Hampir setiap orang pasti mempertimbangkan bibit, bebet, dan bobot ketika akan menjalin hubungan spesial dengan orang lain. Mulai dari penampilan, karakter, kebiasaan, hingga profesinya. Tak sedikit orang kemudian  jatuh cinta kepada teman satu pekerjaannya. Menurut mereka, menjalin asmara dengan orang yang seprofesi akan membuat berbincangan jadi lebih nyambung. Hal ini katanya bisa meminimalisir kesalahpahaman yang mungkin terjadi kalau mereka tidak sepaham.

Banyak orang lalu menganggap hubungan beda profesi malah akan membawa banyak ketidakcocokan karena lingkup pemahamannya juga akan berbeda. Padahal punya pasangan beda profesi bisa memberikan banyak keuntungan lho, tentu jika kamu jeli memanfaatkannya. Tak perlu ragu kalau kamu sekarang sedang dekat dengan seseorang yang bukan satu keahlian denganmu. Karena 5 keuntungan ini justru bisa kamu peroleh secara cuma-cuma. Yuk, simak rangkuman Hipwee Hubungan berikut ini.

1. Punya pasangan beda profesi bisa buat pengetahuanmu makin luas, karena terbiasa diskusi tentang hal yang berbeda

Diskusi hal-hal baru via www.thepennyhoarder.com

Advertisement

Kalau pasanganmu satu profesi denganmu, masalah yang kalian hadapi tentu hanya seputar bidang yang sama. Lain halnya kalau kalian bekerja di bidang yang berbeda. Jangan dulu berpikir kalau kalian tidak akan nyambung. Justru berbincang dengan pasangan yang berbeda later belakang karirnya, kamu bisa memperluas wawasan. Karena bisa jadi topik yang dibahas pasanganmu, belum kamu ketahui, atau perspektif kamu bisa jadi pun belum pernah diketahui pasanganmu ini.

2. Lingkaran pertemananmu akan lebih luas karena terbiasa bergaul dengan teman-teman seprofesi pasanganmu

Lingkaran pertemanan makin luas via purposefilledmommywithminimarie.com

Secara logika, menjalin hubungan dengan seseorang otomatis juga akan memperluas pertemananmu. Tapi hal tersebut akan semakin terasa jika pasanganmu berada di dunia pekerjaan yang berbeda denganmu. Kamu akan mengenal lebih banyak orang di lingkar pertemanan pasanganmu karena terbiasa bergaul dengan mereka. Bukan tidak mungkin kalau suatu saat kamu akan bekerjasama dengan mereka dalam satu proyek. Karena sudah kenal sebelumnya kamu jadi bisa lebih mudah mengerjakannya.

3. Pemahamanmu soal profesi lain juga akan semakin bertambah. Kamu jadi terhindar dari kebiasaan menghakimi

Memahami profesi lain via www.firstalliancecu.com

Tak jarang orang akan menghakimi profesi tertentu. Dibilang tidak menjanjikan lah, tidak keren lah, atau membosankan. Dengan memiliki pasangan yang beda profesi, kamu bisa lebih memahami pekerjaan lain yang berbeda dengan bidangmu. Mungkin kamu yang awalnya menghakimi, berubah jadi lebih menghargai. Karena biar bagaimanapun, semua pekerjaan asal dilakukan sesuai norma, tentu sah-sah saja kok dilakukan.

4. Cara berpikirmu jelas akan berbeda dengan mereka yang punya profesi sama dengan pasangannya, soalnya kamu terbiasa bertukar pikiran

Bisa berpikir lebih kritis via dissolve.com

Advertisement

Perbedaan topik, gagasan, argumen satu sama lain jelas akan menuntun cara berpikir yang lebih luas. Kebiasaan bertukar pikiran ini akan membiasakan kamu berpikir melalui berbagai sudut pandang. Bukan tidak mungkin suatu saat kamu jadi bisa lebih kritis saat diskusi di tempat kerja. Cara berpikir yang tajam tentu akan berguna bagi seseorang, misalnya untuk mengambil keputusan-keputusan penting di masa depan.

5. Alih-alih tak cocok, justru dengan profesi yang berbeda kamu dan pasangan akan saling melengkapi satu sama lain

Saling melengkapi satu sama lain via twitter.com

Jangan dulu ragu jika gebetan atau pasanganmu berbeda profesi denganmu. Mungkin kamu salah satu orang yang berpikir kalau pasangan beda pekerjaan akan menimbulkan ketidakcocokan satu sama lain, yang disebabkan oleh pemahaman, pengalaman, dan masalah yang juga berbeda. Padahal, perbedaan itu justru akan membuat kamu saling melengkapi satu sama lain. Bukannya perbedaan justru membuat kalian kaya?

Nah, jadi buat kamu yang masih sering dilanda kegundahan karena tidak seprofesi dengan gebetan, tak perlu ragu lagi. Karena semakin latar belakang kalian berbeda, maka semakin kuat dan berkualitas pula hubungan kalian!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya