Menurut Penelitian, 6 Hal ini Penyebab Kenapa Cewek Bisa Hidup Lebih Lama daripada Cowok!

Umur cewek lebih panjang dari cowok

Dari sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO menyebutkan bahwa harapan hidup rata-rata seluruh manusia adalah 76 tahun. Tapi kalau kida lihat lebih detail dan kita bagi berdasarkan jenis kelamin, ternyata cewek punya harapan hidup yang lebih tinggi! Rata-rata cewek memiliki harapan hidup sampai usia 74 tahun, sedangan cowok hanya 69 tahun!

Advertisement

Jangan heran dulu. Sebenarnya masalah tersebut sudah diketahui sejak lama lho! Bahkan udah banyak penelitian yang dilakukan mengindikasikan hasil serupa dengan laporan WHO. Sebenarnya banyak hal yang bisa memengaruhi harapan hidup, tapi terkadang hal tersebut dilakukan secara berbeda oleh cowok atau cewek, nih kita kasih beberapa bukti hasil penelitian yang menjelaskan, kenapa cowok umunya lebih pendek dari cewek!

1. Secara genetik dan hormonal, cewek memiliki sistem kekebalan serta pertumbuhan yang lebih baik dari cowok

Di gambar ini, yang bentuknya memanjang, itulah yang dinamakan kromosom | Credit: National Cancer Institute via unsplash.com

Hal pertama yang mendasar adalah perbedaan genetika yang ada pada cowok dan cewek. Cewek memiliki dua kromosom X (XX) sedangkan cowok hanya memiliki kromosom Y (XY) hal ini berpengaruh ternyata kepada sistem imunitas tubuh. Cewek cenderung memiliki imunitas yang lebih bagus, selain itu mereka juga memiliki risiko yang lebih rendah dalam memgalami kerusakan atau mutasi sel dan kromosom.

Selain itu hal tersebut ternyata juga berpengaruh kepada kelahiran lo. Professor David Gems dari University College London dalam penelitiannya mengatakan bahwa, bayi cowok memiliki risiko keguguran dan kelahiran prematur yang lebih tinggi 20% s.d. 30% daripada bayi cewek. Nah, hormon serta gen tersebut membuat cewek menjadi lebih kuat dan stabil pertumbuhannya selama di dalam kandungan, sehingga keguguran atau kematian sebelum kehamilan memiliki presentasi yang kecil di kalangan cewek.

Advertisement

2. Cowok lebih rentan cidera dan mengalami kematian karena risiko pekerjaan dan tingkah laku yang lebih ekstrem

Kegiatan cowok emang sangat berisiko cidera dan menyebabkan kematian, seperti gambar ini nih! | Credit: Boredpanda via www.boredpanda.com

Meskipun kita hidup di zaman yang memerhatikan kesetaraan gender, nggak bisa dipungkiri bahwa masih banyak cowok yang melakukan pekerjaan pada sebuah bidang pekerjaan fisik. Tentunya hal ini berpengaruh kepada tingkat cidera dan kematian yang dialami oleh para cowok di tempat kerjanya.

Selain itu secara naluri, para cowok juga memiliki kecenderungan untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih ekstrem dan membahayakan nyawa. Hal ini pastinya sangat memengaruhi keselamatan seseorayang yang pada akhirnya juga masuk hitungan dalam menentukan haparan hidup pada sebuah kelompok berjenis kelamin tertentu. Makanyna jangan heran kenapa masih banyak cowok yang umurnya nggak panjang, wong kerjaan dan kecenderungan kegiatannya terkadang aneh-dan nyeleneh!

3. Cewek lebih sadar akan kesehatannya dan cenderung menerapkan gaya hidup yang lebih sehat dari cowok

Para cewek biasanya menerapkan gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat dari cowok | Credit: Pablo Merchán Montes via unsplash.com

Seorang professor kedokteran di Uniersitas Columbia, Marianer Legato, dalam penelitiannya menyebutkan bahwa cewek itu lebih perhatian dan sadar akan kesehatannya. Sedangkan cowok, karena ingin dianggap kuat (dikenal dengan istilah John Wayne Syndrome) lebih abai dengan kesehatan tubuhnya. Hal ini membuat cewek lebih sering memeriksakan dirinya ke dokter jika mengalamai sesuatu untuk mencari tahu penyakit yang diidap dan lebih disiplin dalam menjalani perawatan.

Cewek biasanya juga lebih perhatian dengan kondisi tubuhnya, makanya para cewek lebih sering berolah raga daripada para cowok. Walaupun alasannya adalah insecure karena lemak berlebih, tetapi dengan berolahraga, bukan hanya lemak saja yang terbakar, kita juga melatih bagian tubuh lain supaya lebih kuat dan sehat. Oh iya, para cewek lebih sadar dalam memilih makanan sehat daripada junk food, mungkin ini maish ada kaitannya dengan kekhawatiran para cewek dengan lemak dan tubuh mereka.

4. Karena menopause, cewek memiliki risiko penyakit jantung yang lebih rendah dari cowok

Cewek akan memasuki masa menopause pada usia 40-an tahun | Credit: Saradhi Photography via unsplash.com

Penyakit jantung adalah musum utama kaum cowok lo! Di umur 30 tahun, para cowok sudah dihadapkan dengan kemungkinan risiko kematian karena serangan jantung, sedangkan para cewek memiliki waktu yang lebih lama. Para cewek baru akan mendapatkan risiko yang sama di umur 40 tahunan. Hal ini terjaidi karena mereka dilindungi oleh sebuah gejala medis alami yang disebut dengan menopause

Mmenopause adalah sebuah hal yang terjadi secara alami kepada setiap perempuan, ketika mengalami fase menopause, maka seorang perempuan akan berhenti mengalami suklus haidnya dan kesuburannya berkurang. Dalam penelitian yang masih berasal dari Universitas Columbia, menopuse dikatakan bisa melindungi cewek dari risiko serangan jantung karena adanya zat-zat atau hormon yang dilepaskan. Zat dan hormon tersebut dapat menjaga arteri dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyumbatan.

5. Dengan kemampuan bersosialisasinya, biasanya cewek memiliki hubungan pertemanan yang lebih intim, ternyata hal tersebut berpengaruh lho kepada harapan hidup seseorang

Cewek tuh kalau berteman akrab banget sih | Credit: Omar Lopez via unsplash.com

Banyak teman ternyata bisa meningkatkan harapan hidup kamu lho dan para cewek lebih handal dalam melakukan hal ini dibandingkan dengan para cowok. Studi dari Universitas Brigham Young menunjukkan bahwa orang dengan hubungan sosial yang kuat memiliki risiko kematian 50% lebih rendah daripada orang yang nggak punya hubungan sosial yang kuat.

Kebanyakan cowok hanya memiliki sedikit teman dekat, sehingga menyulitkan mereka untuk mengungkapkan perasaan dan hal yang dialami. Hal ini akan menaikkan tingkt depresi dan bisa menyebabkan seseorang menyakiti dirinya atau b*nuh diri. Data dari WHO menunjukkan cowok memiliki tendensi dan risiko b*nuh diri karena depresi dan stress yang lebih besar dibandingkan dengan para cewek

6. Hormon estrogen dalam tubuh cewek, selain memiliki sifat antioksidan ternyata juga bisa meredakan stres

Cewek lebih jago mengatur tingakat stres mereka jika dibandingkan dengan para cowok | Credit: Lesly Juarez via unsplash.com

Penyebab yang membuat para cewek nggak mudah depresi adalah sebuah hormon yang hanya dimiliki oleh para cewek. Hormon ini dianggap sebagai sebuah anti-oksidan alama yang bisa menangkal banyak hal buruk, mulai dari penyakit hingga stres.

Dengan manfaat yang begitu besar, tentunya hormon estrogen yang dimiliki oleh cewek ini secara langsung berkontribusi dalam mamanjangkan harapan hidup seseorang. Bahkan sebuah pebelitian yang melibatkan hewan. Hewan betina yang kekurangan hormon estrogen cenderung memiliki umur yang lebih pendek dibandingkan dengan yang tidak.

Nah, buat para cowok yang mau umurnya panjang, coba deh kalian mulai terapkan hal-hal yang bisa kamu dapat dari hasil penelitian di atas, mungkin kamu sebagi cowok harus mulai berolahraga secara teratur, mulai makan sehat dan mengurangi konsumsi rokok, serta menjaga kadar stres kamu!

Ikuti Instagram @wolesjon, biar nggak ketinggalan informasi seputar cowok dan dunia hiburan lainnya, kuy!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

CLOSE