Jalanan di kota-kota besar Indonesia emang udah terkenal dengan macetnya. Sehabis beraktivitas, entah itu pulang kuliah atau kerja, macet menahan keinginanmu untuk segera pulang. Biasanya kamu memilih menunggu satu hingga dua jam dahulu agar nanti nggak terkena macet.

Tapi, ada juga yang tetap nekat pulang dengan berbekal jajanan. Kenapa harus bawa bekal jajanan sih? Eits, selain bisa mengganjal perut yang kelaparan, jajanan juga bisa bikin kamu sejenak melupakan macetnya jalanan atau pegalnya badan setelah seharian bekerja.

Advertisement

Nah, dari banyaknya jajanan kaki lima di jalanan Indonesia, mana sih yang favorit kamu banget? Simak sama-sama yuk ada jajanan enak apa aja!

1. Orang Indonesia emang paling doyan makan gorengan, apalagi kalau masih hangat plus dimakan pakai cabe~~

orang Indonesia ya sukanya gorengan dong

orang Indonesia ya sukanya gorengan dong via penulispro.net

Makan gorengan yang baru diangkat dari wajan panas-panas atau masih dalam keadaan hangat rasa enaknya nggak ada yang bisa nolak. Bahkan, gorengan apapun yang udah dingin masih ada yang mau memakannya. Meskipun gorengan labelnya di masyarakat nggak menyehatkan (justru berpengaruh negatif terhadap kesehatan), masih banyak peminatnya yang bersedia mengantri buat beli tuh!

Mungkin alasan kenapa memilih gorengan karena mau yang praktis, bisa dibawa dan dimakan dalam kondisi apapun. Ini nih biasanya dibeli sama kamu yang sering naik transportasi umum dengan gelagat seperti: biarpun berdiri tetap berusaha mencari cara untuk makan gorengan, pasang wajah cuek walaupun diliatin penumpang lainnya, bahkan abang-abang Trans Jakarta gak tega menegur karena kamu khusyuk makan gorengan, dan kamu yang makan gorengan berarti orang yang mau praktis dan gak ribet.

2. Jajanan ini rasanya gurih dan agak crunchy. Biar usia udah 20-an, cakwe tetap melekat dihati!

cakweeeee

cakweeeee via www.dapurshofie.com

Advertisement

Jajanan satu ini nggak kalah “heits” dengan gorengan. Sama-sama digoreng, bedanya cakwe dibuat dari tepung terigu. Untuk memakannya pun didampingi saus cair yang rasanya campur antara manis dan pedas. Yang suka beli cakwe sehabis pulang kuliah atau kantor berarti lagi kangen-kangennya nih sama jajanan zaman berseragam putih-merah.

Nggak bisa bohong kalau zaman SD adalah masa-masa yang nggak bisa kamu lupakan dengan mudah. Kalau lagi asik makan cakwe pasti fokus: celupin cakwenya ke saus sampai kena semua, karena terlalu serius sama celupin cakwe jadi gak merhatiin jalan, abis makan jadi kayak anak SD lagi sausnya belepotan ke mana-mana.

3. Mau suap-suapan sama orang terkasih? Cobain nyemil cimol dan cilok kayaknya seru deh…

cimol-cimol

cimol-cimol via kuliner.panduanwisata.id

Karena makan cilok dan cimol menggunakan lidi, kamu bisa berbagi jajanan pinggiran ini bersama yang lain. Apalagi kalau kamu sama pasangan atau gebetan, bisa modus suap-suapan tuh. Cilok dan cimol juga jajanan zaman SD. Itu berarti kalau kamu yang jarang makan ini tiba-tiba beli, tandanya lagi kangen sama zaman SD tuh. Dan kamu juga termasuk orang yang simple, dan nggak mau ribet karena orang yang makan jajanan ini setipe dengan yang beli gorengan.

4. Kalau pengen jajanan kekinian, kamu harus cobain gurih dan renyahnya jamur krispi.

kriyuk-kriyuk

kriyuk-kriyuk via resepmakansedap.com

*kriyuk-kriyuk*

Biarpun jamur krispi baru muncul beberapa tahun belakangan ini, tapi ketenarannya nggak kalah dengan jajanan pinggiran yang udah ada dari zaman nenek moyang. Cemilan menggiurkan ini bahannya dibuat dari jamur tiram yang diberikan tepung lalu digoreng hingga krispi. Kamu yang sering membelinya berarti termasuk orang yang kekinian, nggak mau ketinggalan zaman. Walaupun hanya sekedar cemilan sih.

5. Nggak pagi atau malam hari, lezatnya roti bakar emang selalu setia menemani.

nikmatnya roti bakar tak lekang oleh waktu

nikmatnya roti bakar tak lekang oleh waktu via www.resepsedapku.com

Roti bakar itu banyak yang beli saat sarapan dan malam hari saat pulang kuliah atau kantor. Kamu yang selalu beli roti bakar, berarti kamu adalah orang yang nggak mau pusing memikirkan mau nyemil apa, nggak punya referensi jajanan lain, dan mencari yang nggak terlalu membahayakan kesehatan. Kalau makan pun jarang yang bagi-bagi, karena nggak semua orang semaniak kamu yang suka banget sama roti. Hehehe.

6. Jajan sih bukan buat diri sendiri aja. Kamu yang ingat keluarga, pasti milih jajan martabak ya!

selamat makaaann

selamat makaaann via www.kaskus.co.id

“Horeee…kakak pulang bawa oleh-oleh!”

Walaupun sepulang beraktivitas kamu udah capek, tapi kamu tetap menyempatkan diri untuk membelikan oleh-oleh martabak telur atau martabak manis untuk keluarga di rumah. Dalam perjalanan pulang kamu menahan rasa lapar walaupun sebenarnya udah nggak tertahankan banget. Tapi, demi keluarga tersayang, aneh rasanya kalau kamu udah makan duluan nggak bareng-bareng mereka. Yah, walaupun cuma ambil satu aja tapi nggak rela lihat ekspresi keluarga waktu lihat kotak martabaknya udah ada yang hilang satu. :p

Bersyukur banget tinggal di Indonesia dengan beragam kulinernya yang dimiliki. Mulai dari makanan beratnya sampai makanan ringan juga. Nggak cuma itu, harganya yang terjangkau dan mudahnya menemui pedagang yang menjual cepat merealisasikan rasa laparmu. Yang terpenting perhatikan kebersihan tempatnya ya. Selamat berjajan-jajan ria.

Gambar andalan di ambil dari sini.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya