5 Aktivitas Sederhana Sehabis Subuh ketika Ramadan, Biar Nggak Langsung Tidur

Bagi umat muslim, bulan Ramadan merupakan bulan yang terkenal dengan penuh ampunan. Oleh sebab itu, ketika Ramadan datang banyak umat muslim yang berlomba-lomba untuk melakukan ibadah sebanyak-banyaknya. Namun, terdapat salah satu aktivitas yang bisa menganggu dan menghambat umat muslim dalam melakukan ibadah tersebut yaitu mengantuk hingga tertidur.

Adapun jam rawan tersebut biasanya datang ketika selesai sahur dan salat subuh. Untuk itu, supaya SoHip tidak menggunakan waktu puasa sahur dan subuh dengan tidur. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan.

Advertisement

1. Membaca Al-Quran

RODNAE Productions

RODNAE Productions via https://www.pexels.com

Membaca Al-Qur'an atau yang dikenal dengan istilah mengaji atau tadarus  biasanya dilakukan oleh umat muslim di malam hari setelah salat tarawih, namun aktivitas tersebut  juga bisa dilakukan setelah sahur dan salat subuh ya, SoHip, sehingga kemungkinan menamatkan bacaan di Al-Qur'an atau khatam baca Al-Qur'an juga bisa dilakukan dengan berulang. Untuk itu, selain tidak jadi tidur dan mengantuk SoHip juga bakalan dapat menambah pahala. 

 

Advertisement

2. Bercengkama dengan Anabul

Jika biasanya SoHip termasuk individu yang memiliki aktivitas yang padat dan hanya bercengkrama dengan anabul a.k.a anak bulu di sore atau malam hari. Sekarang adalah waktu yang pas untuk SoHip bisa bercengkrama dengan anabul di pagi hari, seperti  mengajak anabul bermain. Anabul bahagia, SoHip  pun tidak jadi mengantuk karena melihat tingkah laku anabul yang semakin lucu. Biasanya para anabul ketika diajak bermain juga akan sangat antusias, maklum anabul juga terkenal sebagai hewan yang  suka bermalas-malasan dan tidur seharian.

3. Menyiram Tanaman

Karolina Grabowska

Karolina Grabowska via https://www.pexels.com

Aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan sehabis sahur dan subuh adalah menyiram tanaman. Meskipun sedikit kepagian, tapi aktivitas ini tentunya bisa menghilangkan kantuk. Selain bisa melihat tanaman yang bermekaran dan warna-warnanya yang beragam. Kedatangan beberapa tamu seperti kumbang, kupu-kupu dan hewan yang tidak berbahaya lainnya tentunya akan membuat rasa mengantuk SoHip hilang.

4. Olahraga

ธันยกร ไกรสร

ธันยกร ไกรสร via https://www.pexels.com

Selama Ramadan, beberapa ahli kesehatan juga menyarankan SoHip yang berpuasa untuk tetap olahraga. Di mana olahraga tersebut biasanya dilakukan dengan kategori ringan. Olah raga dengan kategori ringan tersebut tentunya bisa dilakukan seperti jalan santai, sepedaan dengan jarak pendek, berenang dan latihan mengatur nafas.

Advertisement

5. Mandi

Yang terakhir ketika semua aktivitas diatas sudah dilakukan dan SoHip tetap ingin tidur setelah sahur dan subuh, maka aktivitas selanjutnya yang bisa dilakukan oleh SoHip adalah mandi. Dengan mengguyur air ke seluruh badan semoga tidak hanya mata yang menjadi segar namun keseluruhan anggota badan. Sehingga SoHip, tidak hanya mengantuk, tapi justru siap untuk melanjutkan aktivitas selanjutnya.

Akhir kata, semoga beberapa aktivitas tersebut bisa SoHip terapkan ya dan bisa melaksanakan beragam aktivitas meskipun sedang menajalankan ibadah puasa.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

si chubby semenjak lahir yang bercita-cita jadi penulis

CLOSE