United Kingdom adalah nama baru dari Great Britain setelah Irlandia Utara bergabung dengan kerajaan kesatuan ini. Union Jack adalah sebutan atas bendera England, yang ternyata merupakan gabungan dari bendera-bendera negara anggotanya yaitu England, Wales, Scotland dan Northern Ireland.

UK memang sudah tak asing, ia bahkan menjadi salah satu ikon benua Eropa. Banyak hal-hal besar yang lahir dari kerajaan kesatuan ini, siapa yang tak mengenal Harry Potter, Sherlock Holmes, The Beatles, One Direction, Stephen Hawking dan Big Ben misalnya, itu baru sebagian saja. Salah satu yang paling terkenal lagi adalah University of Oxford, Universitas tertua di dunia, banyak pelajar asing yang menjadikan University of Oxford sebagai tujuan untuk mengenyam pendidikan. Salah satunya adalah saya.

Mengapa UK? Padahal ada banyak negara lain di Eropa, I have been dreaming of UK since I graduated from junior high school, jadi, mengapa UK begitu menginspirasi saya untuk bisa sampai di sana? #AyoKeUK

1. Negara Dengan Beragam Universitas Terbaik Di Dunia

Oxford University

Oxford University via https://www.ef.co.uk

Mulai dari University of Oxford, Conventry University, Birmingham University, Bristol University, Cambridge University, Edinburgh University, Leeds University dan yang lainnya. UK, khususnya London, England diklaim sebagai negara paling multikultural di dunia. Sebuah miniatur kehidupan yang unik.

2. Karena UK Layak Disebut Dreamland Dengan Sejuta Pesona yang Akan Membuatmu Jatuh Cinta

Millenium Bridge

Millenium Bridge via https://pixabay.com

Tak dipungkiri, sejak awal saya mengenal UK saya sudah jatuh hati untuk pertama kalinya. Bagi kamu yang pernah melihat MV One Direction berjudul One Thing, pastinya akan terpesona dengan keindahan kota London yang menjadi latar di MV tersebut. Ya, London adalah Ibukota England, kota ini menyuguhkan berbagai macam tempat untuk berwisata, belajar, dan bernostalgia dengan sejarah, seperti London Eye, Tower Bridge, Sungai Themes, Big Ben yang menjadi ikon kota London dan merupakan sebuah menara bel raksasa di Westminster Palace. Mengunjungi tempat terbaik untuk melewati musim panas di Trafalgar Square, dan tak lengkap rasanya jika belum mengunjungi Buckingham Palace yang menjadi kediaman resmi ratu Inggris di London.

Advertisement

Apa kamu masih ingat Great Hall yang biasa digunakan untuk berkumpul bersama di film Harry Potter? Christ Chruch, Oxford University di sinilah setting lokasi itu diambil, dan Leadenhall Market yang menjadi setting Diagon Alley difilm Harry Potter.

Lalu menjelajahlah ke Belfast di Irlandia Utara, Belfast adalah tempat asal kapal tertua RMS Titanic di produksi. Tak kalah memikat dari London, Belfast pun menyimpan berbagai pesona klasik seperti City Hall, Belfast Castle, dan Grand Opera House. Bergeser 40 menit dari Belfast, kamu akan sampai di Old Castle Ward tempat dimana Winterfell Castle and Demesne berada yang menjadi lokasi adegan dalam Game of Thrones.

Kota selanjutnya adalah Edinburgh yang merupakan ibukota Skotlandia, Edinburgh akan menyapamu dengan bebagai bangunan historis seperti Edinburgh Castle, St. Giles Cathedral, dan Holyrood Palace yang terdapat di area Old Town. Salah satu UNESCO World Heritage Site ada di kota ini yaitu Calton Hill, di bukit inilah berdiri berbagai bangunan pemerintahan kerajaan Skotlandia.

Advertisement

Universitas tertua di UK pun ada di Edinburgh yaitu University of Edinburgh, juga terdapat Camera Obscura and World of Illusions yang merupakan sebuah tempat wisata sekaligus sebagai pusat ilmu pengetahuan dan ilusi optik di Edinburgh.

Selain London, Belfast, dan Edinburgh. Sisi lain UK masih menyimpan jutaan pesona lainnya. Kamu bisa berkunjung ke York sebuah kota kecil klasik di bagian Northern Yorkshire England, Jane Austen Centre di Bath, The Beatles Story dan World Museum di Liverpool, Cadbury World di Birmingham, Glasgow yang terpilih sebagai UNESCO City of Music, singgah di Baker Street 221B London yang menjadi tempat tinggal tokoh detektif fiksi Sherlock Holmes dan berkunjung ke Windsor Castle yang dahulu menjadi tempat tinggal idaman sang Ratu.

3. Banyak Tradisi Unik yang Akan Membuatmu Tak Ingin Pergi Lagi

Siapa menyangka jika mencari cacing ada kompetisinya? Yup, bahkan di Inggris olahraga memancing cacing tanah menjadi salah satu tradisi mereka. Juga ada Straw Bear yaitu hari beruang jerami yang termasuk ke dalam tradisi tua di Inggris, dirayakan setiap 7 Januari, tradisi ini dipercaya untuk mengawali masa bertani, dan Pearl King And Queen, sebuah acara amal yang diadakan oleh paa buruh dan kelas pekerja.

Beralih ke Skotlandia, kamu tahu kain warna-warni bercorak kotak-kotak? Yup, kain tersebut menjadi ikon Skotlandia, meski sudah bergabung dengan United Kingdom, Skotland tak pernah meninggalkan tradisinya seperti memakai kain kotak-kotak yang dililitkan di pinggang hingga berbentuk seperti rok, memainkan Bagpipe, dan masih tetap melestarikan tarian rakyat.

Satu hal lagi, orang UK khususnya orang London sangat maniak dengan teh, bahkan ada tradisinya tersendiri lho, yaitu Tea Time yang dilakukan antara pukul 3 sampai pukul 5 sore, mereka meminum teh dengan biscuit atau kue-kue manis lainnya, tehnya pun biasa dicampur dengan gula atau susu.

4. Hidupmu Akan Lebih Menantang Ketika Menghadapi Karakter Unik Penduduk UK

London People

London People via https://pixabay.com

UK berbeda benua dengan Indonesia, berbeda pula kebiasaan atau karakter penduduknya. Kebanyakan orang London terlihat dingin, angkuh dan enggan berbasa-basi sangat jauh berbeda dengan kebiasaan orang Indonesia. Meski demikian, hal ini justru menjadi tantangan seru bagi orang Indonesia untuk mengenal karakter bangsa lain.

Beberapa kebiasaan unik penduduk London adalah selalu berjalan cepat alasannya bahwa mereka kedinginan, jika menaiki tangga akan selalu berdiri di bagian kanan agar memberi ruang di sebelah bagi orang yang sedang terburu-buru, tingkat disiplin dan kepatuhan yang tinggi terhadap peraturan sehingga membuat kota yang padat penduduk tidak terlihat semrawut bahkan teratur, kebiasaan lainnya adalah selalu membukakan pintu bagi orang yang akan lewat di depan atau di belakangnya.

5. Kamu Akan Selalu Mendengar Aksen-Aksen yang Tak kalah Unik, Membuatmu Semakin Jatuh Hati

Aksen British English jauh berbeda dengan logat American English khususnya dalam beberapa kosakata, beberapa hal yang menjadi keistimewaannya adalah keunikan dan kesan elegan yang melekat begitu kuat pada aksen British English, bahkan di UK sendiri terdapat banyak aksen, seperti Scottish dari Skotlandia, Geordie dari Newcastle, Cockney dari London, Northener dari wilayah utara, Scouse dari Liverpool, Irish dari Irlandia dan Posh dari daerah selatan. Tentu saja hal itu tidak menjadi hambatan untuk kita pergi ke sana sebab logat bahasa inggris orang Indonesia terbilang mudah dimengerti oleh orang lokal.

Nah, menjelajahi foto-fotonya saja sudah cukup membuat kita terpesona, apalagi menjelajahinya secara langsung, bukan? So, tunggu apalagi? #AyoKeUK #WTGB #OMGB

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya