Tips Konyol bin Jitu buat Ngechat Dosen Pembimbing. Biar Cepet Dibales dan Responsnya Oke~

Tips ngechat dosen

Berurusan dengan dosen pembimbing menjelang fase akhir di masa perkuliahan memang begitu menguras tenaga dan pikiran, begitu juga dengan fisik dan mentalnya. Jangankan mencari waktu untuk bimbingan dan meluruskan apa yang perlu direvisi dari hasil kerja kita, bisa dibalas tepat waktu dan diiyakan bertemu meski hanya sekadar untuk meminta tanda tangan aja udah bersyukur banget rasanya. Hingga kini kayaknya persoalan tentang rempongnya dosen pembimbing masih menjadi salah satu misteri terbesar anak kuliahan.

Advertisement

Oleh sebab itu, mahasiswa sendiri pun juga harus memiliki cara-cara yang tepat sebelum menghubungi dosen melalui aplikasi chat. Karena, kalau nggak sesuai dengan kemauan para dosen, yang ada malah kita dikomentari banyak hal yang nggak nyambung. Berikut ini adalah tips konyol, namun jitu agar chat-mu cepat dibalas sama dosen pembimbing dan direspons dengan oke~

Jangan nge-chat di waktu-waktu yang padet, misalnya jadwal dia ngajar, bareng keluarga, atau mungkin jadwal main tenisnya

Hindari ngechat di waktu sibuk via www.mymcmedia.org

Aturan yang pertama ini harus benar-benar kamu pahami, karena secara nggak langsung ini udah menyangkut etika. Sebagai seorang mahasiswa harusnya paham lah ya kapan waktu yang tepat buat ngechat dosen dan menanyakan hal-hal penting. Pokoknya hindari ngechat dosen saat dirinya lagi ada jadwal ngajar yang padet, atau mungkin saat lagi bareng sama keluarganya, apalagi saat beraktivitas melakukan hobinya. Kan nggak lucu banget tu lagi enak-enak nonton bareng sama keluarganya terus tiba ada pesan masuk dari mahasiswa nggak ada akhlak, โ€œPak lagi di mana saya mau bimbingan ya sekarang ya pakโ€.

Usahakan pakai foto profil asli, jangan pakai avatar artis Korea!

Jangan pakai foto profil selain fotonya sendiri. via www.huffpost.com

Hal kedua yang harus kamu lakukan adalah mengubah foto profilmu sejelas mungkin. Usahakan pakai foto asli, dan meskipun kamu seorang K-Popers die hard alias garis keras, jangan pernah sekali-kali menggunakan foto profil oppa kesayanganmu. Plis banget, ini adalah kesalahan besar meski kelihatannya cuma sepele. Udah banyak kejadian lo yang masang foto profil oppa kesayangannya, terus dosen pembimbingnya bingung ini mahasiswanya cewek apa cowok. ๐Ÿ™

Advertisement

Kalau sukanya pakai pakaian yang agak terbuka, ya, nggak masalah sih, tapi mending diganti dulu juga daripada urusannya ribet

Foto profilnya diganti dulu~ via www.mcrel.org

Mau kamu berpakaian kayak gimanapun itu memang hakmu, nggak ada yang melarangnya. Tapi kalau udah sama dosen pembimbing itu beda lagi urusannya. Slogan my body my authority pun mungkin juga nggak bakalan mempan, yang ada kamu malah dianggap sebagai orang aneh-aneh. Terlebih jika dosen pembimbingmu merupakan orang yang begitu kaku. Kalau biasanya pakai foto profil cuma kaos singlet, bisa lah diganti dulu pakai kaus atau baju yang lebih sopan dikit buat berinteraksi sama dosen. Takutnya nanti dosennya kebayang-bayang ngobrol sama temen yang seumurannya, kan, repot. ๐Ÿ™

Selain itu, jangan pernah nggak memasang fotomu, usahakan tetap ada, meski cuma gambar kucing. Apalagi kalau dosbingmu udah tua

Tetaplah memasang foto profil meski hanya gambar kucing. ๐Ÿ™ via www.zazzle.com

Udah menjadi sebuah kebiasaan jika seseorang lagi kesel atau perasaannya nggak baik-baik aja, biasanya foto profil di akun media sosialnya bakal kosong atau hilang. Nah, ini nih yang nggak boleh kamu lakukan. Dosen pembimbingmu nggak peduli perasaanmu mau jungkir jempalik kayak gimanapun, pokoknya tahunya ya dia cuma membimbing kerjaan skripsimu aja. Makanya, usahakan tetap ada foto profilnya meski hanya gambar kucing. Yakin deh, foto kucing adalah satu-satunya yang paling aman selain fotomu sendiri.

Kalau udah mentok, coba pakai foto profil tentang gambar-gambar azab menyusahkan orang lain

Advertisement

Barangsiapa menyusahkan orang lain~ via umma.id

Jika dari semua cara tadi sudah kamu lakukan dan ternyata dosen pembimbingmu masih cuek dan seolah-olah tetap nggak mau tau urusanmu, ini saatnya untuk mengeluarkan jurus andalan. Langkah terakhir yang harus kamu ambil adalah memasang foto profil yang berbau tentang gambar-gambar azab atau hadis bagi mereka yang hobinya menyusahkan urusan seseorang. Dijamin manjur!

Apa pun itu, yang namanya jalan menuju kesuksesan memang nggak pernah gampang dan mulus. Sering kali kamu harus bertemu dengan hal-hal resek di luar dugaan. Jangan kesel jika menghadapi dosen yang seperti itu, karena nanti dalam hidup ke depannya pun bakal ada banyak lagi kejutan-kejutan lainnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE