Pacaran jarak jauh itu tak hanya sulit, tapi kadang menjenuhkan. Kamu dan pasangan terpaksa menyerah pada rindu. Pada kekhawatiran-kekhawatiran yang kadang tak perlu. Selain itu, kadang rasa cemburu datang begitu saja mengusik hubungan yang sebelumnya baik-baik saja. Bulan berganti bulan, bertambah panjang pula kenangan yang dilalu. Hingga akhirnya kalian berdua sadar bahwa hubungan tahunan ini perlu diakhiri dengan manis, sementara rasa sakit masih menyelubungi hati karena kepastian tak kunjung datang.

Tapi  masih ada jalan untuk membuat semuanya sejalan dengan akal pikiran kalian. Daripada kamu dan pasangan malah jatuh tanpa kepastian baiknya utarakan semua niat baik masing-masing dari kalian. Hubungan yang lama terjalin apalagi dalam keadaan LDR ini mungkin akan meragukan. Kalian takut banyak hal yang tak sejalan dengan harapan. Keraguan seperti perubahan sikap pasangan yang tak terduga jadi masalah serius. Lain hal lagi, hal yang lebih menakutkan berupa rahasia-rahasia yang selama ini tak diketahui pasangan. Jangan ragu karena setiap niat baik akan selalu berakhir dengan penuh kebaikan untuk kalian.

1. Segera bikin komitmen konkret, jangan buat hubunganmu mengambang dan tak tentu arah

Pastikan kamu dan pasangan punya komitmen yang lebih konkret dan dirawat bersama. via unsplash.com

Advertisement

Janji-janji kecil sudah sering kalian penuhi selama bertahun-tahun lamanya sejak awal pacaran dulu. Kali ini hal yang lebih penting mesti harus dipikirkan, komitmen yang kuat harus segera dibangun. Janji-janji seperti menetapkan tahun pernikahan sampai kesadaran untuk menabung harus segera dibangun.

2. Buat lah sebuah janji saat momen perpisahan tiba, pastikan kalian siapkan tanggal untuk memulai pertemuan selanjutnya

“Kita ketemu lagi bulan depan ya!?” via unsplash.com

Pastikan ada hal manis setiap kali pertemuan berakhir dengan perpisahan. Janji manis untuk segera bertemu kembali penting artinya. Meski kecil dan dianggap remeh tapi di situ lah awal lahirnya keoptimisan.

3. Meski terpisah ribuan kilometer, tetapi momen q-time harus tetap ada, video call dengan saling membagi cerita selama seminggu mungkin

Tampil kayak lagi kencan di kehidupan nyata! Nggak masalah kok! via unsplash.com

Kalian sebenarnya sadar rindunya masing-masing pasangan. Ritus telepon sampai video call sering kalian lakukan. Tapi ada baiknya itu dikombinasikan dengan kuantitas waktu dan kualitas pembicaraan Tak berlebihan kok ajang video call kalian dibuat lebih menarik layaknya acara malam mingguan seperti pasangan kebanyakan di luar sana.

4. LDR tahunan bisa bikin kamu bosan, pastikan sering bikin topik pembicaraan yang menarik

Bikin topik pembicaraan yang menarik biar nggak cepat bosan. via unsplash.com

Advertisement

Bosannya LDR adalah perihal komunikasi yang berhenti di level “itu-itu saja”. Kamu perlu membuat hubungan jadi lebih menarik dan menyegarkan dengan topik menarik yang senantiasa kamu bangun. Pacaran tahunan pastinya memberikan pengalaman menarik dengan pasangan. Kalian bisa membuat topik pembiacaraan sembari mengenang masa-masa indah yang pernah kalian jalani.

5. Pastikan selalu hindari obrolan soal masa lalu yang buruk, jangan ungkit perilaku buruk pasangan

Kenang-kenang saja yang indah-indah via unsplash.com

Hubungan jarak jauh membuat ritus kencan kalian tak bisa bertatap muka secara langsung, atau memegang tangannya. Kalau kalian menyadari ini, pacaran tahunan versi LDR tak bakal berakhir buruk. Kuncinya, saat ngobrol jangan sekalipun memancing kemarahan pasangan dengan membahas keburukan di masa lalu.

6. Jangan hanya perhatian ke pasangan yang sedang merantau itu, kamu juga perlu kasih perhatian kepada keluarganya

Habiskan waktu bersama calon mertua sementara kekasih sedang di perantauan. Biar aman via unsplash.com

Sudah bertahun-tahun kamu ditinggalkan pasangan untuk pergi merantau. Kalian yang terjebak dalam situasi ini jadi pesimis karena jalinan kasih kalian mulai luntur. Jangan ragu, kencangkan lagi tali yang mengendur, kalau tak bisa bertatap langsung dengan pasangan, jalinlah keakraban dengan keluarganya di rumah.

7. Jangan cuma menabung rindu, kamu juga harus peka sama masa depanmu. Mulai menabung biar pasangan percaya kalau dirimu serius

Jangan cuma rindu dan nelangsa di pojokan via unsplash.com

Dalam hubungan jarak jauh, terutama cewek butuh sekali kepastian. Cowok bisa memulainya dengan ajakan untuk menabung buat hari depan yang lebih benderang. Jangan cuma rindu yang ditabung, kalian harus mulai menyisihkan uang untuk kepastian hubungan yang lebih serius. Ini romantis banget!

8. Jauhkan sifat posesif, sudah saatnya di hubungan tahunan seperti ini dilandasi kepercayaan, biar nggak penuh kecurigaan

Jangan selalu curiga via unsplash.com

Hal yang bisa meruntuhkan keyakinan pada kalian saat masa LDR sudah bertahun-tahun adalah rasa curiga. Kepercayaan yang bertahun-tahun terbangun pun runtuh jika kalian percaya dengan kabar burung yang belum pasti. Percaya dalam hati bahwa pasanganmu selalu menjaga perasaan dan hati masing-masing. Sudah saatnya menguatkan kembali kepercayaan.

Hubungan jarak jauh ini baiknya kamu rawat baik-baik karena kenangan bertahun-tahun lalu sungguh terlalu indah untuk dinodai dengan perpisahan. Sebelum melanjutkan ke hal yang lebih serius, baiknya kamu dan pasangan mendekatkan diri, menjalin banyak pertemuan dan menunaikan waktu-waktu bersama dengan berkualitas. Hubungan yang berjalan selama ini bisa saja mengagetkanmu kalau tahu-tahu kamu menikah tanpa aba-aba. Jangan pesimis, pastikan kamu dan pasangan masih memegang satu kepercayaan yang menjaga hubungan kalian tetap kuat dan sehat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya