Pacaran nggak semudah yang kita bayangkan, kita sama-sama mengerti hal ini, apalagi sebagian dari kita memang jomblo. Ya, demikian susahnya dari ajang cari pacar, pdkt pun kalau sudah jadian. Ada saja masalah dalam hubungan, dan setiap masalah ini memaksa kita untuk menyalahkan ‘perbedaan’ yang ada dalam hubungan. Perbedaan yang sering kita salahkan itu bisa berupa banyak hal, salah satunya adalah soal prinsip. Padahal kita tak pernah tpaham prisnsip orang lain termasuk pasangan, dan yang ada hanya egois diri sendiri.

Kamu dan pasangan yang mungkin sedang mengalami masalah seperti ini mestinya harus mengerti dari awal, kalau perbedaan tak melulu disalahkan. Prinsip adalah perkara ideal yang diyakini masing-masing orang, dan kita tak bisa memaksakan untuk mengamini. Tapi bukan berarti perbedaan prinsip tak ada jalan tengah yang bisa kalian ambil. Perbedaan prinsip bukan berarti perkara negatif, banyak yang bisa diambil dari perbedaan ini.

1. Perbedaan itu wajar, yang perlu kalian lakukan adalah menghargai prinsip masing-masing

Perbedaan itu wajar, mendingan saling menghargai saja deh via unsplash.com

Advertisement

Prinsip menjalani hidup memang tak bisa dipaksakan untuk selalu sama. Kamu dan pasangan yang tampaknya memiliki perbedaan dan mengancam hubungan ini harus disikapi dengan kepala dingin. Kamu dan pasangan harus menghargai prinsip masing-masing dan jangan memaksakan keinginanan, bersikap egois malah akan menimbulkan masalah.

2. Jalan tengahnya memang tak sederhana, tapi kalian bisa coba menciptakan prinsip dalam hubungan di luar prinsip masing-masing

Bikin satu prinsip dalam hubungan via unsplash.com

Prinsip yang kamu dan dia pegang penuh dengan perbedaan, mecoba mengalah atau menyalahkan tak akan menghasilkan jawaban untuk masalah ini. Ambil jalan tengah, meskipun sulit tapi hal ini bisa menyelamatkan hubunganmu. Kamu dan pasangan harus membuat prinsip yang bisa dipegang dalam hubungan, terlepas dari sikap egois masing-masing penghuninya.

3. Mungkin kalian bisa dengan mengurangi pertemuan, siapa tahu menyendiri bisa membuat kamu dan dia menemukan jawaban

Jangan ketemu dulu kalau malah berantem terus via unsplash.com

Jika semua cara sudah kalian coba untuk menyelamatkan hubungan ini masih saja kandas, mungkin kalian perlu menghindari untuk ketemuan. Memang sangat disayangkan kalau masalah ini menghancurkan hubungan kalian, maka langkah ini perlu diambil. Siapa tahu dengan absennya pacar, kalian malah bisa berpikir bijak dan rasa cinta bisa kembali tumbuh.

4. Berprinsip tak berarti harus egois dalam menyikapi pemikiran orang lain, termasuk kepada pasangan

Setiap orang tuh punya prinsip yang berbeda via unsplash.com

Advertisement

Semua orang memiliki prinsip dalam menjalani hidup, dan pasti akan ada banyak perbedaan karena ini. Satu sama lain pasti memiliki prinsip yang unik, dan tak seharusnya memakasakan untuk ‘sama’. Dalam dunia sosial perbedaan prinsip ini harus dijembatani dengan sikap-sikap yang tepat untuk menghargai prinsip satu orang dengan yang lainnya. Seperti semua orang itu, kamu dan pasangan pasti memiliki perbedaan prinsip, dan jangan sampai saling menuntut untuk patuh pada prinsip salah satu pihak.

5. Setiap prinsip pasti ada positif dan negatifnya. Ketika beda, ambillah yang baik dan jadikan itu pegangan dalam menjalani hubungan

Ambil yang baik-baik buat dijadikan prinsip dalam hubungan via unsplash.com

Hal yang paling manis dari perbedaan adalah kebaikan-kebaikan yang bermacam-macam rupa dan bentuknya. Perbedaan prinsip satu sama lain pasti masing-masing membawa kebaikan. Kebaikan-kebaikan dalam perbedaan prinsip inilah yang bisa disaring dan dijadikan prinsip hubungan yang kalian jalani.

6. Ketahui, berpisah tak akan menyelesaikan masalah. Prinsip hidup setiap orang pasti berbeda meski pada awalnya terlihat sama

Tak perlu berpisah, saling berdamai saja dengan mengambil kebaikan dari masing-masing prinsip. via unsplash.com

Kamu dan pasangan harusnya sudah siap akan perbedaan prinsip ini. Perpisahan yang kamu rencanakan juga tak akan menghilangkan keresahanmu soal beda prinsip ini. Karena setiap orang memiliki prinsip yang berbeda, kamu harus berdamai dengan hal ini dan jauhkan egoismu. Tak perlu pisah, hanya perlu keihklasanmu untuk membuang rasa egois yang kamu bawa setiap kali ngobrol soal prinsip dengan pasangan.

Prinsip yang kalian pegang mungkin berbeda satu sama lain, tapi dalam hubungan pun kalian bisa menciptakan prinsip dengan mengambil kebaikan dari prinsipmu dan prinsip yang dipegang pasanganmu. Hubungan yang memiliki prinsip akan lebih kuat sebab kalian sudah memiliki satu pegangan kuat dalam melangkah ke depan. Perbedaan yang ada di dalam hubungan jangan selalu disikapi dengan negatif, hentikan pandangan skeptis soal perbedaan karena jelas-jelas dari perbedaan itu semua hal jadi semakin menarik.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya