Kamis (14/5) baru saja kita mendapatkan berita yang dapat dibilang cukup mengkhawatirkan. Terlebih untuk kamu-kamu yang masih anak kos dan baru memulai karir. Tak lain dan tak bukan adalah kenaikan harga BBM. Kenaikan ini sudah dikonfirmasi pihak Pertamina sendiri. Namun keputusan ini berubah tiba-tiba di Jum’at pagi (15/5). BBM batal naik!

Advertisement

Apalah kita? Masyarakat awam hanya bisa mengikuti kebijakan pemerintahan saja. Meskipun harga BBM sekarang gak jadi naik, percayalah pasti ada kemungkinan ia akan naik lagi. Terlebih BBM adalah sumber daya yang tidak dapat diperbaharui. Lalu apa yang bisa kita lakukan supaya tetap hemat? Hipwee akan membantu kamu dengan tips-tips ini.

1. Jangan ragu jalan kaki untuk jarak dekat! Orang Jepang dan Amerika saja melakukannya.

Orang Jepang aja jalan

Orang Jepang aja jalan via achmadsya.files.wordpress.com

Kalau kamu menyaksikan tayangan televisi atau film, banyak kan orang luar negeri yang senang berjalan kaki ke mana-mana. Nyatanya, negara mereka tetap maju tuh!

2. Kalau lokasi tujuanmu gak bisa dibilang dekat, kendarai sepeda untuk jarak menengah juga bisa dilakukan.

Naik sepeda sambil menikmati pemandangan kota

Naik sepeda sambil menikmati pemandangan kota via i.huffpost.com

Pertama, bisa melunturkan lemak dalam perutmu. Kedua, bisa menikmati pemandangan sekitar dengan lebih leluasa. Ketiga, sekalian cuci mata kalau ada yang bening lewat.

3. Untuk keperluan ke kampus atau kantor yang jaraknya jauh, masih ada angkutan umum.

Naik bus kota

Naik bus kota via i.dailymail.co.uk

Advertisement

Bus, angkot, kereta komuter jadi jawabnya. Gak usah takut kepanasan. Kendaraan yang pakai AC itu mahal. Gak jadi irit deh nanti!

4. Kalau angkutan umum dirasa lambat di jalanan, belilah sepeda listrik.

Kece ya bentuknya?

Kece ya bentuknya? via locallove805.com

Dengan baterai yang bisa kamu charge selama 8 jam atau selama kamu tidur, sepeda listrik bisa membawamu hingga keluar kota lho! Serius ini. Seandainya baterai sudah habis, kamu masih bisa menggunakannya dengan cara dikayuh seperti sepeda biasa.

5. Sekarang sedang marak iklan dan testimoni pemakai cairan penghemat BBM di TV. Gak ada salahnya dicoba, tuh!

Tinggal tetes

Tinggal tetes via gambar.otomotifnet.com

Tinggal tetes sedikit aja, tangki bensinmu bisa awet sampai jarak yang jauh. Cairannya pun gak bikin mesin rusak. Harga cairannya berapa? Cari tau sendiri, ya. Kan udah gede.

6. Sekali-kali beli pertamax gapapa. Memang mahal tapi lebih bersih dan bagus buat mesin kendaraan.

Mahal, tapi awet

Mahal, tapi awet via images1.rri.co.id

Lebih asyik dan irit lagi kalau kamu bisa

Pertamax gan!

7. Kalau sedang di lampu merah, matikan mesin sampai detik ke 20.

Masih lama tuh

Masih lama tuh via www.matickita.com

Udah, ikutin aja tulisan di lampu LED-nya! Bener enggakknya, gak rugi juga kan dicoba?

8. Rutinitas di pagi hari pemakai kendaraan bermotor adalah memanaskan mesin. Tapi jangan lama-lama ya!

Jemur motor

Jemur motor via lh3.ggpht.com

Panaskan mesinnya secukupnya saja, jangan lama-lama. Kalau perlu, gak usah dipanasin.

Jemur aja di bawah matahari, hehe…

9. Gak usah jaim kalau mau nebeng temen. Asal gak lupa ikut patungan bensinnya.

Ati-ati

Ati-ati via 3.bp.blogspot.com

Ya, iyalah kamu harus patungan bayar bensin. Emang temen kampusmu itu supir?

10. Semuanya tips di atas bikin ribet? Gak sesuai dengan prinsip hidupmu?

Jual aja

Jual aja via www.azizone.com

Jual aja kendaraan bermotormu. Masalah selesai kan?

Gimana tips Hipwee tadi? Apakah cukup menyelesaikan masalah penghematanmu atau malah bikin pusing? Gak usah dibawa pusing lah, ya. BBM kan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Semakin langka dia, semakin mahal harganya. Semakin tergantung kita sama dia, semakin mahal walau naiknya cuma sedikit.

“BBM itu beda tipis sama jodoh. Semakin kamu sengaja mencari-cari, makin susah dapatnya. Tapi kalau melakukannya sambil memantaskan diri, gak usah dicari pun pasti dia akan dengan mudahnya datang.”

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya