Guru adalah pekerjaan yang paling penting di antara semua pekerjaan. Laah, kok bisa? Bisa dong! Karena semua profesi diawali dari proses pembelajaran, proses transfer ilmu dari seorang guru. Tambah bergulirnya waktu seorang guru tidak hanya monoton sebagai orang yang berceramah di depan kelas, lebih dari itu guru juga banyak menjadi sahabat siswa yang enak untuk mencurahkan isi hati bagi siswa. namun bukan berarti boleh kurang ajar ya, lalu guru bidang apa sajakah yang bisa dijadikan tempat untuk curhat?

1. Wali Kelas

hadiah untuk guru wanita wali kelas di hari guru via http://nyarikado.com

Wali kelas adalah orang tua kamu di sekolah. Wali kelas menjadi orang pertama di sekolah yang hafal nama kamu, hafal alamatmu, tahu kalau kamu nakal, tahu kalau kamu berprestasi. Karena kedekatan ini banyak siswa di banyak sekolah curhat pada wali kelasnya.

2. Guru Bimbingan dan Konseling (BK)

peran guru bk dampingi siswa via http://sapulidinews.com

Guru BK adalah guru berikutnya yang bisa kamu jadikan tempat untuk curcol. meski pada prakteknya banyak guru BK yang galak atau nyubitan. Itu hanya kasus kecil. karena Guru BK tugasnya memang untuk mengarahkan siswa menemukan problem solving (pemecahan masalah). jadi masihkah berfikir kalau guru BK adalah polisi sekolah?

3. Guru Agama

Advertisement

dokumentasi pribadi via https://www.facebook.com

Guru agama dianggap sebagai orang paling tahu tentang agama di antara guru-guru yang lain. Alasan tersebut yang menjadi motif kenapa banyak siswa di sekolah yang mencurahkan isi hati ke guru agama. Selain guru BK, guru agama juga dipercaya mampu mendinginkan siswa yang sedang dalam keadaan marah ataupun bingung.

4. Pembina Ekskul

dokumentasi pribadi via https://www.facebook.com

Sebenarnya nih, pembina ekstra kurikuler belum tentu seorang guru di sekolah tapi yang namanya mengajar masih dalam kategori guru. Kenapa saya juga menulis pembina ekskul bisa dijadikan tempat curhat tidak lain karena kegiatan ekstrakurikuler menumbuhkan rasa persaudaraan diantara anggota atau dengan pembinanya yang menjadikan siswa tidak canggung lagi bercerita kepada pembina.

5. Tukang kebun

Profesi pemerhati lingkungan hidup via https://zipoer7.wordpress.com

Meskipun tidak mengajar di kelas, tukang kebun juga merupakan bagian dari sekolah yang juga bisa kamu sebut guru. Pekerjaan ini paling sulit di sekolah, hanya didominasi dikerjakan oleh yang sudah sepuh dan berpengalaman di kehidupan. Karena itu tukang kebun banyak pengalaman yang bisa diceritakan kepada siswa