Saat lagi liburan ke tempat wisata terkenal, nggak jarang kamu bakal ketemu banyak turis asing alias bule yang juga tengah berkunjung. Lalu datang mbak-mbak atau mas-mas dengan pede-nya berteriak, “Mister, mister, picture please!” dengan maksud meminta foto bareng si bule tersebut. Situasi semacam ini memang lumrah terjadi di daerah-daerah wisata sarat turis asing di Indonesia. Entah apa yang jadi keistimewaan dari turis-turis tersebut, yang jelas ini adalah perilaku unik orang Indonesia selain keramahan masyarakatnya.

Nah, pertanyaannya, apa sih yang ada di benak si bule ketika puluhan orang bergiliran meminta foto bersama dirinya? Tentu saja, setiap bule memiliki karakternya masing-masing. Ada yang merasa senang ketika diajak berfoto bersama, ada yang merasa risih, ada juga yang merasa malas dan sebisa mungkin menghindar dengan memasang muka judes atau sok sibuk ingin buru-buru pergi ke suatu tempat.

Advertisement

Nah, biar kamu nggak lagi asal-asalan, mendingan baca dulu nih perasaan bule pas diajak foto bareng berikut ini.

Awalnya, si bule ini akan kebingungan karena didekati tiba-tiba dan dimintai foto bareng. Belum lagi kalau caramu berbicara belepotan dan nggak jelas

jadi seleb dadakan via www.brilio.net

Siapa sih yang nggak bingung plus kaget ketika didekati secara tiba-tiba dengan maksud yang belum ketahuan juntrungannya. Jika caramu saat mengajak foto bareng kurang bisa dimengerti bule tersebut, bukannya disambut baik, yang ada malah kalian saling mengeluarkan bahasa isyarat masing-masing. Sekalipun bule tersebut paham bahwa maksudmu adalah meminta foto bareng, mereka tetap kebingungan dan menganggap meminta foto bersama sebagai aktivitas yang unik mengingat di negaranya, mereka bukanlah siapa-siapa, tetapi di Indonesia mereka seolah mejadi selebriti.

Beruntung kalau kamu ketemu sosok bule yang ramah dan menganggap bahwa orang Indonesia itu ramah dan lucu-lucu. Minta foto bareng? Hayuk lah~

untung bulenya ramah via enyguntari2012.blogspot.co.id

Beberapa bule memaklumi perilaku orang Indonesia yang menjadikannya artis dadakan. Bagi mereka, diajak foto merupakan suatu cerita tersendiri saat berkunjung ke Indonesia, dan menganggapnya sebagai salah satu cara orang Indonesia menunjukkan keramahanya. Paling fotonya bakal dipasang di halaman Facebook atau juga diunggah di Instagram sebagai bukti kalau mereka telah tiba di obyek wisata, atau bisa juga biar terlihat keren di antara teman-temannya yang lain.

Nggak jarang, ada juga beberapa bule yang merasa terganggu lantaran dimintai foto berkali-kali. Capek juga meladeni orang Indonesia yang banyak maunya

capek juga~ via phinemo.com

Advertisement

Jangan kaget jika kamu menemui sosok bule yang agak judes dan nggak lagi ramah meladeni fans lokal. Bayangkan saja, okelah jika dimintai foto satu atau dua kali, tapi ketika banyak orang bergiliran meminta foto, lama-lama mereka bisa muak juga. Ada tipe bule yang nggak suka jadi objek foto selama berjam-jam, mereka lelah dan akhirnya memutuskan untuk menghindar. Mereka kemudian berpikir, hampir seluruh orang Indonesia lebih tertarik untuk berfoto ketimbang bertanya-tanya seputar kebudayaan dan kehidupan mereka di negaranya. Datang, senyum-senyum, minta foto, lalu pergi. Terlepas dari apa tujuannya, bagi beberapa bule, meminta foto bersama nggak selalu bisa dianggap sebagai bagian dari keramahan, terlebih jika kamu nggak kenal orang yang diajak foto tersebut.

Bule juga kadang kesal karena merasa privasinya terganggu karena nggak semua orang mau diambil fotonya sembarangan, apalagi kalau sampai tersebar di media sosial

Bule juga manusia biasa. Mereka juga punya me time dan hak untuk menikmati waktunya tanpa diganggu. Belum lagi jika mereka adalah tipe orang yang nggak suka gambarnya diambil sembarangan. Tren berfoto bersama belum tentu jadi budaya bagi para bule. Kamu harus paham bahwa ada beberapa bule yang nggak suka narsis. Mereka kebanyakan justru lebih suka mengambil gambar pemandangan atau tempat wisata.

Jadi sah-sah saja berfoto dengan bule, toh nggak ada aturan di mana kita nggak boleh berfoto dengan orang asing. Tapi sebaiknya butuh lebih peka sih. Daripada bikin malu orang Indonesia, ya ‘kan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya