Di era globabilisasi seperti saat ini, bahasa inggris tidak hanya menjadi sebuah pilihan. Tetapi juga merupakan suatu kebutuhan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya khursus bahasa inggris yang tersebar luas di seluruh indonesia. Selain itu sangat jarang sekali universitas ataupun sekolah tinngi di indonesia yang meniadakan jurusan bahasa inggris. Banyak pekerjaan yang membutuhkan skill berbahasa inggris. sehingga banyak orang yang berlomba lomba untuk bisa menguasai bahasa ini.

Kedudukan bahasa inggris sebagai bahasa internasional membutat hampir semua orang di dunia ini ingin menguasainya. Menurut hasil survei global ‘English Proficiency Index’ (EF EPI) di Jakarta, Indonesia sendiri meraih nilai yang lebih rendah dibandingkan beberapa negara tetangga di kawasan ASEAN, termasuk Vietnam yang di posisi ke-31 yang tergolong ‘level menengah’. Untuk membantu masyarakat indonesia, khususnya para pemuda indonesia 5 cara dibawah ini bisa menjadi solusinya.

1. Learning by doing

englishcommunicationskill

englishcommunicationskill via http://bahasainggrisprofesi.com

Sepandai apapun kamu dalam menyusun kalimat bahasa inggris, tak akan berarti apa apa jika kamu tidak mempraktekannya. Mempraktekakannya dalam kominikasi sehari-hari. aspek yang paling penting dalam berbahasa inggris adalah speaking. Speaking adalah keterampilan yang paling diidam-idamkan oleh kebanyakan orang. Banyak orang yang mahir bahasa inggris di bidang materi, tapi masih susah untuk mengucapkannya.

Advertisement

Disini, kemampuan communication skill kamu sangatlah dibutuhkan. Buat kamu yang nggak punya bakat di bidang communication skill kamu tak perlu khawatir. Ingat, agar sukses menakhlukkan sesuatu bukanlah bakat yang menjadi penentunya. Karena bakat akan terkalahkan oleh ketekunan. Kamu bisa memulainya dengan menceritakan pengalaman atau cerita apapun dengan orang lain bahkan monolog, yang pastinya menggukan bahasa inngris. Sering-seringkanlah berkomunikasi dengan bahasa inggris dan jangan pernah merasa lelah untuk mengevaluasi diri.

2. MEMPERBANYAK KOSA KATA

bahasainggrismenulis

bahasainggrismenulis via https://www.educenter.id

Inilah kunci dari dari segala aspekdalam berbahasa. Bagaimana tidak, untuk dapat berbicara kamu pasti harus tau apa yang akan kamu ucapkan. Dalam bahasa inggris, pastinya kamu harus tahu arti dari kata tersebut. Kamu perlu memperbanyak kosa kata kalau kamu benar-benar ingin lancar berbahasa inggris. Kamu bisa melalukan langkah sederhana mulai dari melihat benda di sekitarmu dan menulis kata yang belum kamu ketauhi kemudian menerjemahkannya ke dalam bahasa inggris.

Kamu harus memiliki buku catatan khusus kosa kata bahasa inggris dan membawanya kemanapun kamu pergi.Jika kamu melihat kata atau kalimat bahasa inggris di suatu tempat yang belum kamu ketauhi artinya, kamu bisa menulisnya di buku catatan tersebut dan menerjemahkannya ke dalam bahasa indonesia.

3. Buatlah komunitas bahasa inggris

komunitasinggris

komunitasinggris via https://twitter.com

Advertisement

Temukan dan kumpulkan teman-teman yang memiliki satu visi, satu tujuan yang sama, yaitu meningkatkan kemapuan bahasa Inggris. Setelah itu, tentukan jadwal serta target-target belajar yang ingin diraih, bangun suasana belajar yang menyenangkan, dan nikmati prosesnya. Menyenangkan sekali bukan? Komunitas belajar yang memiliki tujuan dan target yang jelas akan menghadirkan kenyamanan di dalamnya. Bergabung di komunitas bahasa inggris adalah cara yang sangat signifikan untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu.

4. Ikuti berbagai lomba bahasa inggris

pidato bahasa inggris

pidato bahasa inggris via https://www.bagi-in.com

Mengikuti lomba bahasa inggris merupakan salah satu cara yang akan memberikanmu banyak manfaat. Pasalnya, dengan mengikuti lomba bahasa inggris selain dapat meningkatkan kemampuan bahasa inggrismu, juga akan membantumu belajar untuk tampil lebih percaya diri dan pastinya akan menambah pengalamanmu.

Lomba tersebut biasanya meliputi lomba pidato bahasa inggris, debat bahasa inggris, olimpiyade bahasa inggris, telling storry dan masih banyak lagi yang lainnya. Misalnya dalam lomba pidato bahasa inggris biasanya juri akan memberi pertanyaan seputar isi pidatomu atau bahkan di luar dugaanmu. Selain itu, kamu pasti menghafalkan naskah pidato berbahasa inggris, dan di sinilah kamu bisa meningkatkan kosa kata dan susunan kalimatmu dalam bahasa inggris.

5. Memainkan games yang berhubungan dengan bahasa inggris

english fun time

english fun time via http://www.google.co.id

Siapa bilang belajar bahasa inggris itu membosankan? Kalau kamu memang bosan dengan cara belajarmu yang hanya begitu-begitu saja, kamu bisa mencoba permaian bahasa inggris yang kan membantumu meningkatkanpemahaman dan kemapuan dalam menggunakan bahasa inggris. Games tersebut diantaranya adalah hangman, tongue twister, harvest moon dan masih banyak lagi. Buat kamu yang suka nge-games, kamu harus mencoba berbagai permainan tersebut. Jadi selain seru, kamu juga bisa bermain sambil belajar.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya