Saat lagi punya banyak kebutuhan, seringkali kamu jadi galau berkepanjangan karena bingung mau memprioritaskan yang mana. Ibarat dilema antara mengiyakan ajakan sahabat atau pacar, kamu bisa semrawut seharian cuma karena hal itu. Termasuk ketika kamu sudah tahu punya tujuan beli rumah buat keluarga masa depan, apa daya godaan duniawi beli printilan-printilan keinginan jadi tersentuh juga.

Padahal kalau dipikir-pikir lagi, barang yang kamu beli itu belum tentu berguna. Toh, pada dasarnya kalau kamu nggak beli saat itu pun nggak jadi masalah. Apalagi kalau kamu masih punya barang lainnya yang sejenis. Makanya, buat kamu yang pengen cepat bangun keluarga atau beli rumah, mendingan lupakan saja kebutuhan yang nggak penting itu. Cek nih, 15 barang apa saja yang wajib kamu tolak saat keinginan muncul buat beli.

1. Entah alasannya apa, kamu jadi hobi banget koleksi tumblr yang dikeluarkan sama coffee shop ternama

bahkan ke mug-nya juga

bahkan beli mug-nya juga via www.starbucks.com.sg

Advertisement

Sebagai anak kekinian, apalagi yang tinggal di kota besar, koleksi tumblr yang dikeluarkan oleh salah satu coffee shop ternama bukan jadi barang langka lagi. Dengan mudahnya kamu bisa menemukan dan memilih sesuka hati mau tumblr yang mana. Sayangnya harga tumblr relatif cukup menguras kantong, yang kalau dipikir-pikir uangnya mendingan disimpan untuk beli rumah. Lagipula, punya cuma satu atau dua cukup, kan, tanpa harus mengoleksi?

2. Biasanya cewek nggak pernah bosan buat koleksi hijab. Selain untuk menyesuaikan perpaduan warna dengan pakaian, hal itu dilakukan biar nggak ketinggalan zaman

fashionista

fesyenista via www.luluelhasbu.com

Yang namanya cewek pasti gatal kalau nggak koleksi hijab. Berbagai model dan warna pun bakal kamu beli biar ikuti tren karena bikin dirimu percaya diri (pede). Padahal, jumlah uang yang dikeluarkan buat beli hijab bisa buat nambahin cicil rumah masa depan lho.

3. Hobi fotografi, apalagi kalau diseriusi sah-sah saja beli kamera. Tapi, kalau buat iseng-iseng doang dan ponsel sudah canggih kayaknya sayang doyan ganti kamera

hpku masih canggih kok

ponsel juga sudah canggih kok via www.avclub.com

Membeli barang satu ini sah-sah saja kalau kamu memang hobi fotografi, terutama kalau diseriusi. Tapi, kalau cuma iseng-iseng belaka buat digunakan momen tertentu saja rasanya  sayang kalau sampai di level gonta-ganti. Apalagi kalau ponsel memang sudah canggih, mendingan tahan dulu deh beli kameranya.

4. Cewek itu paling nggak ‘santai’ lihat tas lucu yang biasa digunakan untuk menaruh aksesoris. Benar nggak?

aaakkk lucu

Aaaaakkk lucu!!! via www.kiraraonline.com

Advertisement

Selain suka mengoleksi pakaian kayak hijab, cewek juga nggak sabar kalau melihat tas-tas lucu buat menyimpan berbagai aksesoris penampilan maupun kosmetik. Sudah punya satu, eh, masih merasa kurang. Meski harganya murah, sayang saja karena kalau dikumpulkan bisa buat nabung untuk kebutuhan di masa depan.

5. Bukan cuma tempat menyimpannya, tapi kosmetik kayak lipstik dan kuteks aneka warna pun bakal cewek miliki lebih dari 2 jenis

ulala

Ughlala~ via elitedaily.com

Tingkat pedenya cewek nggak bakal bertambah kalau belum punya beberapa warna lipstik dan kuteks. Hal ini disinyalir sebagai barang buat mendukung penampilannya, padahal punya warna lipstik maupun kuteks yang itu-itu saja sebenarnya nggak masalah. Selama masih pandai memadupadankan busana dan riasan wajah hingga tampak elok, rasanya kecantikan cewek tetap nggak hilang deh.

6. Sepatu dan sandal yang gonta-ganti, walaupun harganya murah. Tunggu rusak dulu saja buat beli yang baru, ya

wihh

Wuihh! via favim.com

Alas kaki memang gampang rusak dan hal itu bikin kamu sering gonta-ganti buat beli yang baru, apalagi kalau harganya memang murah. Nah, sayangnya kalau kamu beli hanya untuk koleksi saja, mendingan hindari saja deh. Belilah alas kaki sesuai fungsinya tanpa melupakan nominal uang yang dikeluarkan, ya.

7. Kalau ada sneakers yang murah dan keren, mendingan kamu beli daripada harus yang mahal

mending beli warnanya yang netral saja

mending beli warnanya yang netral saja via brokeandbespoke.tumblr.com

Sepatu sneakers memang nyaman banget buat di pakai ke mana-mana. Tapi, karena sekarang eramu bukan lagi yang harus setiap hari pakai sneakers (baca: anak sekolah), nggak usah beli yang bermerek segala. Toh, uangnya mendingan kamu simpan buat beli rumah atau biaya nikah saja.

8. Kaus band dan jersi asli. Yang penggemar musik sama bola, paham banget kebiasaan satu ini

jersey asli dong!

Jersi asli dong! via www.manchestereveningnews.co.uk

Hal ini biasanya dilakukan sama cowok-cowok. Koleksi kaus band favorit dan jersi asli klub bola kesukaan pasti belinya yang asli. Memang ada kebanggaan sendiri sih kalau berhasil punya dan memakainya. Tapi, bukannya justru lebih bangga kalau berhasil punya rumah karena jerih payah sendiri?

9. Aksesoris kayak gelang dan kalung ini memang buat menunjang penampilan. Tapi, tetap keren kok kalau cuma punya satu atau dua

warna-warni

warna-warni via www.tokopedia.com

Entah karena kamu memang hobi mengumpulkan aksesoris tubuh kayak gelang dan kalung, atau kamu cuma ikuti teman saja, rasanya sayang deh kalau kamu punya banyak aksesoris. Harganya yang murah tentu lebih bagus untuk dikeluarkan buat cicil rumah saja. Toh, aksesoris yang nggak banyak ini nggak bakalan mengurangi kadar kerenmu, kan?

10. Jam tangan mahal biasanya dimiliki sama cowok nih. Kurang greget kalau nggak punya barang ini

koleksinya!

Koleksinya! via acuratedman.tumblr.com

Punya jam tangan mahal memang membuat gengsi seseorang naik. Kamu jadi lebih pede ke mana-mana. Sah-sah saja sih kalau kamu memang mampu, tapi kayaknya lebih asyik uangnya ditabung, ya? 🙂

11. Kaus kaki keren yang lagi ngetren itu lagi jadi perbincangan hangat di kalangan cowok-cowok. Nggak percaya? Cek deh di Instagram~

Barang satu ini lagi digandrungi banget sama cowok-cowok. Yup! Walau kaus kaki letaknya tersembunyi, sebenarnya tetap menambah kadar PD kalau kamu saat lagi bepergian. Sudahilah mulai sekarang, daripada punya rumahnya tertunda melulu.

12. Kamu yang suka rokok pasti suka mengoleksi korek api merek Zippo. Kadar gengsimu bakal meningkat

Ngapain dikoleksi sih? via coolmaterial.com

Korek api merek Zippo bakal jadi barang berharga buat kamu yang perokok. Padahal korek api jenis apapun kalau dipikir-pikir yang penting, kan, bisa memunculkan api. Namun, lagi-lagi ini berbicara soal gengsi, Guys. Nah, sekarang kamu utamakan gengsi atau kebutuhan masa depan yang terpenuhi?

13. Smartphone yang terlalu update. Mau sampai kapan juga nggak ada habisnya

kekinian

kekinian via www.cio.com

Buat kamu yang termasuk gadgetholic, biasanya bakal gatal kalau nggak mengikuti perkembangan terkini soal gawai. Makanya, sebisa mungkin kamu akan menyediakan uang tambahan untuk ganti smartphone yang baru. Lalu, kamu mau sampai kapan begitu terus? Ingat, banyak kepentingan di masa depan yang harus kamu realisasikan lho.

14. Aksesoris motor dan mobil buat pecinta otomotif ini memang sulit ditahan hasratnya buat beli

kamu ikut ojek online?

Kamu ikut ojek online? via klxadventure.com

Sama halnya dengan hobi fotografi, yang suka dunia otomotif pasti gregetan banget nggak beli pernah-pernik motor dan mobil. Mulai dari beli karena nggak punya, hingga beli buat gonta-ganti kamu lakukan. Harganya lumayan lho.

15. Entah niatnya apa, kadang kamu suka koleksi kondom. Hayo coba tanyakan ke dirimu sendiri …

Kondom bisa dibilang jadi barang yang suka dikoleksi. Sekali lagi ini “koleksi”, ya, bukan memang bertujuan dibeli buat digunakan. Entah maksudmu apa, pokoknya barang satu ini suka kamu beli dan dipajang gitu saja. Hmm ~

Daripada cita-cita punya rumah sendiri lama nggak terealisasinya, mendingan kamu dari sekarang tahan deh hasrat buat beli berbagai macam barang yang diperlukan banget. Toh, selama masih ada barang lain yang bisa digunakan, kenapa harus sering beli yang baru?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya