9 Kesalahan Bahasa di Pengumuman Garuda yang Larang Penumpang Berfoto, Buru-buru Mungkin Bikinnya ~

kesalahan bahasa garuda

Garuda sedang jadi perbincangan ramai di dunia maya. Bukan karena prestasinya, melainkan karena penilaian buruk dari warganet. Belum lama ini seorang reviewer pesawat, Rius Vernandes, mengunggah menu makanan Garuda yang ditulis tangan. Tindakan itu membuatnya dilaporkan Garuda atas dugaan pencemaran nama baik. Garuda juga bikin pengumuman yang melarang penumpang berfoto di dalam pesawat.

Advertisement

Bukannya dihormati, peraturan baru itu justru dicela dan dijadikan lelucon. Bahkan sejumlah perusahaan bikin parodi pengumuman Garuda buat mempromosikan produk atau jasa mereka. Seorang warganet bernama Ahmad Taufiq (@trendingtopiq) juga bikin revisi pengumuman Garuda. Ternyata ada banyak kesalahan tulis yang mereka lakukan! Nah, kali ini Hipwee bakal sok-sokan bertindak jadi “polisi bahasa” dan membedah kesalahan tulis Garuda. Yuk kita sama-sama belajar~

1. Pemilihan kata dalam kalimat pertama ini kelihatan aneh ya. Cuma ada kata keterangan dan predikat, subjeknya mana nih?

Banyak juga ya kesalahannya via twitter.com

2. Poin nomor 1 nggak konsisten. Di awal, pengumuman ini hanya ditujukan buat awak kabin. Kenapa sekarang nyebut penumpang juga?

Redundant = mubazir via twitter.com

3. Daripada pakai kata berbahasa Inggris yang nggak semua orang ngerti, lebih baik cari padanannya dalam bahasa Indonesia. Assertive = asertif. Bisa juga diganti “baik” atau “sopan”

Cintailah bahasa Indonesia~ via twitter.com

4. Ada kata yang mubazir nih. Daripada nulis “poin no. 1 di atas”, cukup tulis “poin nomor 1” aja, toh pembaca udah tahu letaknya di mana~

Hmm dihilangin aja deh via twitter.com

5. Poin nomor 3 bisa disederhanakan kayak gini nih. Jadi lebih efektif dan gampang dibaca~

Jadi lebih efektif! via twitter.com

Advertisement

6. Buat mengakhiri pengumuman, sebaiknya hilangin deh kalimat di bawah ini. Soalnya kurang penting~

Kalimat ini nggak diperlukan~ via twitter.com

7. Ada kesalahan EYD nih, harusnya “kerja sama” bukan “kerjasama”. Selain itu, sebaiknya pakai kata sapaan jadi “kerja sama Saudara”

Perhatikan EYD selalu~ via twitter.com

8. Kok ada ucapan “selamat bertugas”? Padahal pengumuman ini kan buat penumpang juga. Dihilangin aja deh~

Buat siapa nih ucapannya? via twitter.com

9. Nggak perlu pakai kata “tanggal” pun udah jelas kok kalau 14 Juli 2019 itu menunjukkan waktu. Lebih baik dihilangin aja~

Udah cukup jelas kok~ via twitter.com

Itulah kesalahan-kesalahan penulisan dalam pengumuman larangan Garuda. Kayak lagi revisi skripsi aja ya? Hehe. Sepintas kelihatan sepele, tapi kesalahan itu bikin Garuda kelihatan kurang profesional. Lain kali cek dulu pengumumannya sebelum dirilis ya. Biar nggak bikin penumpang bingung juga~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Tinggal di hutan dan suka makan bambu

Editor

ecrasez l'infame

CLOSE