Setelah Nonton 7 Film ini, Kamu Bisa Saja Percaya Kalau Alien itu Eksis. Penuh Konspirasi, Ya?

Film tentang alien

Keberadaan alien hingga kini masih menjadi teka-teki. Ada yang percaya kalau alien itu beneran nyata, tapi nggak jarang juga cuma menganggap lelucon belaka. Beragam penelitian pun saling memberikan fakta-faktanya yang berbeda. Semisal menujukkan bukti kehidupan di luar angkasa memang ada, maupun memperlihatkan foto-foto atau jejak alien yang diperkirakan pernah singgah di bumi.

Advertisement

Meski hingga kini belum ada pernyataan resmi, namun para peneliti banyak yang mempercayai adanya alien di alam semesta. Beragam pemikiran itu didukung dengan kemunculan film science fiction (sci-fict) tentang makhluk luar angkasa. Para sineas pun berlomba-lomba menghadirkan tontonan layar lebar dengan tema alien, namun berbeda jalan ceritanya. Berikut ini merupakan ulasan delapan film yang bertemakan alien dan membuatmu percaya kalau alien memang beneran ada setelah menontonnya.

1. Berbeda dari film alien pada umumnya, Arrival (2016) menghadirkan kisah cara berkomunikasi dengan alien agar dapat mengetahui maksud kedatangan mereka

Arrival via wheresthejump.com

Arrival bisa dibilang merupakan film dengan tema alien yang paling antimainstream. Bercerita tentang kedatangan pesawat-pesawat alien di bumi tanpa lakukan aktivitas apapun, para peneliti dan pemerintah saling sibuk mengeluarkan argumennya. “Apakah harus diserang sebelum mereka menyerang?” atau “Apakah berdiam saja menunggu gerak-geriknya?”. Jika film tentang alien umumnya banyak mengambil porsi peperangan, di Arrival lebih mengedepankan cara berkomunikasi dengan makhluk luar angkasa.

Maklum, maksud kedatangan pesawat alien dengan berdiam saja ini menurut para peneliti dan pemerintah perlu diketahui secara pasti. Untuk itu, mereka sepakat coba mulai berinteraksi dengan para alien sambil mengenali jenis pesawatnya seperti apa. Makanya dalam Arrival, tokoh utamanya adalah seorang ahli bahasa. Karena mereka akan memulai berkomunikasi dengan alien, maka diperlukan tata bahasa yang kemungkinan bisa dimengerti oleh alien.

Advertisement

Cerita yang diangkat Arrival memang unik. Ibarat bertemu dengan orang baru, menghadapi alien nggak melulu harus lewat peperangan. Ada kalanya lewat perkenalan untuk mengetahui tujuan kedatangannya. Entah sudah pernah singgah, masih singgah, atau di masa depan akan singgah, nggak ada salahnya kita sekarang mempersiapkan diri. Apalagi persoalan alien ini masih teka-teki yang bisa saja sebenarnya pemerintah dan para peneliti telah berkomunikasi dengan para makhluk luar angkasa, lho. Apalagi alam semesta ini ‘kan luas, guys ~

2. Menceritakan pertempuran dengan alien di laut luas, dalam Battleship (2012) para makhluk luar angkasa ini bertujuan mengambil sumber daya alam dan memanfaatkan teknologi di bumi

Battleship via battleship.wikia.com

Film Battleship bisa dibilang salah satu film bertema alien seperti yang lainnya yaitu pertempuran dengan alien. Awalnya, film ini dimulai dari ditemukannya sebuah planet yang mirip sekali dengan bumi. NASA yang melakukan ekspedisinya pun segera mengirimkan sinyal ke planet itu. Tak berapa lama, datanglah benda-benda asing di lautan beberapa negara. Benda asing yang ternyata kapal-kapal alien ini ternyata memiliki teknologi yang sangat canggih, sehingga pertempuran ini pun berakibat banyak angkatan laut yang gugur. Kapal-kapal alien ini memiliki misi untuk mengambil sumber daya alam dan menggunakan teknologi di bumi untuk berkomunikasi dengan planetnya.

Battleship membuatmu berspekulasi kalau ternyata apa yang dilakukan NASA selama ini bisa berakibat fatal di kemudian hari. Yah, bisa saja kan? Penelitian yang dilakukan NASA maupun lembaga penelitian khusus luar angkasa lainnya tak bisa disangka dapat berbahaya. Namanya juga masa depan, siapa yang tahu? Apalagi dengan berbagai bukti penelitian menunjukkan ada planet di luar angkasa yang kondisinya mirip dengan bumi dan diperkirakan ada kehidupan di dalamnya. Mirip dengan yang diceritakan dalam Battleship, kan?

Advertisement

3. Kalau ada meteor yang jatuh ke bumi coba deh jangan diremehkan. Seperti yang diceritakan dalam Battle Los Angeles (2011) meteornya berubah menjadi alien

Battle Los Angeles via www.dualshockers.com

Sesuai dengan judulnya, film Battle Los Angeles mengangkat kisah pertempuran dengan alien di Los Angeles, Amerika Serikat. Film ini diawali dengan cerita jatuhnya batu-batu besar di lautan yang dianggap sebagai meteor yang ternyata berubah menjadi pesawat ruang angkasa. Pesawat alien yang canggih ini berniat jahat untuk menguasai bumi, sehingga pertempuran sengit pun terjadi. Sekalipun sangat sengit, para pasukan berhasil melukai alien dan membuat mereka bisa membedah tubuh alien tersebut untuk mengetahui titik kelemahannya. Selain itu, para pasukan pun tahu kalau ternyata pesawat yang menyerang tak berawak dan dikendalikan oleh komando pusat dan bisa melacak sinyal para pasukan.

Di film ini kamu akan disuguhi berbagai aksi keren dari para pemain. Berbagai rentetan serangan dan pengeboman membuatmu berdecak kagum kalau ternyata menghadapi alien itu memang tak mudah. Dengan peralatan canggih dan kesiapan alien dalam bertempur, makhluk luar angkasa memang tak boleh diremehkan. Jadi, kalau kamu selama ini berpikir alien itu cuma lelucon saja, ya coba pikirkan lagi. Terlebih, sudah beberapa kali memang ada meteor jatuh ke bumi. Mungkin bisa saja sekarang benar-benar meteor, tapi kalau dari cerita Battle Los Angeles sih meteornya berubah menjadi alien ~

4. Alien nggak melulu muncul dalam keadaan full power. Ada kalanya lemah dan berpenyakitan seperti yang diceritakan pada District 9 (2009)

District 9 via www.tvovermind.com

Jika umumya film tentang alien bercerita soal alien yang super hebat, di District 9 kita akan diperlihatkan tentang kondisi alien yang lemah. Film District 9 mengangkat kisah tentang sebuah pesawat luar angkasa berhenti di atas Johannesburg, Afrika Selatan. Pesawat tersebut tak terkendali dan jatuh ke bumi. Setelahnya, ditemukan lebih dari 1juta alien lemah dan berpenyakitan. Mereka pun diberi izin untuk tinggal oleh pemerintah di sebuah kamp bernama District 9, namun mengalami penderitaan. Ditambah lagi munculnya berbagai pihak yang ingin memanfaatkan teknologi yang masih dibawa alien seperti senjatanya pun semakin mempersulit keadaaan.

Well, film ini bikin kita punya pandangan baru tentang alien. Kalau selama ini alien diceritakan dalam kondisi tangguh, di sini alien ternyata bisa lemah juga. Btw bumi kan luas guys, apalagi alam semesta di luar angkasa sana. Jadi, bisa saja suatu ketidakmungkinan selama ini menjadi mungkin, kan? Jejak-jejak yang katanya adalah jejak alien yang sejak lama ditemukan itu bisa saja sebenarnya memang alien. Namun karena kondisi mereka lemah, sehingga mau dirahasiakan dulu sampai penelitiannya selesai. Siapa yang tahu?

5. Seperti apa rasanya ada alien yang muncul dari pakarangan belakang rumah? Semua tergambarkan dalam film War of The Worlds (2005)

War of The Worlds via www.premiumbeat.com

Sebenarnya, film War of The Worlds bukanlah film yang diharapkan keren seperti karya Steven Spielberg lainnya. Film ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama. Kisahnya yaitu sekelompok alien berusaha menyerang dan menghancurkan kehidupan di bumi. Tak disangka, alien ini muncul di pekarangan rumah belakang tokoh utama. Sebelum kemunculan alien, awalnya ada angin topan di Ukraina, lalu terjadi kejadian lainnya di tempat lain. Tak lama setelah itu, muncul monster yang merupakan alien berkaki 3 yang muncul di pekarangan belakang rumah tokoh utama. Bangunan-bangunan pun dibakar dan banyak korban berjatuhan. Meski begitu, akhirnya alien tersebut bisa dikalahkan dengan sebuah bakteri yang sering menyerang manusia, yaitu flu.

Melalui film ini, secara tidak langsung kita diberi gambaran kalau hadirnya alien-alien bisa diawali dengan bencana alam seperti angin topan. Kemunculannya pun tak bisa diprediksi seperti ada di pekarangan rumah. Apalagi kini sudah banyak peristiwa aneh terjadi, sehingga tak ada salahnya kita waspada dengan keberadaan alien di bumi.

6. Kalau ada kejadian aneh di sekitar rumah yang kemungkinan besar tidak bisa dikerjakan manusia, Signs (2002) menjawab peristiwa ini

Film ini tak terlalu banyak menceritakan tentang alien. Namun, lebih kepada penceritaan para takoh yang mengalami kehilangan begitu mendalam terhadap orang-orang tercintanya. Keanehan pun muncul di pagi hari yaitu kehadiran alien dengan gonggongan anjing dan terdapatnya simbol-simbol aneh di ladang dekat rumah. Karena bentuk simbolnya seperti tidak mungkin dilakukan manusia dalam semalam, mereka sepakat memasang alat perekam untuk mengetahui siapa pelakunya. Ketika mengetahui kalau itu benar alien, ternyata aliennya malah menghilang secara mendadak dan muncul dengan jumlah besar-besaran seperti sedang melakukan sebuah invansi. Mereka pun akhirnya memilih bertahan hidup di dalam gudang rumah sambil membawa berbagai peralatan dan perlengkapan.

Jadi, kalau kamu suatu saat mengalami kejadian aneh di sekitar rumah, tempat kerja, atau sedang liburan, jangan diabaikan. Siapa tahu itu merupakan suatu pertanda dari kemunculan alien. Terutama sebuah peristiwa di luar nalar manusia.

7. Independence Day (1997) memang film cukup lawas yang mengangkat tema besar alien. Tapi, setelah menontonnya membuatmu berhati-hati untuk menghadapi suatu kejadian

Independence Day via www.hollywoodreporter.com

Selain Arrival, film Independence Day yang cukup lawas ini merupakan salah satu film alien terbaik. Memang sih cerita yang dihadirkan tak jauh berbeda dengan alien yang ingin menyerang bumi. Tapi, jalan cerita dan pengambilan gambarnya cukup baik. Cerita diawali dengan sebuah kapal induk asing yang ternyata berasal dari luar angkasa datang ke bumi. Setelah sampai, pesawat tersebut langsung menghubungi pesawat lain untuk mengunjungi bumi juga. Kemudian, ada seseorang yang bekerja di perusahaan kabel di New York menemukan kabel transmitter  di dalam tanah. Setelah diteliti, ternyata kabel itu tak berasal dari bumi. Dia pun menyadari kalau kabel itu adalah alat penghitung mundur yang akan menggerakkan seluruh alat lainnya untuk lakukan penyerangan. Pemerintah pun diberitahu dan segera lakuan tindakan, namun ternyata terlambat karena alien sudah menyerang ke berbagai kota.

Alam semesta bisa dibilang misteri sekali. Terlalu luas dan banyak yang belum diketahui. Sebagaimana yang tergambar dalam Independence Day, kabel-kabel yang tertanam di bumi bisa saja merupakan kabel alien. Hanya saja, mungkin, banyak yang tidak menyadari, sehingga menganggap itu merupakan kabel biasa. ATau bisa saja yang menghubungan antara bumi dan alien bukan seperti kabel, melainkan benda lainnya. Namun, kitanya yang masih belum sadar dan tidak mencari tahu.

Keberadaan alien hingga saat ini memang menjadi misteri. Belum ada pernyataan resmi yang mengungkap kepastian alien di alam semesta ini. Namun seperti yang dilansir dari Kompas para astronot menyakini kalau alien memang benar-benar ada. Mereka beralasan karena alam semesta yang begitu luas dan banyak yang belum diteliti, sekalipun mereka sudah lama berada di luar angkasa. Selain itu, terdapatnyaplanet-planet baru yang ditemukan. Bahkan, planet yang mirip kondisinya dengan bumi pun ada. Sebagaimana dilansir dari Tempo mengungkapkan kalau alien bisa saja ada di salah satu planet yang sudah ditemukan, namun mereka memang tak menampakkan diri atau memberi sinyal. Sehingga, kini pun kepastian alien benar atau tidaknya masih menjadi teka-teki menarik.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE