Long Distance Relationship (LDR) atau pacaran jarak jauh tak selamanya berisi rasa saling percaya dan penuh kesetiaan. Mereka yang tak beruntung akan menemukan kegagalan, sebab godaan di perantauan bukan main kuatnya. Tapi godaan ini aslinya bisa dihadapi dengan saling menjaga perasaan pasangan. Kalau satu sama lain tak bisa menjaga perasaan sudah pasti hubungan LDR tak akan berhasil dan rencana ke pelaminan tinggal harapan.

Tapi tak bisa dipandang sebelah mata, kebohongan kecil ada kalanya diperlukan. Dengan catatan hanya untuk menghindari kekacauan yang tidak diperlukan. Karena pada kenyataannya ada masalah-masalah yang sebenarnya tak perlu didramatisir tetapi malah dibikin tambah rumit. Jarak yang jauh menjadi kendala karena komunikasi pasangan LDR cenderung dengan kesalahpahaman. Toh, kebohongan kecil ini bisa dibenahi dan bisa dihindari karena walaupun ketahuan pada akhirnya kebohongan ini juga tak menciptakan suatu masalah yang besar selama tak dilebih-lebihkan.

1. Bilangnya nggak kemana-mana, tapi ternyata nongkrong sama teman-teman di warung kopi langganan

“Aku di kosan aja kok, Yang” via unsplash.com

Advertisement

Biasanya cowok suka banget nongkrong di warung kopi, entah apa yang dibicarakan dan siapa yang akan ditemui tetapi mereka suka banget melakukannya. Sampai pada akhirnya kamu harus berbohong ke pacar yang jaraknya jauh di sana, menghabiskan waktu nggak jelas di warung kopi. Kamu sih enteng saja bilang kepadanya kalau kamu ketiduran dan sebagainya.

2. Demi ketenangan hati pasangan, perut yang sedang kelaparan dilupakan dan terpaksa bohong kalau sudah makan

“Iya kamu tenang aja aku udah kenyang banget habis makan” via unsplash.com

Bohong ke pacar demi ketenangannya, karena dia gampang khawatir maka kalaupun sedang kelaparan bilangnya sudah makan dan kenyang. Padahal kalau boelh jujur perut kosong sejak pagi tadi tapi kalau diceritakan pasti jadinya malah dia khawatir tak karuan.

3. Bilangnya sehat padahal badan sedang meriang tak karuan, karena kamu tak ingin dia di sana khawatir berlebihan

“Cuma lagi dingin aja makanya pake jaket. nggak kenapa-kenapa kok, Yang” via unsplash.com

Kesehatanmu bagi pacar sangat lah berarti, sekali saja dia tahu kamu sedang sakit pasti kelabakan dan bingung tak karuan. Terpaksa deh kamu bohong demi bikin dia tenang padahal badan meriang panas dingin tak karuan rasanya.

4. Tahu pasangan akan sangan cemburu, kamu pun tak bilang-bilang kalau terpaksa harus memboncengi temanmu yang cewek

Takut pasangan salah paham, padahal cuma teman biasa via unsplash.com

Advertisement

Keributan pasangan LDR biasanya karena rasa cemburu, kalau sudah begini pasti cara jelasinnya pun akan menyusahkan karena komunikasi yang cuma di hape. Kalau sudah begini kamu pun akhirnya terpaksa menjaga rahasia, ajang nganterin cewek teman kantormu sendiri pun tak pernah kamu ceritakan ke pacarmu.

5. Bilangnya punya uang, padahal isi dompet tinggal seribuan. Karena nggak ingin dikirimin uang sama pacar, lalu dirimu ketergantungan

“Aku masih ada uang kok, Yang santai aja sih” via unsplash.com

Pacar sering khawatir kalau di perantauan ternyata pasangan sedang tak pegang uang. Kekhawatiran kekasihmu malah bikin kamu khawatir juga, daripada repot meyakinkannya akhirnya kamu memilih berbohong dan pinjem duit teman.

6. Lucunya ketika pacar ketahuan bohong kamu mesti bohong juga, biar tak ada masalah kita terpaksa bilang “iya, nggak apa-apa kok”

Terpaksa bohongi perasaan sendiri via unsplash.com

Kadang kita mesti bohong soal perasaan biar masalah tak menjadi lebih rumit. Rasa sayang mengakibatkan kamu harus membohongi perasaan sendiri, terpaksa bohong ketika pacar di sana ketahuan berbohong. Kamu cuma bisa bilang “iya nggak apa-apa aku tahu kok mungkin aku yang terlalu mengekang”. Pffft.

7. Saat telat balas pesan atau nggak angkat telepon ngakunya Hp ketinggalan, padahal sedang malas saja untuk melakukannya

Ngakunya hape ketinggalan, padahal malas-malasan di kasur via unsplash.com

Kebosanan pasti akan datang, pasti tiba waktunya kamu bosan tetapi juga pasti rasa bosan itu akan menghilang. Nah, saat bosan dan malas melanda, kamu memilih bohong demi menuntaskan kebosanan daripada terpaksa berkomunikasi dengannya malah hilang kendali lalu emosi.

8. Padahal biasa saja tapi ngakunya kangen banget. Demi hubungan yang langgeng dan kuat nih!

“Hmmmm iya aku kangen …” via unsplash.com

Hubungan jarak jauh memang bikin rindu, tapi ada kalanya biasa-biasa saja dan tak menyimpan rindu berlebih. Mirisnya, ketika dia bilang lagi kangen banget denganmu kamu terpaksa bohong membalasnya dengan menyatakan kamu juga sedang rindu. Bohong yang seperti ini tak apa sih selama masih dalam batas wajar bias hubungan tetap baik dan langgeng.

Semoga apa yang kalian cita-citakan bisa tercapai. Kebohongan-kebohongan kecil yang pernah terjadi semoga lantas berkurang karena bagaimana pun kebohongan tak baik rasanya jika terus menerus dilakukan. Hubungan jarak jauh yang kamu jalani akan menemui banyak sekali rintangan, tak mudah memang tapi semua yang diperjuangkan pasti akan menghasilkan kebaikan. Kalian sungguh spesial, semua rasa yang tercurahkan, dari saling percaya sampai kekuatan untuk saling menjaga perasaan tak akan pernah sia-sia.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya