5 Cara Ini Bisa Membantu Membuat Rencana Perjalanan yang Berkesan, Siapapun Bisa Melakukannya

Langkah Sederhana Membuat Rencana Perjalanan

Melakukan perjalanan dan mengeksplor suasana baru tentu menyenangkan dan memberi kelegaan usai belajar atau bekerja keras. Namun di tengah pandemi tidak mudah untuk melakukan perjalanan dan memang disarankan untuk tidak melakukannya jika tidak mendesak. Kalaupun mau berpergian sebaiknya juga rutin mengecek peraturan pemerintah yang terbaru untuk menjaga kesehatan orang di sekitar dan diri sendiri. Akan tetapi, tidak ada salahnya untuk membuat rencana perjalanan yang berkesan terlebih dahulu. Simak 5 langkah sederhana membuat rencana perjalanan berikut ini:

Advertisement

1. Memilih konsep dan tujuan wisata

Photo by Element5 on Pexels

Photo by Element5 on Pexels via https://www.pexels.com

Jika rencana perjalanan ini bermula dari inisiatifmu, tentukan terlebih dahulu gambaran wisata yang kamu inginkan. Kamu bisa memilih konsep wisata perkotaan, wisata sejarah, wisata budaya, wisata kuliner, wisata alam, atau gabungan antara beberapa konsep itu. Seusai mengetahui apa yang sedang kamu inginkan, kamu bisa menentukan tujuan wisata dengan mudah. Sebagai contoh kamu ingin wisata kuliner sambil belajar sejarah setempat. Kota seperti Semarang atau Jogja bisa jadi pilihan yang tepat buat kamu.

2. Mengajak rekan perjalanan

Photo by Stephan Seeber on Pexels

Photo by Stephan Seeber on Pexels via https://www.pexels.com

Perjalanan tentu kurang menarik tanpa rekan perjalanan menemani. Coba saja ajak mereka yang suka melancong sama seperti dirimu. Melakukan perjalanan bersama adalah salah satu cara untuk bisa lebih akrab dan di saat yang sama menghemat biaya perjalanan seperti transportasi di dalam kota tujuan wisata.

Advertisement

Pilihlah rekan perjalanan yang membuatmu nyaman dan menjadi diri sendiri. Akan lebih baik jika kalian memiliki gaya berwisata yang mirip. Hal ini untuk menghindari perdebatan kecil selama perjalanan. Tentu kamu tidak mau bukan, liburan dengan moodmu rusak seharian karena hal-hal sepele. Semisal kamu adalah tipe praktis, jangan pergi dengan tipe yang lebih rempong agar kamu bisa menikmati perjalananmu.

3. Menentukan prioritas

Photo by Free-Photos on Pixabay

Photo by Free-Photos on Pixabay via https://pixabay.com

Jumlah hari yang digunakan untuk berwisata tidak menjadi masalah asal kamu tahu prioritas wisata yang kamu ingin tuju. Bahkan seusai membuat rencana perjalanan secara detail banyak faktor lain yang dapat mempengaruhi perubahan rencana seperti cuaca, mood dan lain-lain. Untuk menentukan prioritas, tentukan minimal satu kegiatan atau tujuan wisata untuk tiap jangka waktu: pagi, siang, sore dan malam hari.

Lalu beri tanda lokasi mana yang tak boleh terlewatkan sehingga kamu tidak menyesal. Sebagai contoh kamu ingin wisata sejarah ke Kraton Jogja maka agendakan terlebih dahulu di awal hari untuk menghindari cuaca buruk atau semacamnya.

Advertisement

4. Mencari akomodasi dan transportasi

Photo by Free-Photos on Pixabay

Photo by Free-Photos on Pixabay via https://pixabay.com

Seusai mengetahui lokasi wisata yang ingin kamu tuju, kamu bisa dengan mudah memilih akomodasi dan tranportasi yang sesuai. Jika kamu berencana menghabiskan waktu di dalam kota maka pilihlah akomodasi yang terletak di pusat kota agar menghemat ongkos dan waktu perjalanan. Ada bagusnya jika kamu mencoba lebih dari satu brand penginapan. Hal ini untuk meningkatkan kesan dan pengalaman dalam perjalananmu.

Beruntung untuk transportasi sudah banyak tersedia layanan online sehingga kamu bisa memesan sesuai kebutuhan. Akan tetapi jika daerah tujuan wisatamu tidak memungkinkan, kamu bisa menyewa kendaraan sendiri. Ini juga pilihan yang seru dan menarik.

5. Membuat daftar kebutuhan perjalanan

Photo by Alexas_Fotos on Pixabay

Photo by Alexas_Fotos on Pixabay via https://pixabay.com

Kadang beragam kebutuhan tidak terpikirkan sekali waktu maka lebih baik jika kamu membuat catatan tentang kebutuhan selama perjalanan. Belum tentu tujuan wisatamu menjual barang yang kamu butuhkan jadi alangkah lebih baik untuk mempersiapkannya. 

Kebutuhan umum yang diperlukan tentu outfit yang nyaman dan sesuai. Kamu juga bisa menentukan mode yang disesuaikan dengan tema perjalananmu. Jangan lupa juga data keperluan medis sederhana seperti plester penutup luka, minyak penghangat dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Masukan makanan ringan dalam daftar kebutuhan, kamu akan mudah lapar kemanapun kamu berpergian. 

Selamat membuat rencana perjalanan yang berkesan versimu sendiri ya dan realisasikan bersama orang-orang kesayangan!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE