Menekan ego sendiri adalah salah satu hal yang penting dilakukan jika kamu sedang berada dalam suatu hubungan. Menahan diri untuk nggak memaksakan kehendak sendiri adalah hal yang wajib dilakukan kalau kamu mau hubunganmu lancar jaya. Sebab nggak selalu yang kamu kehendaki sesuai dengan apa yang diinginkan oleh dia yang tercinta.

Meski telah menyadari bahwa menahan ego itu penting, disadari maupun nggak, terkadang kamu masih lalai dan bersikap kekanak-kanakan saat sedang berduaan dengan pacar. Bermanja-manjaan sekali-dua kali mungkin nggak apa-apa, tapi jika dilakukan terus menerus pacarmu bisa jenuh juga. Maka dari itu sebelum pacarmu jengah dan menyebutmu kekanak-kanakan, ada baiknya kalau kamu berhenti melakukan 6 sikap yang sering kamu lakukan tnpa sadar ini.

1. Ke mana-mana selalu minta diantar atau ditemani nggak hanya mencerminkan sifat kekanak-kekanakan, tapi juga krisis kemandirian

Ke mana-mana minta ditemenin via miignon.com

Advertisement

Memang nggak ada yang lebih menyenangkan jika selalu bisa diperlakukan bak ratu oleh pacar. Mau ke mana saja bisa minta diantar, mau belanja bisa minta ditemani, mau makan bisa dijemput dan ditemani bareng pacar.

Keistimewaan inilah barangkali yang menjadi keuntungan punya pasangan. Tapi yang perlu diingat adalah hal itu nggak bisa kamu lakukan terus-terusan. Pacarmu juga punya kehidupan lain yang perlu dia jalani sendiri. Nggak baik memaksakan keinginanmu untuk bareng terus dengan mengorbankan urusan pasangan. Selain kekanak-kanakan, itu juga cerminan pribadi yang krisis kemandirian.

2. Mudah cemburu melihat pacarmu menghabiskan waktu dengan temannya, mencerminkan kamu nggak siap hidup berdampingan dengan dunianya

Nggak siap hidup berdampingan via www.pexels.com

Cemburu memang indikator cinta, tapi cemburu berlebihan bisa jadi masalah dalam hubungan. Batas cemburu harus jelas; kalau pacarmu jalan dan bermesraan dengan cewek lain kamu pantas melakukannya. Tapi kalau dia hanya bersenang-senang dengan temannya, atau ada urusan dengan rekan kerja terus kamu cemburu, ini jelas salah.

Advertisement

Berlebihan dalam kecemburuan apabila dibiarkan akan membuat pasanganmu nggak nyaman menjalani hubungan denganmu. Cemburu semacam ini cerminan kamu nggak siap hidup berdampingan dengan dunianya, salah satunya ya lingkungan pertemanannya.

3. Meminta password akun medsos pasangan juga representasi dari sikap kekanak-kanakan yang selalu nggak percayaan

Nggak percayaan via www.unsplash.com

Percaya terhadap pasangan sangat penting dalam hubungan. Maka dari itu agaknya berlebihan jika kamu merasa perlu untuk mengetahui password akun media sosial pasanganmu. Memang sih niatnya buat memantau pasangan, tapi kenapa harus sampai kayak mengambil alih medsos segala? Kan bisa dipantau tanpa harus tahu password medsosnya. Ingat, akun media sosial termasuk dalam privasi miliknya.

4. Mudah ngambek karena hal-hal sepele sama halnya dengan anak SD yang nggak tahan melihat kenyataan yang nggak sesuai keinginan

Ngambekan via www.pexels.com

Mudah ngambek karena hal sepele juga menjadi sikap yang mencerminkan kekanak-kanakan. Kalau kamu masih suka marah kalau pasanganmu salah membelikan makanan, nggak jadi malam mingguan, nggak ditemani belanja, dan beragam hal sepele lainnya. sebaiknya segera kamu ubah kebiasaan tersebut kalau kamu nggak mau hubunganmu berakhir dengan waktu yang singkat.

5. Nggak mau pisah dan maunya berduaan terus seperti anak kepada ibunya jelas sikap yang mesti dihilangkan

Rasanya tentu menyenangkan apabila bisa hidup berdampingan dengan orang yang tersayang. Tapi kamu nggak bisa selalu minta berduaan dengannya terus-terusan sebagaimana anak kepada ibunya. Selain karena itu bisa membuat pasanganmu nggak nyaman, juga karena lama-lama dia bisa bosa denganmu karena sering ketemu. Kamu mesti ingat bahwa ia juga punya kehidupan lain yang perlu diurusi, nggak hanya kamu saja.

6. Melarang-larang pasangan melakukan ini-itu pun ceriminan sikap kekanak-kanakan. Nggak heran kalau pasanganmu suka nggak betah kalau sedang berduaan

Melarang-larang via www.unsplash.com

Aku nggak suka kamu ngerokok?

Kenapa?

Nggak suka saja. Aku juga nggak suka kamu main sama Andrall.

Kalau kamu bertanya-tanya kenapa pacarmu akhir-akhir ini malas bertemu denganmu, cuek, lebih suka menghabiskan waktu dengan orang lain, boleh jadi bukan karena ia udah nggak cinta denganmu, tapi barangkali karena sikapmu yang suka melarang-larangnya.

Dalam berhubungan, seringkali orang suka mengambil kesimpulan tersendiri tentang apa yang baik untuk pasangan hingga tanpa disadari ia membatasi ruang gerak pasangan. Inilah yang mungkin terjadi dalam hubunganmu. Ia yang berubah sikap belakangan ini boleh jadi karena kamu yang terlalu mencampuri urusannya. Coba deh ingat lagi apa yang telah kamu lakukan.

Menjaga keutuhan hubungan bukanlah hal yang mudah, tapi nggak juga susah, ada seninya tersendiri. Kamu cuma butuh ketelatenan dan kesabaran dalam menjalani hubungan dengan dia yang terkasih. Dan jangan pula lupakan untuk menekan ego sendiri dihadapan pasangan agar kamu nggak melakukan kesalahan sikap-sikap yang telah diuraikan di atas. Salah-salah kamu nanti dibilang kekanak-kanakan oleh pacarmu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya