Smartphone hilang? Pasti rasanya seperti dunia sudah berakhir, lebay memang namun itulah yang dirasakan sebagian orang. Tidak hanya smartphonenya, karena bisa saja isinya lah yang membuat kita merasa seperti kiamat. File pekerjaan, dokumentasi kantor, foto-foto liburan, kontak orang-orang penting atau sahabat, apalagi tidak sempat membuat backup file-file tersebut, tentu akan memusingkan rasanya.

Nah, buat kamu yang belum mengalami musibah seperti ini, ada baiknya mencoba beberapa aplikasi yang bisa membantu melacak smartphonemu yang hilang. Semua memang tidak ingin itu terjadi, namun tidak ada salahnya ribet sedikit sebagai usaha untuk berjaga-jaga bila kelak musibah itu terjadi.

1. Android Device Manager

Pake ini paling simpel

Pake ini paling simpel via http://www.groovindo.com

Android Device Manager atau yang biasa disingkat ADM adalah salah satu aplikasi pelacak smartphone hilang besutan Google. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi seperti mode silent, mengunci smartphone agar si pencuri tidak bisa mengakses, memformat isi smartphone dan pastinya melacak posisi smartphone kamu. Kelebihan aplikasi ini adalah simpel, mudah dan praktis karena biasanya sudah terhubung di saat kamu menautkan akun Google ke smartphone kamu.

2. Find My Phone

Ini simpel, bisa dicoba

Ini simpel, bisa dicoba via https://naij-ask.com

Advertisement

Ini adalah salah satu aplikasi yang bisa kamu dapatkan di Google Play Store. Find My Phone merupakan aplikasi sederhana dengan fitur yang lumayan untuk melacak posisi smartphone.

3. Aplikasi Bawaan

Coba dicek smartphonenya, ada app bawaannya atau tidak

Coba dicek smartphonenya, ada app bawaannya atau tidak via https://miui.com

Beberapa smartphone berbasis Android saat ini sudah memiliki aplikasi bawaan sendiri yang juga memiliki fungsi sebagai pelacak yang bisa dikontrol jarak jauh menggunakan perangkat lain. Misalnya saja Xiaomi, HTC dan Samsung yang sudah mengembangkan aplikasi bawaan tersebut. Jika ternyata smartphone kamu sudah memiliki fitur tersebut, tidak ada salahnya untuk mencari tahu bagaimana menggunakannya dan memaksimalkannya agar di saat musibah tersebut datang kamu sudah siap menanganinya.

4. Family Locator

Yang ini juga pas buat para orang tua

Yang ini juga pas buat para orang tua via http://thepockettech.com

Sesuai namanya, aplikasi pelacak smartphone yang hilang ini juga memilik fungsi untuk melacak lokasi orang-orang yang anda kasihi. Bagi orang tua, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk selalu mengetahui posisi buah hati mereka dengan mudah.

5. Cerberus

Cek, Cerberus anti theft namanya

Cek, Cerberus anti theft namanya via https://play.google.com

Advertisement

Aplikasi Cerberus anti theft bisa anda unduh dengan cuma-cuma di Android Play Store ini cukup cerdik. Pasalnya, selain dapat menampilkan pesan di layar agar si pencuri tahu dan menangkap foto si pencuri, ia juga dapat menyembunyikan diri dari app-drawer untuk mengelabuhi pencuri bahwa smartphone yang ia curi ternyata sudah terlacak.

Ternyata smartphone emang smart ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya