Kalian,pasti pernah dong mendengar tentang jalanan angker yang sering memakan korban jiwa? Mungkin sebagian dari kamu menganggap kisah tersebut direkayasa karena toh kecelakaan lalu lintas umumnya murni terjadi karena kesalahan manusia. Entah itu sopir yang mengantuk, tidak mematuhi rambu atau aturan jalan, hingga kurangnya perawatan pada kendaraan yang digunakan.

Namun ada juga, lho, orang yang percaya kalau kecelakaan tersebut disebabkan oleh makhluk halus. Ya, mereka mengklaim beberapa jalanan di Indonesia itu ada penunggunya . Kalau tidak, kenapa kecelakaan selalu terjadi di jalanan yang sama? Aneh bukan? Beberapa saksi mata pun mengaku pernah melihat penampakan hantu di sana.

Aduh, ngeri juga ya kalau itu beneran! Lalu, jalanan mana saja sih yang mendapatkan predikat angker? Simak yuk daftarnya di bawah ini.

1. Tol Cipularang KM 90—100

cipularang

cipularang via https://geogle.co.id

Kerap terjadi kecelakaan maut di jalan tol yang menghubungkan Kabupaten Purwakarta dan Bandung ini. Menurut penduduk setempat, kecelakaan terjadi karena “penunggu” tempat tersebut marah kepada pihak-pihak yang telah menutup akses peziarah ke petilasan mereka di sekitar Gunung Hejo. Meskipun sudah ada penjelasan ilmiah terkait penyebab kecelakaan, orang-orang tetap percaya bahwa jalur ini memang tempatnya para makhluk gaib.

2. Cadas Pangeran, Sumedang, Jawa Barat

Cadas Pangeran memiliki sejarah kelam di masa lalu. Ya, jalanan ini dibangun pada masa pemerintahan Daendels dan banyak pribumi yang dikerahkan sebagai pekerja rodi. Letaknya yang berada di pinggir tebing dengan jurang yang dalam, tak sedikit menelan korban jiwa dari kalangan pekerja rodi. Inilah yang menyebabkan tempat tersebut angker. Selain itu, banyak kejadian aneh di luar nalar yang kerap terjadi di jalan tersebut seperti bayangan orang yang menyeberang tiba-tiba, mesin mobil tiba-tiba mati, hingga penampakan para korban kecelakaan di sekitar tikungan.

3. Tanjakan Pengantin, Garut, Jawa Barat

pengantin

pengantin via https://geogle.co.id

Advertisement

Jalanan ini memang terletak di bibir gunung atau perbukitan dengan tikungan tajam dan kabut seringkali turun. Namun, penduduk setempat merasa bukan itu penyebab kecelakaan yang kerap terjadi di sana. Konon, jalan ini diberi nama “Tanjakan Pengantin” karena korban kecelakaan kebanyakan adalah rombongan pengantin. Bahkan penduduk setempat menyebut jalan ini dengan nama “Buntel Mayit”! Waduh, kok ngeri ya

4. Terowongan Casablanca

casablanca

casablanca via https://geogle.co.id

Terowongan yang berada di Jalan Basuki Rahmat Jakarta Timur ini sampai pernah dibikin film, lho, saking angkernya. Terowongan ini memang dibangun di atas tanah perkuburan. Konon, banyak pengemudi yang melihat sosok nenek-nenek atau perempuan cantik tiba-tiba menyeberang jalan. Inilah yang menyebabkan pengendara motor atau mobil banting stir dan menabrak pembatas jalan. Nah, kalau lewat sini ada baiknya pengemudi menyembunyikan klakson biar enggak diganggu.

5. Jembatan Semanggi

Ini juga enggak kalah menyeramkan dari Terowongan Casablanca yang dibangun di atas kuburan. Karena sering terlihat penampakan korban-korban tragedi Semanggi di tahun 1998 silam. Hii, seraaam!

6. Tanjakan Emen, Subang, Jawa Barat

Advertisement

Menurut mitos yang beredar, seorang sopir pemberani bernama Emen sering melewati jalan raya Bandung—Subang di tahun 1960-an. Ya, jalanan tersebut sepi mencekam, belum seramai sekarang. Namun naas, Emen mengalami kecelakaan di kawasan Ciater. Mobilnya terbalik dan dia terbakar hidup-hidup di dalamnya. Konon, arwah Emen gentayangan mengganggu pengemudi lewat. Rem tiba-tiba blong atau mobil yang tak bisa dikendalikan dianggap sebagai perbuatan “Emen”. Agar terhindar dari hal-hal mistis, pengguna jalan membuang sebatang rokok saat melewati jalan tersebut.

7. Jalan Tongkeng, Bandung, Jawa Barat

Warga Bandung mungkin enggak asing dengan jalanan yang satu ini. Siapa pun yang melewati jalan ini di atas pukul 11 malam, hemm, siap-siap mental ya. Karena penampakan hantu prajurit Belanda tanpa kepala kerap terlihat. Katanya nih, kalau Kawan Muda bunyiin peluit malam-malam di sana, si hantu bakal menghampiri kamu menanyakan kepalanya. Hayoloh, berani enggak? Hehe…

8. Alas Roban

Pemandangan di sepanjang jalan Alas Roban memang indah dan teduh. Namun hati-hati dengan tikungannya yang terkenal angker. Ya, menurut pengakuan pengguna jalan, mereka pernah melihat nenek-nenek tua dan prajurut Belanda tanpa kepala menampakkan diri di jalan tersebut. Kecelakaan yang pernah terjadi pun disebabkan pengemudi melihat sebuah warung di depannya, padahal itu jurang. Hieey!

9. Tikungan Amoy, Deli Serdang, Sumatera Utara

Di tahun 1970-an, sebuah mobil yang ditumpangi perempuan Tionghoa jatuh ke jurang. Setelah kematiannya, banyak kejadian enggak wajar yang terjadi seperti mobil yang tiba-tiba mogok atau ada sosok perempuan memakai cheongsam duduk di belakang motor atau kursi belakang mobil. Waduh, kok hantunya usil begini, ya.

10. Jembatan Benteng, Kalimantan Barat

Menurut pengakuan pengguna jalan, mereka kerap melihat sosok kuntilanak melayang sambil menyeret peti mati dengan rantai. Setelah penampakan kuntilanak membawa peti mati, besoknya pasti ada kecelakaan. Dan yang banyak jadi korban adalah pengendara motor. Hati-hati ya guys, kalau kebetulan lewat.Kisah tentang jembatan angker di atas menjadi bukti bahwa manusia enggak hidup sendiri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya