Suka sebel nggak sih kalau bagian kulitmu, terutama wajah menjadi belang karena aktivitas sehari-hari?

Kulit wanita Indonesia identik dengan warna yang pas, alias tidak putih dan gelap hanya beberapa etnik saja yang memiliki kulit gelap dan terang sekali. Warna kulit ini kadang bikin bingung pemiliknya. Jika terkena panas rentan menjadi hitam, kusam dan belang apalagi bagi wanita berhijab. Nah, kulit belang inilah yang menjadi langganan wanita berhijab.

Karena, bisa jadi seharian berkegiatan outdoor alhasil kulit yang terbuka di area wajah menjadi belang. Seperti pakai topeng! Pengalaman pribadiku, sebagai wanita berhijab hal ini sangat mengganggu, apalagi kalau terlihat belang dengan telapak tangan, ih akan tambah malu sekali. Sebagai muslimah yang menjaga dan menaati syariat agama, kita tidak harus mengorbankan wajah kita terpapar sinar matahari dan menjadi belang seketika. Kita harus pintar-pintar menyiasatinya ukhti!

Jawabannya ada di sekitar kita sih,, no worry untuk kulit belang lagi..

1. Air Bilasan Beras

google images

google images via https://www.google.co.id

Setiap hari, kalian pasti masak nasi kan? Nasinya kita makan, air untuk bersihin berasnya jangan langsung dibuang karena air ini yang kita pakai buat menghilangkan belang-belang membandel ini. Coba perhatikan deh, tangan kita yang tiap hari dibuat mencuci beras itu pasti lebih lembut, lebih bersih di banding yang tidak dipakai.

Nah, coba cuci muka kalian secara rutin setiap pagi dan sore, air bilasan pertamanya disimpan untuk kita pakai cuci muka. Tidak mengandung bahan kimia, tanpa pemutih, alamiah, tidak perlu ribet pakai berapa lapis skin care.

Advertisement

Insya Allah, terapi ini akan mengurangi belang-belang di wajah secara bertahap. Air beras ini pun sudah jadi rahasia turun temurunnya gadis Jepang untuk menjaga kehalusan kulitnya. Jadi jangan kuatir ya, memang harus sabar kalau mau hasilnya sempurna dan alami, coba deh kalo tidak percaya, dijamin akan ketagihan!

2. Gel Lidah Buaya

Lidah Buaya

Lidah Buaya via https://www.google.co.id

Tanaman lidah buaya ini ternyata tidak se-seram namanya. Tanaman yang bernama lain Aloe vera ini pastinya sudah tidak asing lagi, karena ekstraknya sudah banyak dipakai diberbagai macam kosmetik di dunia. Tapi lebih ampuhnya nih, kita pakai langsung dari sumber alaminya saja. Tanaman ini tidak susah perawatannya, asal mendapat sinar matahari dan air yang cukup ia akan cepat berkembang biak, tanpa perlu dielus-elus dibelai-belai.

Tanaman ini pun mudah ditemukan di mana pun. Lidah buaya adalah tanaman wajib yang harus ada di halaman rumahmu! Teksturnya yang lembut, cair dan dingin memberikan kesan relax kepada kulit. Apalagi kulit yang baru saja terpapar dan terbakar matahari.

Advertisement

Caranya cukup dengan membelah lidah buaya dan mengambil gel yang ada di dalamnya. Oleskan dengan kuas atau tangan ke seluruh wajah dan leher. Kamu harus tahan dengan bau khas yang keluar dari lidah buaya ini. Demi keindahan kulitmu juga kan yaa ..

3. Air Putih Hangat

Selain itu kalian harus rajin-rajin minum air putih. Karena dengan banyak mengkonsumsi air putih, maka akan mengurangi kadar minyak-minyak tak baik di tubuh kita, tubuh menjadi lebih bugar dan terhindar dari masalah-masalah wajah. Konsumsi air putih, khususnya air putih hangat memberikan dampak yang lebih optimal daripada air putih dingin.

Konsumsi air putih hangat cukup dua gelas sehari di pagi hari, sebelum mengkonsumsi apapun. Akan mengurangi resiko bahaya penyakit-penyakit dalam dan membuat kulit wajah semakin berseri dan kencang. Wajah tidak belang dan berseri, kurasa tak ada yang lebih sempurna dari itu!

4. Irisan Tomat

Selain segar di makan, tomat sangat berkhasiat untuk meredakan radang kulit akibat paparan sinar matahari. Kulit yang terkena sinar matahari akan berwarna hitam kemerahan, dengan kandungan yang ada dalam tomat, seperti vitamin C, akan memberikan ketenangan bagi kulit yang terbakar. Sedikit perih terasa, namun efeknya akan menghaluskan dan membuat kulit tidak panas, akibat sinar matahari.

caranya mudah sekali, iris tomat menjadi bagian tipis-tipis kemudian usap merata pada wajah, diamkan sejenak hingga rasa perihnya hilang kemudian bilas dengan air hangat. Wah, semakin halus kulit muslimah dengan bahan-bahan alami nan ramah di kantong!

5. Putih Telur

Putih telur selain gurih di konsumsi, ternyata mengandung formula menakjubkan untuk mengatasi kulit kering akibat paparan sinar matahari. Teksturnya yang lembut, cair dan mudah ditemukan, sangat memudahkan sahabat muslimah untuk memanfaatkannya. Efek kencang setelah pemakaian putih telur ini, sudah bukan rahasia lagi.

Pisahkan putih telur dari kuningnya, oleh merata dengan kuas pada muka dan leher, diamkan sejenak, sampai terasa sensasi tarikan yang kuat akibat putih telur yang mengering. Kemudian bilas dengan air hangat.

Wah, ternyata hal-hal sepele yang bahkan kita sia-siakan mengandung banyak manfaat buat menjaga kecantikan kulit kita, muslimah.. mulai dari sekarang harus lebih detail dalam memanfaatkan segala sesuatu disekitar kita, karena pada hakikatnya Allah menciptakan segala sesuatu tidaklah sia-sia. Selamat mencoba di rumah ya! Semoga istiqomah :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya