Di dalam sebuah hubungan tentunya pernikahan adalah tujuan akhir yang diharapkan. Tetapi untuk mencapai ke tahap itu sungguh tak mudah. Kamu dan pasangan akan dihadapkan pada perjuangan untuk mendapat restu orangtua. Kamu yang sedang susah payah meyakinkan calon mertua untuk merestuimu, jangan dulu hilang arah dan menyerah. Pasti selalu ada jalan untuk membuka pintu hati orangtua pacar hingga kalian akhirnya direstui.

Tapi memang tak mudah, ada perjuangan yang mesti dilakukan. Tak cukup dengan materi, menggaet kepercayaan calon mertua butuh banyak tenaga. Kalau belum berjuang sudah menyerah duluan, jelas kasihan pacarmu, dia mengharapkan kamu jadi suaminya. Daripada malah hubungan ini kandas karena restu belum didapat, baiknya kamu cari tahu jawaban kenapa calon mertua susah banget kasih restu. Setelah kamu tahu itu, pasti ada celah untuk membuka hati mereka lalu merestui hubunganmu itu. Optimis dulu deh, jangan keburu menyerah.

1. Harapan ada di tanganmu, cinta yang selama ini kamu perjuangkan pasti berbuah kebaikan. Yakinkan camer memberi pembuktian

Camer butuh bukti, Cuy! Semangat via unsplash.com

Advertisement

Kamu memiliki harapan yang biasa kamu ubah menjadi sebuah doa. Doa yang terus kamu panjatkan tak cukup jika berhenti di situ, kamu perlu usaha lebih. Kamu perlu buktikan kepada orangtua pacarmu bahwa apa yang mereka harapkan bisa kamu lakukan. Kamu harus percaya diri dan jangan menganggap remeh dirimu sendiri.

2. Sudah saatnya kamu bersikap dewasa, berilah penjelasan kepada orangtua pacar bahwa kalian sudah merencanakan masa depan

Banyakin ngobrol sama calon mertua biar dia paham kamu serius ke anaknya via unsplash.com

Berapa umurmu? Berapa waktu yang kamu butuhkan untuk mengubah sikap menjadi dewasa di luar umurmu yang terbilang muda. Kalau kamu bisa bersikap dewasa dengan segala kebijaksanaan, pasti restu orangtua pelan-pelan bisa kamu dapatkan. Paling penting, ketika kamu merasa sudah dewasa, hal konkrit yang perlu kamu bicarakan dengan orangtua pacar adalah masa depan dan materi. Kamu tetap butuh itu.

3. Jangan dulu putus asa, ada banyak sekali jalan mendapat restu orangtua pacar, salah satunya dengan bersikap baik kepada mereka

Jangan putus asa, Guys! Yeah via unsplash.com

Kebaikan selalu ada di setiap manusia, kamu memilikinya dan harus tebarkan itu. Kamu perlu melihat diri sendiri, introspeksi dan mencari kesalahan-kesalahan yang pernah tak sengaja dilakukan. Nilai dirimu sendiri, seberapa buruk kamu di mata calon mertua? Temukan jawaban atas dirimu itu dan benahi semua hal yang kamu anggap bisa mengganjal restu dari orangtua.

4. Memang harus berkorban dan itu wajar, segala yang manis-manis berawal dari yang pahit-pahit dulu

Ya memang kamu butuh banyak berjuang lagi via unsplash.com

Advertisement

Kamu pasti paham bahwa basah akan lebih terasa basah dan dingin ketika kamu dalam keadaan kering sebelumnya. Begitu pun dalam menghadapi masalah, kamu perlu merasai kepahitan terlebih dahulu. Kamu akan beroleh manis dari apa yang kamu perjuangkan. Berkorban tak seberapa sakitnya tapi memanen hasil akan terasa bahagianya.

5. Apa iya kamu mau menyerah begitu saja? sementara kekasihmu mengharapkan dirimu berjuang

Kekasihmu cinta banget! Jangan kecewakan dia dengan menyerah pada keadaan via unsplash.com

Kamu tak mengerti apa yang dirasakan pasanganmu ketika kamu menyerah dengan semua perjuangan ini. Cinta yang sudah kalian rawat lama, tak mungkin biasa-biasa saja saat kamu dan pasangan memutuskan untuk diakhiri. Restu pasti didapatkan, kamu harus percaya itu. Kamu tak boleh mudah menyerah hanya karena orang bilang kamu bukan yang terbaik untuk kekasihmu. Kamu berhak atas cinta dan hasilnya.

6. Lupakan segala omongan yang kurang enak didengar, dengan ketabahan kamu bisa meramu keadaan sesuai harapan

Berpikir jernih, Mamen! Berjuang terus via unsplash.com%20

Mestinya kamu bersabar dan tabah, jangan sekalipun menyalahkan keadaan atau malah menyalahkan diri sendiri. Meskipun omongan yang kurang nyaman sering kamu dengar, tak perlu diresapi berlebihan. Pasti orangtua pacar akan meluluhkan hatinya jika kamu tetap berjuang dan mengubah segala hal yang menurut mereka buruk menjadi lebih baik lagi.

7. Perjuangkan dia habis-habisan, ikhlaskan jika memang restu tak juga dapat. Karena ikhlas kadang memberikan keajaiban

Saat-saat kamu mulai ikhlas malah biasanya direstui. Berdoa dan berjuang jangan sampai kendur via unsplash.com

Kamu harus berjuang, dan jikalau masih saja restu itu sukar didapat kamu perlu mengikhlaskan dengan benar-benar dari hatimu. Jangan ada dendam, toh kebahagiaan kekasihmu adalah kebahagiaanmu juga nantinya. Mungkin dia akan lebih baik untuk orang lain. Tenang, di moment yang penuh keikhlasan ini biasanya akan datang keajaiban yang kamu nantikan. Sabar dan ikhlas pasti Tuhan memberi jalan terbaik.

Orangtua pacar pasti tahu yang terbaik untuk anaknya, berdasar hal ini kamu pasti bisa jadi yang terbaik untuk pacarmu dengan standar yang diberikan oleh orangtuanya. Pacarmu juga perlu membantumu untuk memberimu rahasia tentang apa yang sebenarnya diharapkan oleh orangtua pacar. Kamu perlu kerjasama bersama pasangan karena tak mungkin kamu berjalan sendirian menghadapi kerepotan ini. Yang paling utama dan harus kamu lakukan adalah tetap optimis dan semangat karena niat baik pasti berujung sebuah kebaikan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya