“Ji, ntar jemput ya?”
“Pulang sendiri yaa. Weekkk,”
“Iiih… Jahat!!!”
“Biarin… Aku futsal dulu, ya. Hehe, “

Seperti kata kebanyakan orang, setelah melewati 3 bulan masa pacaran, hubungan kalian bakal masuk ke level selanjutnya. Ibaratnya, 3 bulan pertama adalah masa penyesuaian dalam hubungan kamu dan dia. Berbagai masalah baru pun mulai muncul. Kamu dan dia jadi makin mengenal kepribadian masing-masing lewat berbagai pertengkaran yang terjadi.

Lalu bagaimana setelah kalian menjalani hubungan tersebut lewat dari satu tahun? Sudah pasti kalian sudah tak asing lagi dengan dunia masing-masing. Urusan penyesuaian kalian sudah khatam melaluinya. Nah, buat kamu yang sudah melewati satu tahun dalam hubungan, bener nggak nih hal-hal ini sudah akrab di keseharianmu?

1. Dulu, kemesraan adalah hal wajib yang harus kalian tunjukkan. Namun sekarang, pamer kemesraan sudah tak penting lagi untuk dilakukan

Kemesraan bukan lagi yang utama via elizabethwellsphoto.com

Saat awal-awal jadian dulu, jalan berdua dan turut mengunggah foto mesra di sosial media menjadi agenda wajib barang sekali dalam seminggu. Tujuannya satu, ingin menunjukkan tak hanya pada pasangan namun juga kebanyakan orang bahwa hubungan kalian bahagia. Namun setelah setahun lebih kalian berjalan, kamu bakal sadar bahwa semua itu sia-sia. Setelah setahun berlalu, kamu dan dia bakal sadar bahwa mesra bukan hal yang wajib untuk dipertontonkan. Mesra justru jadi kondisi dimana kalian bisa nikmati berdua saja.

2. Alih-alih semakin manja, yang ada hubungan kalian bakal lebih menunjukkan kedewasaan. Nggak ada lagi ngambek cuma karena batal malam mingguan

Advertisement

Hubungan makin dewasa via elizabethwellsphoto.com

Di awal hubungan, malam mingguan seakan jadi agenda wajib yang tak boleh sekalipun terlewatkan. Kalau sekali saja terlewatkan, perang dunia ketiga tak lagi bisa terbendung. Tapi setelah setahun terlewati, kamu dan dia pun tak masalah jika malam minggu juga terlewati begitu saja. Jika ada hal lain yang lebih penting untuk dilakukan, kamu dan dia rela untuk tidak saling bertemu dulu. Toh kencan berkualitas tak hanya bisa dilakukan pada malam minggu saja. Semakin kesini hubungan kalian makin menunjukkan kedewasaan. Pertemuan tak lagi jadi hal yang harus dipaksakan. Kalian tak masalah jika harus mengakrabi jarak, asal rasa saling percaya tetap terjaga.

3. Kamu sudah tahu baik dan buruk pasanganmu. Sifat kekanakannya sudah tak lagi mengganggu

Sifat kekanakannya tak lagi mengganggu via elizabethwellsphoto.com

Saat dulu awal-awal kamu jadian dengan dia, sifat kekanakannya jelas ingin kamu ubah. Buatmu, hubungan yang serius tak menyisakan ruang untuk sifat kenakan seperti itu. Namun setelah setahun berjalan, kamu jadi sadar. Bahwa bukan dia yang harus kamu tuntut untuk berubah, namun kamu yang juga harus ikut memahami dan menerima sifatnya. Menerima bahwa dia masih kekanakan sudah otomatis kamu terima dalam keseharianmu.

Yuk cari tahu lebih banyak kebiasaan setelah melewati satu tahun pacaran. Klik halaman selanjutnya ya.