Kelakuan pengendara di jalan memang kadang nggak bisa ditebak. Ada saja yang bikin kesal bahkan mengancam keselamatan para pengendera lainnya. Contohnya nggak menyalakan lampu sein saat belok atau menyalakan lampu sein ke kiri tapi belok kanan. Bisa juga pengendara yang ugal-ugalan dan main ponsel di saat menyetir.

Salah satu yang paling menyebalkan, khususnya bagi pengendara motor adalah orang-orang yang merokok sambil berkendara. Bukan karena asapnya, tapi karena puntung dan bara rokok yang membahayakan pengendara di belakangnya. Seperti yang terjadi dengan cowok satu ini.

Seorang pengendara menceritakan apa yang ia alami sehingga membuat matanya terluka parah

Mata kena bara rokok di jalan via www.facebook.com

Rendhy Moulana beberapa hari lalu bercerita tentang insiden yang dialaminya. Ia juga mengunggah sebuah foto di mana salah satu matanya ditutupi perban. Ternyata itu disebabkan oleh pengendara yang merokok di jalan. Saat itu Rendhy juga sedang mengendarai motor. Tiba-tiba, bara rokok pengendara lain yang berada di depannya masuk dan mengenai mata Rendhy. Padahal, ia sudah pakai helm fullface dan kaca helm ditutup. Beruntung, Rendhy segera ke rumah sakit dan mengobati matanya yang terluka gara-gara bara api rokok itu. Tapi tetap saja, matanya terluka dan tentunya bisa mengancam penglihatannya.

Terimakasih buat pengendara motor yg hobi ngerokok sambil bawa motor bara api rokok lo bikin orang bahaya. Self reminder,mending pake helm fullface + masker sekalian. For others,keep safety dijalan,sebisa mungkin hindarin deket deket sm org begitu. cheers. FYI : saya udah pake helm halfface + kaca ditutup dan masih bisa kemasukan bara rokok

Dan ini bukan kejadian yang pertama kalinya. Sebelumnya seorang gadis juga terluka matanya gara-gara kena bara rokok pengendara di jalan

Advertisement

Udah pernah terjadi sebelumnya via plus.kapanlagi.com

Kejadian seperti ini memang bukan yang pertama kalinya. Sekitar dua bulan lalu, kejadian serupa menimpa seorang gadis di Yogyakarta. Dilansir dari laman kapanlagi.com, mata gadis ini juga terkena bara api rokok saat seorang pengendara melempar puntung rokok secara sembarangan. Beruntung, mata gadis ini hanya mengalami iritasi karena langsung ditangani. Kalau sampai membahayakan dan mengancam penglihatannya gimana?

Munculnya kasus ini ke permukaan tentu seharusnya memberikan peringatan bagi semua. Kalau udah kayak begini siapa yang bisa disalahin?

Merokok lagi bawa kendaraan via www.facebook.com

Apa yang dialami oleh dua orang ini hanyalah sebagian kecil dari kejadian yang terjadi di jalan dan disebabkan oleh pengendara yang merokok sambil mengendarai motor. Meskipun nggak ada peraturan resmi tentang larangan merokok saat mengendarai, tapi kita harus sadar bahwa perilaku ini sangat membahayakan orang lain. Bayangkan, abu rokok yang diterbangkan angin saat berkendara mengenai pengendara lain di belakangnya. Kalau cuma terkena tangan mungkin masih bisa dimaklumi, tapi bagaimana kalau baranya yang menyala terkena mata dan menyebabkan ia berhenti mendadak atau malah oleng? Siapa yang harus disalahkan?

Jadi dari pada hal itu terjadi dan menyebabkan orang lain celaka, mending tahan dulu keinginan untuk merokok. Kalau nggak bisa, mending kamu menepi dulu. Dan nggak cuma buat pengendara yang gemar merokok ya, tapi ini sekaligus jadi himbauan buat semua pengendara kalau menggunakan helm juga penting. Kamu bisa menghindari debu atau abu pengendara bandel yang merokok dengan menggunakan kaca helm.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya