Kalau kamu termasuk remaja milenial yang aktif di dunia per-Instagraman, tentunya kamu tidak merasa asing dengan judul di atas. NKCTHI: Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, sebuah proyek buku yang dilakukan oleh akun Instagram @nkcthi yang dijalankan oleh seorang perempuan cantik @marchellafp. Eksistensinya di Instagram sangat menarik perhatian warganet Indonesia. Tampilan feed-nya yang ciamik dan aksara yang dibuatnya sedemikian indah. Oktober lalu, bukunya akhirnya rilis. Ribuan eksemplar habis dalam hitungan hari. Sebenarnya, apa sih yang membuatnya semenarik itu?

1. Sederhana, tapi ngena

Jangan harap kamu akan mendapati rentetan baris kalimat di buku ini. Buku ini didominasi ilustrasi. Kalimat hanya beberapa baris, bahkan ada yang hanya berjumlah tiga kata. Bahasa sederhana dan ringan. Namun, pesannya tetap tersampaikan. Ternyata, kita tak perlu tulisan panjang untuk memberi semangat dan motivasi.

2. Mentransfer energi positif

Buku ini dipenuhi kalimat-kalimat positif. Kalimat-kalimat yang membuat kita sadar bahwa kita manusia normal yang memiliki banyak masalah kehidupan. Namun demikian, masalah kehidupan tersebut bukan untuk diambil pusing, tetapi untuk diselesaikan. Perlahan. Buku ini juga menyadarkan bahwa kita tak sendiri yang memiliki masalah kehidupan. NKCTHI menjadi pengingat akan hal-hal yang luput dari perhatian kita.

3. Ilustrasi menggambarkan isi

Advertisement

Ilustrasi-ilustrasi yang dibuat oleh penulis sendiri tentunya disesuaikan dengan apa yang ia tulis. Apa yang ingin ia sampaikan. Ilustrasinya sederhana namun tetap cantik. Ilustrasi membuat pembaca semakin merasakan ‘feel’ dari tulisan-tulisannya.

4. Senang dan sedih adalah sebuah kewajaran

Buku On Jumpic

Buku On Jumpic via https://www.google.co.id

"Apa yang salah dari sedih?

Bila malang datang, silakan bersedih

Tapi…

Tolong jangan terlalu lama."

Pada halaman-halaman akhir buku ini sedikit banyak membuat saya teringat dengan film animasi buatan Pixar Animation Studios yang berjudul Inside Out (2015). Keduanya membawa pesan bahwa senang dan sedih adalah sebuah kewajaran; hal yang manusiawi. Sedih bukanlah sebuah hal yang melambangkan kelemahan, begitupun senang bukan lambang kekuatan. Namun keduanya adalah lambang bahwa kita masih memiliki perasaan.

5. Layouting bukunya oke

Advertisement

Terlepas dari apa yang ada di dalam bukunya, tampilan fisik buku NKCTHI ini juga sangat menarik. Dengan pilihan warna yang bagus, ilustrasi, juga font pilihan yang semakin menarik. Kalau kamu termasuk penggemar karya-karya Lala Bohang atau Naela Ali, buku NKCTHI ini sangat cocok untukmu!

Buku ini terlalu indah untuk dideskripsikan, kadang pula terlalu sesak untuk dijabarkan. Banyak hal-hal yang selama ini kita abaikan ternyata begitu dekat dengan kehidupan. Saat membaca bukunya, baiknya dibersamai dengan playlist NKCTHI di Spotify supaya isinya lebih merasuk ke hatimu 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya