11 Film Korea yang Ternyata Diadaptasi dari Kisah Nyata

Film Korea ini ternyata diambil dari kisah nyata

Dalam beberapa tahun terakhir, pecinta drama Korea di Indonesia mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Tidak hanya drama, Korea juga mempunyai film yang berhasil menarik banyak pecinta Korea untuk menontonnya. Cerita yang disajikan dalam film Korea bisa saja membuat penonton penasaran dan terhanyut dalam cerita. Seringkali menyuguhkan soal percintaan, sejarah, politik, keluarga, tetapi ternyata ada juga beberapa film Korea yang diangkat dari kisah nyata. Berikut beberapa film Korea yang diadaptasi dari kisah nyata: 

Advertisement

1. 1987: When the Day Comes (2017)

Banyak yang mengatakan bahwa film ini hampir mirip dengan tragedi Mei 1998 di Indonesia. Sama halnya dengan tragedi Mei 1998, pada tahun 1987 di Korea Selatan juga mengalami hal tragis dimana ada aksi protes besar-besaran di seluruh wilayah untuk melawan rezim militer demi terciptanya demokrasi.

Film 1987: When the Day Comes ini merupakan film garapan sutradara Jang Joo Hwan yang fokus menyoroti kematian aktivis mahasiswa pro-demokrasi Park Jong Chul yang meninggal dalam sesi interogasi anti-komunis dari kepolisian. Film ini dibintangi oleh Kim Yoon-Seok, Ha Jung-Woo, dan Kim Tae-ri. 

2. Taxi Driver (2017)

Film A Taxi Driver ini menceritakan tentang kediktatoran militer yang terjadi pada 18-27 Mei 1980 di Gwangju, Korea Selatan. Pada waktu itu, mahasiswa dan warga Gwangju melakukan aksi protes kepada pemerintah, namun dengan kejam mereka dibantai habis-habisan oleh para tentara. Setidaknya kurang lebih 600 orang tewas dalam kejadian tersebut.

Kisah ini menggunakan sudut pandang seorang sopir taksi yang diperankan oleh Song Kang-ho. Dia membantu seorang wartawan asal Jerman yang diperankan oleh Thomas Kretschmann yang sedang meliput pemberontakan yang terjadi di Gwangju. Dia meminta untuk diantar pulang pergi ke Gwangju. Film ini berlatar tahun 1980-an. 

3. New Trial (2017)

Advertisement

Film ini diangkat dari kisah nyata sebuah kasus yang kontroversial di lingkup hukum. Dimana kasus tersebut merupakan sebuah kasus cacat hukum mengenai pembunuhan terhadap sopir taksi yang terjadi pada tahun 2000. Akibatnya, seorang remaja berusia 15 tahun dipaksa untuk mengakui pembunuhan tersebut dan terpaksa dipenjara.

Film New Trial yang disutradarai oleh Kim Tae-Yoon ini menceritakan sosok Lee Joon-young yang diperankan Jung Woo yang ingin menegakkan hak Jo Hyun-wo yang diperankan Kang Ha-Neul yang hilang dikarenakan harus mendekam di dalam penjara selama 10 tahun. Dan akhirnya, usahanya bisa terwujud. Pada bulan November 2016 pemerintah Korea Selatan mengajukan pemintaan maaf dan membersihkan kembali nama Jo Hyun-wo.

 

4. Northern Limit Line (2015)

Film ini diambil dari kisah nyata peristiwa pertempuran kedua Yeonpyeong pada tahun 2002. Dimana sebuah kapal patroli Korea Utara melintasi garis batas utara dan diperingatkan untuk kembali oleh kapal patroli Korea Selatan, namun kapal tersebut memaksa untuk melintasi garis batas sehingga terjadi baku tembak yang membuatnya semakin mencekam dan kejadian ini terjadi bertepatan dengan berlangsungnya Piala Dunia 2002 di Korea Selatan.

Film garapan sutradara Kim Hak-soon ini bercerita tentang pertempuran kedua Yeonpyeong pada tahun 2002 dikarenakan tentara Angkatan Laut Korea Utara memasuki perairan Korea Selatan dan menembaki kapal Angkatan Laut Korea Selatan di garis batas utara di Laut Barat. Akibatnya, satu kapal Angkatan Laut Korea Selatan tenggelam, 6 pelaut Korea Selatan tewas, dan setidaknya lebih dari 20 Pelaut Korea Utara tewas sebelum pada akhirnya mereka mundur dari perbatasan. Film ini dibintangi oleh Lee Hyun-woo, Jin Goo, dan Kim Mu-yeol. 

5. Cart (2014)

AsianWiki

AsianWiki via http://asianwiki.com

Film ini terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi pada tahun 2007, dimana para pekerja di sebuah supermarket besar di Korea Selatan tiba-tiba dipecat dan memicu terjadinya pemogokan selama 510 hari. Film yang disutradarai oleh Boo Ji-young ini bercerita tentang insiden dimana sebuah department store besar di Korea selatan secara mendadak memecat sebagian besar pegawainya yang kebanyakan wanita. Kemudian mereka melakukan demo selama 512 hari. Film Cart ini dibintangi oleh Yum Jung-ah, Moon Jung-hee, dan Do Kyungsoo. 

6. Hope (Wish) (2013)

Hope (Wish) menceritakan sebuah keluarga kecil yang memiliki anak perempuan pintar dan cantik bernama So-won yang diperankan oleh Lee Re yang masih duduk di sekolah dasar. Namun, pada saat perjalanan sekolah So-won menerima pelecehan dan kekerasan oleh pria tua yang sedang mabuk. Akibatnya, So-won menjadi trauma dan menolak untuk bertemu pria dewasa, termasuk dengan ayahnya sendiri.

Film garapan sutradara Lee Joon-ik ini ternyata diambil dari kisah nyata pada sebuah kasus pemerkosaan dan kekerasan oleh seorang pria berinisial Cho yang berumur 57 tahun terhadap gadis kecil berusia 8 tahun. Akibatnya, 3 hari kemudian Cho ditangkap dan hanya mendapatkan hukuman 12 tahun penjara. Hal tersebut dianggap tidak sesuai, oleh karena itu masyarakat Korea menuntut hukuman yang lebih berat terhadap tersangka seperti Cho. 

7. The Attorney (2013)

Film garapan Yang Woo Seok ini terinsipirasi dari kasus Burim pada tahun 1981, dimana pada saat rezim otoriter Chun Doo-hwa sebanyak 22 siswa, guru dan pekerja kantoran yang tergabung dalam sebuah klub buku ditangkap tanpa surat perintah dengan tuduhan bahwa mereka adalah komunis atau simpatisan Korea Utara.

Roh Moo-hyun yang merupakan seorang pengacara pajak dari Busan membentuk tim bersama teman-temannya untuk membela mereka yang dituduh sebagai simpatisan Korea Utara. Sehingga usai kasus tersebut, Roh Moo-hyun menjadi pengacara HAM yang berpengaruh dan akhirnya menjadi presiden Korea ke-9.

Dalam film ini diceritkan seorang pengacara bernama Song Woo-seok yang sangat gigih, membela mati-matian dan terus berjuang untuk mendapatkan keadilan. Film ini dibintangi oleh Song Kang-ho, Im Si-wan, Kim Young-ae, Oh Dal-su, dan Kwak do-won.

8. Way Back Home (2013)

Film Way Back Home ini mengisahkan tentang seorang wanita yang ingin kembali ke negaranya. Film yang disutradarai Ban Eun Jin ini ternyata diambil dari kisah nyata seorang wanita berkewarganegaraan Korea selatan yang ditangkap di Orly Aiports, Prancis karena terbukti membawa narkoba pada tahun 2004 lalu. Sehingga wanita itu harus mendekam di penjara di Prancis selama 2 tahun.

Film ini dikemas dalam sebuah cerita sangat menarik, dimana menceritakan seorang ibu rumah tangga bersama suami dan anaknya yang hidup bahagia. Namun, suatu hari pasangan suami istri ini bangkrut dan terlilit hutang sehingga membuat sang istri berada di Paris dan terbukti membawa kokain seberat 30 kg di kopernya. Hari-harinya pun menjadi sebuah mimpi buruk, namun di saat bersamaan, sang istri mendapatkan tawaran yang menguntungkan. Film ini dibintangi oleh Jeon Do-yeon, Ko Soo, dan Kang Ji-woo.

9. As One (2012)

Film yang disutradarai Moon Hyeon Seong ini diambil dari kisah nyata, dimana pada tahun 1991, untuk pertama kalinya Korea Selatan dan Korea Utara bergabung dalam satu tim di 41st World Table Tennis Championship yang diselenggarakan di Chiba, Jepang.

Film yang diperankan Ha Ji-won dan Bae Doo-na ini menceritakan tentang bagaimana dua pemain yang awalnya bermusuhan tiba-tiba dipersatukan dalam sebuah pertandingan. Awalnya mereka menunjukkan ketidakakuran, namun lama-kelamaan mereka menjadi sahabat.

10. Confession of Murder (2012)

Film ini menceritakan tentang seorang detektif polisi bernama Choi Hyeong-goo yang diperankan oleh Jung Jae-young yang menangani kasus pembunuhan berantai. Namun, kasus tersebut tidaklah mudah untuk diungkap, karena sang pelaku pembunuhan sangatlah ahli dalam menyembuyikan barang bukti. Hingga bertahun-tahun berlalu, akhirnya munculah seorang penulis bernama Lee Doo-seok yang diperankan oleh Park Si-hoo yang menerbitkan sebuah buku berjudul “I am a Murderer” dan mengaku sebagai pembunuh berantai yang terjadi bertahun-tahun lalu.

Namun, Choi Hyeong-goo tidak percaya kalau penulis itu adalah pembunuh berantai, maka dia mulai meyelediki lebih jauh tentang penulis tersebut. Pada akhirnya pembunuh berantai yang asli muncul ke publik. Film yang disutradarai oleh Jeong Byeong-gil ini diangkat dari peristiwa pembunuhan berantai menewaskan 10 orang perempuan yang terjadi dari tahun 1986 sampai 1991 di Hwaseong, Korea Selatan.

11. Silenced (2011)

Hanguk Yeonghwa

Hanguk Yeonghwa via https://hangukyeonghwa.com

Film ini menceritakan tentang kisah para siswa tuna rungu di Sekolah Luar Biasa di daerah Mujin. Dimana para siswa mengalami pelecehan dan disiksa selama bertahun-tahun oleh kepala sekolah dan beberapa guru sebelum pada akhirnya seorang guru baru bernama Kang In-ho yang diperankan oleh Gong Yoo datang dan memperjuangkan hak anak-anak tersebut.

Selain Gog Yoo, film ini juga dibintangi oleh Jung Yu Mi, Baek Seung-hwan, dan Kim Hyun-soo. Film yang disutradarai oleh Dong Hyuk Hwang ini diangkat dari novel terkenal berjudul Dogani karya Kong Ji Young yang terbit pada tahun 2009 yang terinspirasi dari kisah nyata yang terjadi di sebuah sekolah bernama Gwangju Inhwa School yang merupakan sekolah tunarungu atau sekolah bagi siswa yang mengalami gangguan pendengaran.

Adanya film ini juga mengakibatkan kemarahan publik atas buruknya sistem pendidikan dan peradilan di Korea Selatan, sehingga menekan pengadilan untuk membuka kembali kasus di Gwangju Inhwa School untuk menetapkan hukuman yang lebih wajar bagi para pelaku. Akibatnya terdakwa diganjar dengan hukuman 12 tahun penjara dan pemerintah Kota Gwangju menutup sekolah tersebut. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE