Menangis adalah luapan emosi naluriah yang wajar dilakukan oleh tiap manusia. Namun selama ini menangis selalu identik dilakukan oleh cewek yang berperasaan lembut. Boleh jadi karena memang cewek yang lebih sering terlihat meneteskan air mata dibanding cowok.

Stereotip cengeng apabila cowok menangis nampaknya sangat tidak relevan dengan sifat lahiriah yang dimiliki oleh cowok sebagai manusia. Hal ini perlu diluruskan, sejatinya menangis adalah hal yang wajar cowok lakukan sebagai manusia. Meskipun begitu, memang tidak bisa dipungkiri bahwa terdapat perbedaan antara cewek dan cowok ketika menangis. Cowok memang lebih kuat menahan dirinya untuk tidak meneteskan mata. Maka dari itu ketika amu melihat cowok yang sedang menangis artinya mereka sedang meluapkan emosi yang terdalam yang sudah tidak bisa dipendam.

1. Meski dikenal kuat dan tangguh namun cowok juga manusia yang memiliki perasaan

Kami juga memiliki perasaan via unsplash.com

Advertisement

Cowok juga manusia yang memiliki perasaan. Apabila ada yang menyentuh perasaannya yang terdalam ia bisa saja menangis. setangguh dan kuatnya cowok pasti ada satu momen di mana emosinya tak bisa lagi tertahankan. Entah itu luapan kesedihan atau haru, semuanya bisa mengalirkan air mata melalui sudut matanya.

2. Ada perasaan sedih yang tidak bisa lagi dibendungnya, salah satunya adalah karena kehilangan orang yang dicintainya

Kami menangis saat kehilangan via unsplash.com

Penyebab yang sering kali menyentuh perasaan cowok hingga emosi dalam dirinya tak bisa lagi dibendung adalah saat kehilangan seseorang yang dicintai. Entah itu keluarga atau kekasih. Buat kamu para cewek, tak perlu heran dan penasaran apa kami menangis ketika kehilangan seseorang yang kami cintai. Ya, kami menangis. Hanya saja kami pandai menyembunyikannya. Kami tidak suka menangis di hadapan orang-orang. Kami lebih memilih menyendiri.

3. Dia yang menangis tatkala melakukan kesalahan adalah ciri cowok yang bertanggung jawab

Kami juga menangis karena membuat kesalahan via unsplash.com

Selain karena kehilangan, cowok biasanya menangis tatkala ia membuat suatu kesalahan. Hal ini disebabkan karena ia merasa gagal dalam mencegah sesuatu yang buruk terjadi. Perasaan bersalah yang muncul ketika berbuat salah ini dapat kamu jadikan ciri cowok yang bertanggung jawab.

4. Cowok paham menahan diri untuk tidak menangis justru membuat hati semakin kacau dan memperparah keadaan

Tak baik menahan kesedihan via unsplash.com

Advertisement

Cowok yang tidak malu meneteskan air mata adalah mereka yang paham atas kebaikan bagi dirinya sendiri. Seperti yang kita tahu bahwa salah satu fungsi menagis adalah melepaskan segala rasa yang mengganjal di dalam dada. Dengan menangis, pikiran dan benak kita lebih plong. Manahan tangis tidak baik bagi tubuh karena kesedihan harus segera diluapkan agar tidak menambah parah keadaan.

5. Jangan salah, banyak kok cowok yang tulus dalam mencintai. Jangankan untuk kekasih hati, klub favoritnya kalah saja bisa ditangisi

Cinta tulus cowok via dunsterhouse.co.uk

Selama ini ketulusan cinta selalu identik dilakukan oleh cewek. Anggapan ini jelas tak bisa dijadikan pembenaran. Cowok juga punya cinta yang tulus. Namun cowok tidak enggan untuk mengucapkannya berulang kali karena bagi cowok ketulusan cinta diwujudkan dengan perbuatan bukan perkataan semata.

Ketulusan cinta cowok dapat kamu lihat juga di luar hubungan dengan orang yang dicintainya. Tulus cinta cowok dapat kamu lihat ketika ia mendukung tim kesayangannya. Ia tidak segan menagis di muka umum ketika tim kesayangannya mengalami kekalahan.

6. Bukan karena sifat cengeng, menangis juga merupakan cara mudah menanggalkan beban negatif, contohnya kecewa atau marah.

Menangis itu sehat via unsplash.com

Menangis juga bisa digunaka sebagai distraksi atas tiap beban yang ada di dalam hati. Terutama beban kesedihan dan kecewa yang selalu menjadi momok bagi manusia. Baik sedih dan kecewa, mendiamkannya bersemayam dalam hati terlalu lama tidak baik bagi kesehatan jiwa, bahkan bisa menyebabkan penyakit. Maka dari itu ketika cowok merasa memiliki beban dalam hati, ia tak ragu untuk menangis.

Sudah seharusnya stereotip cengeng ketika cowok menangis dihilangkan. Karena sejatinya menangis itu wajar dilakukan bagi siapapun juga tak terkecuali oleh cowok. Kalau memang kesedihan, kekecewaan dan rasa haru tak lagi bisa ditahan, sudah lepaskan saja segala luapan emosi yang tidak tertahankan itu. Dari pada menjadi duri dalam daging..

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya