Cinta bisa saja menghanyutkanmu ke muara paling indah, tapi cinta juga bisa menahanmu pada arus menegangkan penuh bebatuan.

Kamu yang sedang memendam rasa cinta dalam hati, tak ada yang lebih indah kecuali perasaanmu itu. Tak bakal ada yang bisa mengalahkan kebahagiaan hati karena cinta. Cinta, luar biasa, karenanya kita sering menyerahkan hidup serampangan, yang penting tetap dalam keadaan cinta. Tapi daripada menahannya dalam hati, baiknya cinta diberi ruang untuk mengungkapkannya.

Advertisement

Hatimu yang sedang kasmaran karena jatuh cinta pada seseorang pasti sedang harap-harap cemas. Tapi di lain sisi kamu juga bingung untuk menyatakan cinta, kamu takut cintamu ditolak. Kamu takut cintamu berbalas dengan rasa benci, tapi begitulah cinta. Tak semestinya semua hal berjalan sesuai rencana, tapi kamu masih bisa merasakan keindahannya. Jangan jadikan rasa cinta yang kamu pendam malah membuatmu hilang semangat, terlihat malas dan malah mengalami kemunduran produktifitas menjalani aktivitas.

1. Menulislah, niscaya dengan menulis hal-hal yang tertahan akan lunas di selembar kertas dengan keindahan

Menulis dan ungkapkan isi hatimu via unsplash.com

Dengan menulis kamu bisa megungkapkan isi hatimu. Kamu yang lagi jatuh cinta pasti banyak kata-kata ajaib di hatimu yang ingin kamu ungkapkan. Bayangkan jika semua hal yang harusnya keluar malah tertahan, maka bisa jadi sesuatu yang mengganjal dan itu tidak enak, nggak lega. Kalau kamu peduli dengan hatimu, maka jangan biarkan dia menampung beban sendiri.

2. Jangan cuma liat-lihat timeline media sosial, kamu bisa mulai mengunggah hal lucu yang bisa menggambarkan rasa cintamu

Update yang lucu-lucu biar dia tahu kalau kamu naksir via unsplash.com

Sekarang ini banyak orang yang nyinyir jika ada seseorang yang curhat di media sosial. Padahal, hal ini wajar sebatas tak mengumbar aib seseorang. Kamu bisa manfaatkan media sosial untuk curhat, mengungkapkan perasaan, dan memang pada dasarnya manusia ingin selalu diperhatikan.

3. Nikmati perasaan kasmaran dengan mendengarkan lagu bahagia. Sebab cinta bisa jadi mediamu hilangkan stres dan kelelahan

Kasmaran sekalian refreshing, Guys! via unsplash.com

Advertisement

Kamu bisa dengarkan musik atau apapun untuk menghilangkan stres. Rasa cinta bikin kamu bahagia, jadikan kesempatan ini beristirahat dan mengisi tenaga. Daripada kamu malau-malu mengungkapkan cinta, sembari menunggu waktu yang tepat tak ada salahnya mengubah rasa kasmaran jadi media untuk beristirahat.

4. Ceritakan ke sahabat yang paling kamu percaya, biarkan cintamu ini dapat dukungan

Yang paling kamu butuhkan saat ini adalah dukungan, daripada diyinyirin via unsplash.com

Manusia butuh diperhatikan, termasuk kamu. Selain itu dalam gerak sosialnya, sebenarnya manusia butuh dukungan, apalagi jika perasaannya sedang rapuh-rapuhnya. Seperti saat jatuh cinta tapi tak bisa mengungkapkannya, baiknya cari sahabat yang bisa dipercaya deh. Mungkin temanmu tak ahli urusan cinta, tetapi paling tidak kamu bisa mengurangi kekalutanmu dengan bercerita tentang kamu dan dia.

5. Kenapa kamu tak coba megungkapkan perasaanmu kepadanya? Ungkapkan dengan tulus, tawarkan kebaikan dirimu kepadanya

Nyatakan cintamu! via unsplash.com

Jiak semua solusi nggak menemukan kelegaan, mungkin kamu perlu mengungkapkannya. Siapkan kalimat terbaik untuk mengungkapkannnya, jangan selalu merendahkan diri, ubah itu kepercayaan diri yang kuat. Tawarkan kemampuanmu kepada dia yang kamu cintai, berikan janji dan usaha biar dia juga merasa kamu memang serius.

6. Ingat! Sebelum mengungkapkan perasaan ada baiknya kamu siapkan mental. Jadi kalau sampai ditolak tak sampai sakit hati parah

Harus siap kalau sakit hati karena bertepuk sebelah tangan via unsplash.com

Sebelum kamu terlanjut ditolak atau mengalami kegagalan selepas menyatakan cintamu. Kamu perlu mengenal segala risikonya, tak cukup kalau cuma sekadar “tahu” saja, kamu perlu mengenal rasa sakit yang akan kamu terima saat nanti kamu ditolak. Kalau kamu sudah memahami risikonya, pastikan jangan pernah sedih atau kecewa kalau kamu gagal dalam mendapatkan orang yang kamu suka.

Dalam keadaan apapun, soal cinta baiknya jangan terlalu lama dipendam sendiri. Kamu perlu mengungkapkan itu pada orang yang kamu percaya, mereka bisa membantumu memecahkan masalah biar kebahagiaan itu bisa menemui rumahnya yang lebih besar. Siapa tahu kamu malah dapat bantuan yang mengantarmu pada orang yang kamu cintai itu. Tapi, janga terlalu berharap terlalu tinggi, bagaimanapun kamu harus mengenal risiko biar kamu siap mental. Optimis deh, yang penting rasa cintamu itu adalah bentuk kebaikan yang manusiawi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya