“Don’t judge a book by its cover.”

Mungkin ungkapan itu terdengar familiar dan memang benar adanya. Sering kali penampilan cover menipu dan nggak sesuai dengan isi yang ada di dalamnya. Hal tersebut juga baru saja dialami oleh seorang nenek yang berniat baik pengen membelikan buku cerita anak pada sang cucu. Tapi yang ditemukan di dalamnya justru malah membuat orang dewasa menganga.

Advertisement

Semua itu berawal dari seorang nenek yang membeli buku berjudul “If Animals Could Talk” di Barnes & Nobel. Sampul yang berwarna-warni serta gambar hewan yang menggemaskan membuat nenek tersebut langsung membelinya sebagai hadiah. Halaman pertama yang terpampang masih berisikan kalimat yang wajar. Namun ketika Tiffany, Ibu dari sang cucu melihat ke halaman berikutnya, kata-kata nggak pantas pun tersemat di dalamnya. Ia lantas menanyakan kepada nenek apakah sudah pernah membuka dan membaca buku tersebut, dan seperti dilansir dari Buzzfeed, sang nenek menjawab nggak pernah.

Hal ini sontak membuat Tiffany ngga percaya bagaimana kalau putri kecilnya sampai membaca buku tersebut. Ia pun membagikan pengalamannya itu di sosial media lengkap dengan gambar halaman yang berisikan umpatan kasar. Berikut beberapa gambar yang ada di dalam buku tersebut.

Gambar seekor anak ayam yang menyebutkan kata ‘Mutha Fucka!’. Bayangkan jika buah hati kamu berkata seperti itu, pasti akan dianggap sangat nggak sopan

Nggak sopan! via www.boredpanda.com

Tiffany hanya bisa tertawa nggak percaya mendapati isi buku yang dibelikan sang nenek untuk cucunya ini. “Kamu terlihat seperti Vagina.” kata-kata itulah yang terdapat di halaman berikutnya

Kebangetan kalau ini sih! via www.boredpanda.com

Satu lagi umpatan kasar yang bisa dicerna begitu saja jika si kecil membacanya. Orang tua mesti lebih waspada nih!

Ngajarin nggak bener ini buku! via www.boredpanda.com

Maksud baik sang nenek untuk cucu tercinta memang tulus, tapi tentu hal ini bisa menjadi pelajaran bagi kita atau para orang tua untuk lebih berhati-hati dalam memberikan apapun untuk anak kita. Pasalnya, nggak cuma sekali ini saja kasus serupa terjadi. Buku yang dilabeli sebagai bacaan untuk anak-anak ternyata mengandung konten dewasa yang nggak sepantasnya. Karena anak-anak seusia ini sangat rawan dalam menerima hal-hal baru, bukan? Kalau dari kecil sudah mengenal kata-kata kasar, mau jadi apa nanti ketika mereka tumbuh dewasa?

Advertisement

Maka dari itu, para orang tua ada baiknya harus bisa lebih teliti lagi dalam memilih bahan bacaan untuk anak. Jangan tertipu hanya karena sampul yang menarik, tapi juga bacalah sebelum membeli. Dan, selalu dampingi anak-anak dalam keadaan apapun!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya