Yang namanya mahasiswa pasti identik dengan namanya bokek alias tidak punya uang. Bokek bisa disebabkan dua hal: kiriman uang dari orang tua yang jumlahnya sedikit atau pengeluaran kita yang terlalu banyak. Jika kamu tidak berasal dari keluarga kaya, pasti rasanya tidak enak jika ingin meminta lagi kiriman uang kepada orang tua. Oleh karena itu kamu harus pintar-pintar mengelola uang, entah itu dengan berhemat atau menghasilkan uang sendiri.

Menghasilkan uang sendiri? Ya, meski hanya punya waktu terbatas karena terbagi dengan jadwal kuliah, mahasiswa masih bisa kok menghasilkan uang sendiri. Asalkan kamu kerja keras dan tahu caranya, tidak begitu susah menghasilkan uang sendiri, apalagi di era internet seperti sekarang. Berikut kami jabarkan pilihan-pilihan pekerjaan part time yang cocok untuk mahasiswa.

1. Bisnis Online Shop Instagram

Online Shop Instagram

Online Shop Instagram via http://time.com

Meski sudah banyak pemainnya, bisnis online shop di Instagram masih cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan pengguna instagram di Indonesia yang banyak dan terus bertambah tiap harinya. Mulai dari anak SD hingga ibu-ibu rumah tangga semuanya ada di Instagram. Tinggal bagaimana cara kamu pintar-pintar berjualan. Jika kamu tidak punya modal untuk menyetok produk sendiri, kamu bisa berjualan dengan cara dropship, yaitu menawarkan produk ke orang-orang kemudian ketika ada pesanan kamu baru memesankannya.

Mencari Produk yang Ingin Dijual

Trik agar produk kamu laku adalah dengan menjual barang-barang yang sedang hits dan banyak dicari orang. Untuk mengetahui produk apa yang sedang populer, kamu bisa membuka situs marketplace dan masuk ke kategori Hot Products. Carilah produk yang kiranya bisa kamu jual di instagram.

Advertisement

Emang bagaimana ciri produk yang laku di Instagram? Beberapa ciri diantaranya adalah:

  • Punya value unik (seperti kosmetik import dari korea)
  • Beratnya ringan (sehingga murah di ongkir)
  • Harga terjangkau (relatif, tergantung jenis produknya)
  • Memiliki foto produk yang bagus (tidak hanya sekedar foto abal-abal dengan kamera HP)

Membuat Akun Instagram

Setelah ketemu produk yang kiranya cocok dijual, buatlah akun Instagram business. Carilah username yang catchy dan brandable sesuai produk yang kamu jual. Misal kamu jualan kosmetik, kamu bisa memilih username @kosmetikgirl (hanya contoh). Sebenarnya bisa saja kamu memilih username yang deskriptif seperti @jualkosmetikjogja. Memang tetap bisa laku, namun username seperti ini tidak bagus untuk jangka panjang.

Advertisement

Hal penting lain saat berjualan di Instagram adalah memiliki feed foto yang rapi dan enak dipandang. Jika feed dan foto produk kamu jelek, calon pembeli akan ragu untuk belanja. Seperti yang dijelaskan melalui poin di atas, penting memilih foto produk yang diambil dengan profesional. Terakhir, jangan lupa juga untuk menaruh contact person di bio Instagram agar calon pembeli tau kemana harus memesan.

Memasarkan Produk

Setelah membuat dan menyusun akun Instagram, saatnya untuk mulai berjualan. Cara pertama paling gampang adalah promosikan akun online shopmu di akun instagram pribadimu. Cara ini efektif jika kamu memiliki followers instagram yang cukup banyak. Kalau kamu memiliki hubungan baik dengan teman-teman kamu, pasti temanmu akan bantu follow online shopmu atau bahkan membeli produkmu, sebagai bentuk dukungan.

Cara kedua adalah dengan follow akun-akun orang lain di list followers kompetitormu. Dengan kamu follow mereka, diharapkan mereka akan tertarik dengan produk yang kamu jual dan klik follow back, atau bahkan langsung membeli. Memang tidak semua yang kamu follow akan follow back, namun dari sekian ratus atau ribu orang yang kamu follow pasti ada sekian persen orang yang follow back.

2. Jualan Kaos

Dari sekian banyak produk yang dijual online, fashion merupakan jenis produk yang terlaris. Kalau kamu jeli, fakta ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan! Kamu bisa memasarkan kaos dengan cara offline ke teman-teman kuliah atau online melalui sosial media dan marketplace.

Cara Produksi Kaos

Kalau kamu tau caranya, ternyata memproduksi kaos tidak begitu sulit lho! Kamu tinggal membuat desain kaos lewat software seperti Adobe Illustrator atau Corel Draw. Tidak jago desain? Cobalah belajar dengan membaca artikel-artikel tutorial di Google atau bisa juga dengan menonton video di Youtube. Jika tidak punya waktu, kamu bisa meminta tolong teman kamu yang jago desain dengan iming-iming komisi jika kaos kamu laku.

Setelah desainnya jadi, bawalah desain kamu ke produsen kaos lokal di kotamu. Biasanya produsen kaos mematok minimal pesan 1 lusin atau 12 pcs dengan harga sekitar Rp 40rb per pcs, tergantung desain dan bahan kaosnya.

Jika kamu tidak punya modal yang cukup untuk produksi kaos, alternatifnya kamu bisa memasang pre order. Namun harap diingat, dengan banyaknya pilihan seperti sekarang, jarang ada orang mau membeli kaos pre order, biasanya orang lebih memilih kaos yang ready stock.

Jalan keluarnya kamu bisa pesan kaos satuan di produsen yang menerima pesanan kaos satuan. Memang sih harganya lebih mahal, tapi dengan cara ini kamu tidak perlu modal uang banyak.

3. Guru Les Privat

Guru Privat

Guru Privat via http://www.londonpo.com

Jika menurut kamu membuka bisnis sendiri itu susah, kamu bisa memilih alternatif pekerjaan ini: menjadi guru les privat. Kamu bisa memperoleh puluhan ribu hingga ratusan ribu tiap sesinya, tergantung tingkat kesulitan mata pelajaran. Guru Les Privat SBMPTN biasanya dibayar paling mahal.

Namun jangan lupa ukur kemampuan diri sendiri ya! Jika kamu tidak jago di bidang fisika ya jangan memaksa diri menjadi guru les fisika untuk anak SMA. Pilihlah bidang studi yang kamu kuasai.

4. Pengemudi Ojek Online

pengemudi ojek online

pengemudi ojek online via https://kurva.co.id

Jika kamu punya motor sendiri, alternatif pekerjaan sampingan lain adalah menjadi pengemudi ojek online. Enaknya menjadi pengemudi ojek online, kamu memiliki waktu fleksibel kapan ingin bekerja. Meski keliatannya simple, namun menjadi driver online tidak semudah keliatannya lho! Kamu harus rela berpanas-panasan menunggu orderan dan mengantar penumpang. Tak sedikit juga ketemu dengan penumpang yang menyebalkan dan bikin hati kesal. Namun itu namanya resiko pekerjaan.

Sebelum mendaftar, pastikan dulu perusahaan ojek online sedang membuka pendaftaran di kotamu. Karena jumlahnya sudah terlalu banyak, pendaftaran ojek online sering buka-tutup, terutama di kota-kota besar.

5. Penulis Artikel

Penulis Artikel

Penulis Artikel via http://www.google.com

Menulis adalah pekerjaan yang mudah, benar? Belum tentu. Memang semua orang bisa menulis, tapi tidak semua bisa menulis dengan baik. Termasuk menjadi penulis artikel. Tapi kamu selalu bisa berlatih menjadi penulis artikel baik hingga menghasilkan uang.

Di era internet seperti sekarang pekerjaan menulis artikel sangat dicari. Perusahaan mencari penulis artikel yang sanggup untuk menghasilkan tulisan yang enak dibaca dan SEO friendly. Jika kamu merasa sanggup, kamu bisa menjadi penulis artikel lepas atau istilahnya freelancer. Untuk mencari pekerjaan menulis, kamu bisa membuka website-website freelancer. Biasanya satu artikel dihargai mulai puluhan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jumlah kata dan reputasi penulis.

6. Social Media Influencer

Social Media Influencer

Social Media Influencer via https://www.socialmedia.biz

Seiring naiknya popularitas sosial media muncul pekerjaan baru yang dinamakan Social Media Influencer. Mereka yang menjadi influencer biasanya memiliki jumlah followers yang banyak dan setia. Sekarang banyak perusahaan memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk mereka karena dinilai lebih efektif daripada sekedar iklan biasa.

Kalau kamu rajin upload konten di media sosial dan punya followers banyak, kamu bisa menjadi social media influencer. Untuk satu kali post endorse bisa dihargai mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jumlah followersnnya. Meski kelihatannya mudah, namun kenyataannya belum tentu lho! Influencer harus rajin upload konten di sosial media mereka hampir tiap hari agar mendapatkan engagement tinggi dan followers baru.

7. Barista

Barista Mahasiswa

Barista Mahasiswa via https://freepik.com

Cafe sekarang sedang ngetrend-ngetrendnya di kalangan masyarakat urban. Hal ini menyebabkan menjamurnya cafe di seluruh penjuru kota. Setiap cafe pasti memerlukan barista alias peramu kopi. Maka tidak heran jika banyak terdapat lowongan sebagai barista. Bahkan beberapa cafe menyediakan lowongan part time untuk mahasiswa lho! Oleh karena itu tidak ada salahnya kamu melamar pekerjaan ini.

Tidak bisa meracik kopi? Tidak masalah! Biasanya cafe akan melakukan training kepada barista baru. Tapi memang lebih mudah melamar jika kamu sudah berpengalaman meracik kopi.

8. Blogger

Menulis Blog

Menulis Blog via https://d5creation.com

Selain menjadi penulis artikel lepas, kamu juga bisa menjadi penulis untuk blog milik sendiri! Pilihlah topik yang kiranya dicari banyak orang. Kamu bisa memanfaatkan tools seperti Google Keyword Planner atau Ubersuggest untuk menentukan topik apa yang memiliki banyak pembaca. Untuk panduan bagaimana menulis artikel blog yang baik, kamu bisa membaca artikel-artikel pedoman yang dapat kamu cari di Google.

Terus darimana dapat uangnya? Kalau pembaca blog kamu sudah banyak, kamu bisa memasang iklan Google Display di blogmu. Selain itu, kamu bisa juga mendapatkan request sponsored content dari brand-brand tertentu yang berhubungan dengan topik blog kamu.

9. Bermain Saham

Untuk yang satu ini memang agak susah karena diperlukan modal dan ilmu yang cukup tinggi. Tapi ilmu bermain saham bisa dipelajari dengan rajin membaca artikel-artikel panduan dan buku-buku yang berhubungan. Setelah mulai mengerti cara kerjanya, kamu bisa memulai trading dengan modal yang kecil dulu. Mungkin di awal kamu akan merugi karena belum berpengalaman. Jangan jadikan itu hambatan, tapi modal pembelajaran supaya kamu bisa profit suatu saat. Jika sudah ahli, kamu bisa mengantongi jutaan rupiah tiap bulannya!

10. Joki Game Online

Bermain Game Mobile

Bermain Game Mobile via https://anibee.tv

Game Online Mobile sekarang sedang ngetrend seiring canggihnya HP dan murahnya kuota internet. Mulai dari anak kecil hingga orang dewasa kini bermain game online mobile seperti Mobile Legenddan PUBG. Peluang ini dimanfaatkan beberapa orang untuk membuka jasa joki game online.

Apa itu joki game online? Jadi, tiap game online biasanya memiliki ranking. Semakin lama bermain, semakin tinggi pula ranking player. Banyak orang yang ingin bermain di level tinggi, namun tidak semua orang memiliki waktu untuk menaikkan ranking. Disinilah peluang pekerjaan joki game online. Para joki biasanya mematok harga mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung level dan tingkat kesulitan game.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya