6 Video Klip Musik Korea ini Sempat Dilarang Tayang di Stasiun Televisi. Begini Alasannya~

Video musik Korea

Nggak bisa dimungkiri kalau budaya Korea telah menjamur di berbagai belahan dunia mulai dari segi fashion, kecantikan, serial drama, hingga lagu-lagunya yang didominasi oleh genre hip-hop atau rap. Lagu-lagu dari grup vokal Korea umumnya memiliki beat dengan tempo yang cepat dan diimbangi dengan dance yang apik. Hal itulah yang menjadi salah satu daya tarik dan perbedaan grup vokal Korea dengan negara lainnya.

Advertisement

Tetapi, kamu tahu nggak sih kalau ternyata ada beberapa video klip musik Korea yang pernah dilarang tayang di stasiun televisi? Wah, kira-kira apa alasan di balik pelarangan tersebut? Kita simak ulasannya di bawah ini yuk!

1. Video klip musik dari vokal grup perempuan Blackpink yang berjudul “Kill This Love” sempat dilarang tayang di salah satu stasiun televisi Korea

Pada tahun 2019, Blackpink merilis sebuah lagu berjudul “Kill This Love” yang sukses didengarkan oleh para penggemar dari berbagai negara. Tetapi, video klip Blackpink yang satu ini ternyata pernah dilarang tayang oleh stasiun televisi KBS. Menurut pihak stasiun televisi, video klip tersebut diduga telah melanggar Undang-Undang Lalu Lintas yang diterapkan di Korea Selatan.

Sayangnya, pihak stasiun televisi nggak menjelaskan secara rinci pelanggaran lalu lintas yang dimaksud. Publik menduga bahwa adegan salah satu anggota Blackpink, Rose saat mengendarai mobil tanpa sabuk pengaman menjadi bagian yang dipermasalahkan. Pihak terkait nggak pengin kalau masyarakat ikut melakukan hal sama saat berkendara di jalan.

Advertisement

2. Video klip dari lagu “Lotto” milik vokal grup EXO juga dilarang tayang di televisi karena terlalu spesifik menyebutkan salah satu merek

Vokal grup yang berisi anggota tampan, EXO juga pernah mengalami hal yang sama. Pada tahun 2016, EXO merilis sebuah lagu berjudul “Lotto” dan pihak stasiun televisi KBS melarang video tersebut untuk tayang karena dianggap mempresentasikan merek tertentu. Akhirnya, agensi SM Entertaiment mengganti kata “Lotto” menjadi “Louder” saat EXO melakukan promosi di stasiun televisi KBS dan MBC.

3. Selain EXO, vokal grup dari agensi YG Entertaiment, Winner juga pernah mengalami hal yang sama karena lirik “Lotto” dalam video klip lagu “Everyday”

Sama seperti EXO, video klip musik dari grup vokal Winner yang berjudul “Everyday” juga pernah dilarang oleh pihak stasiun televisi KBS. Bahkan, lagu ini juga sempat dilarang diputar di radio KBS karena pada bagian rap terdapat lirik yang mengandung kata “Lotto” dan menyebutkan merek tertentu secara spesifik. Meski begitu, stasiun televisi lain tetap memperbolehkan video klip tersebut tayang karena telah lulus sensor.

4. Kembali ke agensi SM Entertaiment, video klip NCT 127 yang berjudul “Cherry Bomb” juga sempat dilarang tayang di salah satu stasiun televisi Korea

Advertisement

Pihak stasiun televisi KBS lagi-lagi melakukan pelarangan tayang untuk video klip musik dari grup vokal NCT 127 yang berjudul “Cherry Bomb”. Lagu yang diciptakan oleh Taeyong dan Mark ini dianggap memiliki nilai kekerasan pada liriknya sehingga bisa memberikan pengaruh kurang baik di kalangan remaja.

Pihak agensi yakni SM Entertaiment pun tak ingin mengubah lirik lagu tersebut, sehingga NCT 127 harus rela nggak melakukan promosi untuk lagu tersebut di acara “Music Bank”. Sebagai gantinya, mereka tampil menyanyikan lagu lainnya yaitu “O Mile”

5. Video klip musik dari grup vokal BTS yang berjudul “Dope” juga dilarang tayang karena liriknya dianggap terlalu kasar

Stasiun televisi KBS juga sempat melarang pemutaran video klip lagu “Dope” milik boy band BTS. Pihak televisi menilai bahwa terdapat lirik yang dianggap terlalu vulgar dan kasar sehingga bisa memberikan dampak buruk bagi para penonton.

6. Terakhir, ada video klip musik dari PSY yang berjudul “Gentleman” yang juga dilarang tayang di televisi karena ada adegan menendang traffic cone

Video klip musik dari penyanyi solo Korea, PSY yang berjudul “Gentleman” juga menjadi salah satu lagu yang pernah dilarang tayang oleh stasiun televisi KBS. Adegan menendang traffic cone dan tertawa ke arah kamera dinilai nggak layak untuk disiarkan ke publik karena telah menyalahgunakan fasilitas umum.

Itu dia deretan video klip dari grup vokal terkenal di Korea Selatan yang pernah dilarang tayang di salah satu stasiun televisi. Kamu pernah dengar yang mana nih SoHip?

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE