Drama Korea punya daya tarik magisnya tersendiri untuk bikin penontonnya tetap setia. Dari alur ceritanya yang selalu beda dan nggak bikin bosen, sampe dibikin tergila-gila sama oppa dan oenni gantengnya, bisa jadi alasan utamanya. Dibikin melting gegara adegan romantis, ketawa ngakak gara-gara adegan kocak, sampai nangis karena kisah menyedihkannya pasti khatam kamu rasain.

Nah, kalau ternyata drama Korea yang sedang kamu tonton ternyata masih belum tamat atau on going, apa yang kamu rasa? Kamu akan ngerasain tantangan yang sebenarnya, guys! Hipwee sudah merangkum hal-hal greget yang pasti kamu rasain. Mulai seneng, nggak sabaran, sampe baper? Ada semua! Simak, yuk!

1. Tayangnya cuma dua kali seminggu. Nunggu episode lanjutannya udah jadi hal biasa buat kamu

Standby-nya udah lama banget via www.tumblr.com

Berbeda dengan sinetron di Indonesia yang tayang tiap hari, drama Korea punya waktu tayang yang cuma dua kali seminggu. Nah, pasti bikin penonton makin penasaran. Kalau kamu punya TV kabel, akan standby di depan TV setengah jam sebelum dramanya mulai. Bahkan, buat nunggu selama satu minggu udah jadi hal biasa buat kamu. Karena ketinggalan satu episode aja, kamu akan ngerasa ketinggalan jauh banget!

2. Menebak-nebak lanjutan cerita nggak akan luput kamu lakuin. Preview di tiap episodenya selalu bikin penasaran

Gimana ya lanjutannya via www.tumblr.com

Di akhir episode, akan selalu ada preview atau potongan di cerita selanjutnya. Biasanya sih 30 detik. Dari situ, kamu akan mulai jadi cenayang buat menebak lanjutan ceritanya. Kamu juga tiba-tiba jadi peneliti yang udah nyapin teori-teori buat kisah di episode selanjutnya. Aduh, memang Korea jago banget bikin penasaran.

3. Bahkan, kamu siap siaga buka timeline buat dapetin spoiler episode berikutnya. Nggak mau kelewatan pokoknya!

Cari spoiler dulu ah via www.shutterstock.com

Nggak sedikit juga yang berbagi tentang spoiler di episode selanjutnya. Kalau kamu mau scroll-in lini masa, banyak banget berita yang kamu dapet. Buatmu yang posesif dan nggak pingin ketinggalan kisah oppa gantengmu, perlu berjuang lebih ya buat makin tahu!

4. Kamu yang ogah di-spoiler-in, segera tutup mata dan telinga. Maunya langsung nonton aja pas tayang

Tidaaaaaak via wifflegif.com

Ada dua tipe penonton drama Korea. Satu, yang suka banget di-spoiler-in. Dua, yang nggak mau denger dan liat bocoran ceritanya. Pinginnya nonton sendiri dengan tenang aja. Siap-siap buat tutup mata dan telinga ya.

5. Jadwal tayang di TV Korea udah hapal di luar kepala. Streaming sambil liat oppa ganteng jadi nggak kerasa lama

Jam dan hari mah, keciiiil via www.japantimes.co.jp

Ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak jalan juga buat kamu jadi penonton pertama pas dramanya mulai. Jadwal tayang mulai dari hari, jam, sampai stasiun TV yang nyiarin udah kamu hapalin di luar kepala. Bikin kamu selalu tepat waktu buat streaming. Ngeliatin akting pemain dan kisahnya yang bikin baper berjam-jam, nggak akan kerasa lama lagi.

6. Pas subtitle-nya masih belum keluar, kamu rela buat tetep nonton. Walau nggak tahu artinya, yang penting nggak kelewatan

Yah, namanya juga usaha via ksquish.wordpress.com

Kadang, buat dapetin video yang lengkap dengan subtitle-nya emang butuh waktu yang agak lama. Yah, namanya juga udah nggak sabar, walau pun nggak ada subtitle dan nggak tahu artinya, tetep kamu tontonin. Yang penting nggak kelewatan sedetik pun deh.

7. Pas koneksi lelet, kamu udah geregetan gara-gara buffering-nya. Nggak sabaran jadinya

Aduh nggak kuat~ via www.dramabeans.com

Koneksi internet akan jadi tumpuan penting buat kamu yang streaming-an. Ketika enak-enak kebawa dalam cerita, tiba-tiba layar macet nggak bergerak gara-gara buffering, jadi nggak mood lagi. Ceritanya jadi kelewatan kan?
Mungkin, kamu perlu mengubah kiat buat nikmatin drama ini, guys. Yang awalnya streaming, beralih aja buat download.

Di browser Opera Mini , sekarang kamu bisa download video yang kamu tonton dengan fitur video download-nya! Tanpa perlu install program lagi, fitur baru ini sudah sepaket dan built-in! Caranya gampang banget! Buka laman video yang kamu mau, klik play video, kemudian akan muncul pop-up box, trus kamu tinggal klik download deh! Kamu nggak perlu lagi khawatir buffering pas koneksi lelet.

8. Download-in drama sampe episode teranyar udah jadi kewajiban. Nontonnya ntar aja pas udah nggak sibuk

Unduh mengunduh menjadi satu via spireand.co

Buat kamu yang nggak bisa on-time buat nonton drama karena sibuk, download-in drama satu-satu udah jadi kewajiban barumu. Yang penting punya dramanya dulu, nontonnya ntar-ntar aja masih bisa. Sudah, andalkan saja browser Opera Mini-mu! Kamu hanya perlu buat buka lamannya, file dramanya bisa diunduh saat itu juga! Klik play video, trus tinggal pencet download button di pop-up box yg muncul, dan taraaaa~ Dalam hitungan menit, udah siap ditonton! Buat nemenin malam minggu, bisa dicoba!

9. Soundtrack yang ada dramanya, udah masuk playlist di hp-mu. Tiap saat didengerin, biar makin greget!

Bukan sebuah keharusan, tapi dengerin lagu-lagu yang jadi soundtrack di drama Korea akan kamu lakuin. Cepat atau lambat, lagunya akan masuk dalam playlist barumu. Mau dengerin tiap saat, ngak masalah~ Biar makin greget dan terbawa saat nontonin dramanya.

10. Ketika udah mendekati episode akhir, kamu terlanjur kebawa dalam alur cerita. Jadinya baper, kan~

Pasti bercanda! via www.teenvogue.com

“Udah nonton drama Doscendant of The Sun episode 14 belum?”
“Udaaah! Ya ampun, kapten Yoo Shi Jin jangan mati dong! Geregetan liat sama Kang Mo Yeon nggak nikah-nikah.”
“Gimana mau nikah, kisah mereka ribet banget gitu. Jadi ikutan baper.”
“Cari pacar tentara aja yuk? Tapi 2 episode lagi tamat! Aaaak!”

Yah…. kurang lebih inilah perbincangan sesama penyuka drama Korea ketika minggu depan adalah episode terakhir~

11. Bahkan saat udah tamat, kamu nggak bisa move on dalam sehari. Dua minggu juga belum tentu ilang bapernya

Nggak sedih kok. Nggak……… via www.quoteslike.com

“Seduh nih.”
“Kenapa?”
“Drama Sassy Go Go udah tamat. Kenapa siiiiih?”
“Udah ga bisa liat Kim Yeol senyum lagi! Duh, jadi keinget jaman sekolah dulu kan.”
“Parah, udah 2 minggu nonton masih aja bapernya!”

Apakah kamu salah satunya ketika drama yang tiap minggu kamu tontonin udah tamat, guys?

12. Di waktu senggang, kamu nggak absen buat ngepoin media sosialnya si artis. Siapa tahu ada episode spesial gitu

Aaaaaaak~ via www.hercampus.com

Saking tak ingin kelewat momen, kamu menyempatkan buat kepoin akun sosial media si artis. Berharap akan ada update-an foto, dan video buat episode spesial adalah yang kamu semogakan. Info-info sekilas ini bisa banget mengobati rasa kangenmu dan susah move on-mu nantinya.

Nah, video yang ada di Facebook dan Instagram artis kesayanganmu ini wajib hukumnya untuk di-download. Opera Mini siap diandalkan untuk momen penting seperti ini. Semudah buka link, mainkan video-nya, lalu klik tombol download di pop-up box yang muncul. Cara gampang buat tetep update sama drama kesukaanmu!

13. Kamu dan temen-temen pun sulit buat berhenti ngomongin drama ini. Akhirnya, kamu mutusin buat nonton lagi deh dari awal. Hahahaha!

Ulangi lagi deh via seoulbeats.com

Obrolan bersama temen yang kecanduan drama Korea nggak akan jauh beda, walau dramanya udah tamat sih. Flashback tentang adengan sweet dan paling sedih, aduh bikin kamu makin susah beralih buat liat drama yang lain. Pada akhirnya, kamu mutusin nonton lagi deh dari episode 1! Biar sekalian bapernya. Hehehehe.

Demi kegiatan nonton drama yang paripurna tanpa dibikin pusing gegara buffering, Browser Opera Mini adalah andalan yang paling pas! Tinggal buka link-nya, file tiap episode drama yang kamu idam-idamkan siap diunduh tanpa nunggu lama! Yuk, cobain fitur baru video downloader-nya! Kalau kamu belum punya Browser Opera Mini, gampang banget, tinggal download aja di Google Play.

Mulai dari penasaran, ngikutin tiap minggu buat nonton dua episode, sampe kebawa bapernya pasti sudah khatam kamu lewatin. Mana nih fase yang sedang kamu rasain, guys? Hehehehe.