Youtuber mungkin kini menjadi salah satu profesi baru yang muncul sejak kejayaan media sosial. Mulai bermunculan orang-orang kratif yang membagikan hasil karya mereka melalui channel YouTube masing-masing. Semakin lama channel mereka pun mendapatkan pengikut atau subscribers semakin banyak. Hal ini sudah tentu akan semakin menambah pemasukan mereka sebagai pembuat konten di YouTube.

Salah satu Youtuber terkenal di Indonesia adalah Reza ‘Arap’ Oktovian. Cowok yang terkenal karena bermain game ini kini menjadi salah satu Youtuber yang diperhitungkan. Bahkan dalam waktu lima tahun, dia berhasil mengumpulkan lebih dari dua juta subscribers. Namun beberapa waktu lalu, Arap mengambil keputusan besar terkait wadah yang membesarkan namanya itu.

Beberapa waktu lalu publik dikejutkan dengan keputusan Reza Oktovian menghapus channel Youtubenya yang sudah memiliki subscribers sebanyak 2 juta

hapus channel youtube via www.kilatfintech.com

Advertisement

Sekitar satu minggu lalu, pengguna media sosial dikejutkan dengan keputusan Reza ‘Arap’ Oktovian menghapus channel Youtubenya. Nggak ada alasan jelas kenapa ia memutuskan untuk menghapus channel yang sudah ia bangun 5 tahun dan mendulang lebih dari 2 juta subscribers itu. Tapi yang jelas, Arap menyatakan ingin fokus terlebih dahulu ke kehidupan nyatanya. Bahkan ia berencana akan rehat sejenak dari media sosial sejenak. Keputusan Arap ini sungguh disayangkan oleh para idolanya, karena konten-konten yang terdapat dalam channel tersebut juga akan terhapus.

Banyak yang mengira, hal tersebut ia lakukan setelah mendapatkan diss dari sesama Youtuber bernama xiaow, ditambah dengan Instastory Arap yang bilang ingin rehat sejenak dari media sosial

Keputusan besar Arap ini tentu menyisakan tanda tanya besar bagi publik. Apa alasan dia sebenarnya menghapus channel yang pasti jadi salah satu pundi-pundi kekayaannya. Berbagai spekulasi pun muncul, tetapi yang paling dominan adalah Arap menghapus channel-nya setelah mendapat diss dari sesama Youtuber, Ericko Lim. Lagu berjudul “No Smile Zone, M.RO” yang dirilis tiga hari sebelum Arap menghapus channel-nya dianggap jadi puncak permasalahan mereka berdua. Perselisihan keduanya berawal saat ada video Ericko yang merobek lalu menginjak poster milik temannya yang pencinta anime. Padahal, menurut Ericko, ada alasan kenapa ia melakukannya. Yaitu, temannya tersebut mendapatkan poster tersebut karena mengikuti sayembara sepatu Adidas KW.

Perselisihan semakin memanas ketika Ericko meminta bantuan Arap untuk menggarap “Youtube Rewind”, kumpulan video-video yang dibuat oleh para Youtuber. Namun Arap menolak hal tersebut dan mengatakan kalau Ericko nggak pantas memegang proyek tersebut. Oleh karena itulah, saat Arap mengeluarkan lagu berjudul “Smile”, Ericko langsung membalasnya dengan lagu diss tersebut.

Kejadian ini nggak cuma mencuri perhatian pengguna media sosial, tetapi juga figur publik. Deddy Corbuzier pun bahkan ikut membahas tentang Arap

Advertisement

Deddy mengaku sejak beberapa bulan lalu Arap udah berbincang dengannya tentang keinginannya untuk melakukan “sesuatu” terhadap channel Youtubenya, termasuk menghapus channel tersebut. Apalagi sejak “masalah” Arap dengan Youtuber lain, membuatnya semakin kukuh untuk menghapus itu. Deddy juga menekankan bahwa Arap nggak bakal menggunakan atau beraktivitas lagi di channel-nya tersebut. Karena jika iya, maka Deddy sendiri yang bakal menghajarnya. Deddy cuma mengatakan bahwa bakal ada sesuatu yang besar terjadi, sebuah proyek rahasia. Dan jika proyek ini berhasil, maka itu akan jadi sesuatu yang luar biasa. Tapi jika tidak, maka bagi Deddy, Arap adalah orang paling bodoh.

Benar saja, channel tersebut bukan benar-benar dihapus secara permanen. Kemarin, Arap mengumumkan kalau channel Youtube tersebut diberikan pada Yayasan Anak Kanker

Dan benar saja, kemarin Arap kembali muncul di channel Youtubenya. Ia pun menjelaskan nggak akan beraktivitas di channel itu lagi. Karena ia ingin memberikan channel tersebut ke Yayasan Kanker Anak, Anyo. Dan kini, channel tersebut udah berganti nama menjadi “Rumah Anyo”. Arap berharap channel ini bisa bermanfaat bagi yayasan tersebut. Dan Arap juga berharap agar para subscribers-nya bisa bersikap baik terhadap pemegang channel Youtubenya.

Meski sebagian orang menganggap bahwa ini cuma bagian dari “sensasi”, tapi apa yang dilakukan Arap mendapat banyak apresiasi warganet

diapresiasi via www.instagram.com

Apa yang dilakukan Arap mungkin bagi sebagian orang hanyalah episode lain dari sensasi yang ia ciptakan. Tapi bagi sebagian lainnya, apa yang dilakukan Youtuber ini patut diapresiasi. Bayangkan saja, dengan subscribers sebanyak itu, ia bisa mendapatkan pemasukan yang sangat besar. Tapi ia lebih memilih untuk mendonasikan channel-nya untuk membantu yayasan Anyo ini. Ucapan kekaguman pun mengalir melalui akun Instagram dan Twitternya.

Mungkin saja hal ini juga sebagai pembuktian bagi Arap kalau dia berkontribusi secara nyata di kehidupan “nyata”. Atau mungkin ia juga sembari menilai, apakah para penggemarnya adalah orang yang setia atau nggak. Kalau nanti Arap bikin channel baru, kemungkinan besar dia akan mendapatkan subscribers yang jauh lebih banyak lagi karena berhasil membuat warganet kagum dengan donasi channel-nya. Tapi keberhasilan tentu nggak cuma dilihat dari itu saja, melainkan apakah proyeknya, memberikan channel tersebut bermanfaat bagi Yayasan Anyo atau nggak. Karena kalau para subscribers akhirnya turut meninggalkan channel yang kini bernama “Rumah Anyo” ini, berarti keputusan dan keihklasan Arap tentu akan sia-sia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya