum terbukti kebenarannya, ya. Sebagai generasi millennial cerdas harus pandai memilah mana yang hoaks, mana yang berita jujur. Jangan malah kebalik, lho, soalnya kadang beda tipis. 😀

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya