Menyanyi bagi sebagian orang adalah hobi. Tapi bagi sebagian lain merupakan mata pencaharian alias sumber untuk menafkahi keluarganya. Oleh karena itulah ada yang namanya penyanyi profesional. Menyanyi bagi mereka merupakan sebuah profesi.

Ketika berhubungan dengan profesi, tentu ada bayaran atau harga untuk setiap kali tampil. Biaya tersebut sudah pasti bukan hanya untuk kehadiran si penyanyi di hari itu, melainkan termasuk akomodasi, transportasi, fee anggota band lain dan kru, serta biaya lainnya. Lantas, apakah penyanyi profesional bisa diminta manggung gratis alias nggak dibayar? Pertanyaan inilah yang ditanyakan oleh salah satu warganet kepada penyanyi solo, Anji.

Melalui akun Instagram-nya, Anji mengunggah salah satu pertanyaan warganet yang masuk ke dalam direct messagenya (DM)

DM dari warganet via www.instagram.com

Advertisement

Anji merupakan salah satu figur publik yang sering merespons DM Instagram dari warganet. Pesan-pesan tersebut bisa berbagai macam seperti pertanyaan, apresiasi, hingga curhat. Siang tadi, Anji mengunggah salah satu pertanyaan warganet yang masuk ke DM-nya.

“Manji, misal diundang kenikahan tapi nggak dibayar gimana Manji? Pertama karena bukan orang berada dan kedua suka sama lagu-lagu Manji dan pengen Manji langsung yang nyanyi. Gimana Manji?”

Dibandingkan langsung menjawab, Anji meminta tolong warganet bagaimana cara menjawab pertanyaan ini tanpa terkesan sombong. Jawabannya tentu nggak bisa. Anji penasaran bagaimana respons warganet ketika berada di posisinya.

Beberapa warganet menekankan tentang undangan untuk menghadiri pernikahannya. Jadi menolaknya nggak langsung to the point

yang penting sopan via www.instagram.com

Advertisement

Sebagian warganet fokus kepada undangan yang diberikan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika Anji mengucapkan terima kasih terlebih dahulu. Termasuk berterima kasih atas apresiasi si warganet terhadap karya-karyanya. Meski mungkin nanti nggak bisa hadir, paling nggak Anji tetap menerima undangan untuk hadir di pernikahan tersebut. Barulah membahas tentang permintaan agar Anji bisa menyanyi tanpa di bayar di pernikahan itu. Jadi nggak langsung to the point menolak permintaan manggungnya, tapi membahas terlebih dahulu undangan untuk hadir di pernikahannya.

Sebagian warganet malah ngasih jawaban bercanda. Disuruh muter lagunya Anji aja! 😀

jawaban guyon via www.instagram.com

Beberapa orang justru menjawab hal ini dengan guyonan. Meski jawaban ini sudah pasti nggak bisa diberikan kepada si pengirim DM, tapi respons warganet jika berada di posisi Anji ini cukup menghibur. Ada yang bilang tetap hadir, tapi cuma menyanyikan satu kata, ada pula yang nyaranin kalau si pengirim DM lebih baik menggunakan sound system lalu memutar lagu-lagu Anji agar “kehadiran”-nya tetap terasa di resepsi pernikahan tersebut.

Selain mengamini jawaban warganet, Anji juga menjelaskan beberapa alasan dia nggak bisa manggung jika nggak dibayar

jawaban Anji via www.instagram.com

“Saya kan Musisi Profesional. Musik menjadi profesi. Sekarang sedang banyak nyanyi di pernikahan. Kalau satu dipenuhi yang gratis, nanti yang lain bagaimana? Kecuali program khusus ya”

Itu adalah salah satu alasan Anji kenapa dia nggak bisa memenuhi undangan manggung yang gratis alias nggak dibayar. Secara logika bener sih, kalau ada satu undangan gratis yang dia penuhi, sudah pasti ada undangan-undangan manggung gratis lainnya. Dan nggak mungkin Anji bakal memenuhi semua permintaan itu. Dan jika nggak dipenuhi, nanti Anji malah dibilang sombong dan suka pilih-pilih.

Selain jawaban itu, Anji juga “mengamini” jawaban-jawaban lain warganet yang sesuai dengan pemikirannya. Misalnya, ada biaya pre production, fee anggota band, transportasi, dan lain sebagainya. Intinya sih, bayaran Anji saat manggung bukan cuma buat dia aja, tapi untuk pembiayaan hal-hal tadi.

Mungkin banyak yang penasaran apakah para figur publik terutama penyanyi, mau diundang secara gratis untuk mengisi acara seperti resepsi pernikahan. Pertanyaan yang di-follow up oleh Anji ini tentu nggak cuma membantu warganet untuk memahami permintaan manggung gratis, tapi juga mewakili penyanyi-penyanyi lain yang mungkin juga pernah berada di posisinya. Kecuali untuk acara-acara tertentu, ya. Misalnya, undangan pernikahan saudara atau sepupu. Seperti yang dilakukan Duta Sheila on 7 waktu itu. Dia menyumbangkan satu lagu di resepsi pernikahan sepupunya. Jadi bukan berarti dia didatangkan secara gratis. Cuma kebetulan dia menghadiri undangan, lalu diminta menyanyikan satu lagu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya