Menjadi seorang pekerja profesional tentu mengharuskanmu melewati tahap yang tidak singkat. Terlebih jika kamu adalah seorang fresh graduate yang baru memasuki dunia kerja. Perjalanan karir akan teramat panjang dan memerlukan banyak usaha sebelum akhirnya kamu bisa meraih kesuksesan dalam berkarir. Namun, tidak ada hasil yang pernah mengkhianati usaha, kan? Semua hal yang kamu lakukan dalam berkarir ini akan kamu tuai hasilnya di masa yang akan datang.

Membangun image yang baik di tempat kerja adalah salah satu kunci yang harus kamu lakukan demi tercapainya karir yang gemilang. Namun, bukan hanya sekadar image yang baik, ya, kamu juga harus benar-benar memiliki kemampuan yang baik sebagai seorang profesional. Dengan memiliki sikap yang baik sebagai seorang profesional maka karir yang kamu bangun pun akan semakin mudah untuk kamu tapaki.

Yuk, perhatikan hal-hal berikut ini agar kamu terlihat semakin profesional dalam bekerja!

1. Perhatikan Setiap Gestur atau Bahasa Tubuh yang Kamu Lakukan

Perhatikan Bahasa Tubuh

Perhatikan Bahasa Tubuh via https://keluarga.com

Bahasa tubuh atau gestur adalah salah satu hal yang bisa dijadikan tolok ukur untuk menilai seseorang. Termasuk kamu, kamu tidak boleh menunjukkan bahasa tubuh yang salah di hari-hari pertama kamu berada di tempat kerja. Pelajarilah bahasa tubuh dengan membaca artikel-artikel yang ada di internet atau mencari informasi melalui buku yang bisa kamu temukan di berbagai toko buku ternama di sekitar tempat tinggalmu.

2. Ingin Cepat Maju? Kuasai Bahasa Inggris Sebagai Bahasa Keduamu

Kuasai Bahasa Inggris

Kuasai Bahasa Inggris via https://abbeyroad-english.co.id

Advertisement

Berkarir di lingkungan profesional tidak lepas dari berkomunikasi dengan orang lain. Bahkan, terkadang orang yang kita ajak berkomunikasi adalah orang yang berasal dari mancanegara. Jika sudah begini maka kemampuan Bahasa Inggrismu haruslah benar-benar mumpuni.

Bahkan, dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik, tak menutup kemungkinan kamu akan menjadi orang kepercayaan bagi atasanmu untuk menghadapi para klien yang berasal dari luar negeri. Hal ini tentu saja akan sangat baik bagi karir yang kamu tapaki. Untuk semakin mengasah kemampuan bahasamu ada baiknya kamu mengambil kursus Bahasa Inggris untuk profesional, ya!

3. Kuasai Public Speaking

Kuasai Public Speaking

Kuasai Public Speaking via http://www.statisticbrain.com

Berbicara di depan banyak orang bukanlah sesuatu yang mudah, terlebih untuk kamu yang memiliki tipe kepribadian introvert. Namun, jika kamu ingin menggapai kesuksesan dalam berkarir, public speaking adalah satu hal yang tak boleh kamu lewatkan untuk dikuasai.

Advertisement

Keahlian ini menjadi kunci sukses karena berkaitan dengan kecerdasan, kemampuan berbahasa dan juga kemampuan untuk memengaruhi pendapat orang lain. Lagi-lagi, dengan kemampuan ini kamu bisa menjadi orang kepercayaan di tempat kerjamu untuk menghadapi para klien. Karirmu akan lebih cepat berkembang dengan memiliki kemampuan ini, loh!

4. Jangan Membawa Masalah Pribadimu ke Lingkungan Profesional

Jangan Bawa Masalah Pribadimu

Jangan Bawa Masalah Pribadimu via http://www.cnbc.com

Kadang dalam kehidupan kita memiliki saat-saat yang kurang menyenangkan. Tentu hal ini memberi dampak yang kurang nyaman di dalam hati kita. Meskipun begitu, kamu tetap tidak boleh membawa masalah pribadimu itu ke dalam lingkungan profesionalmu.

Di luar jam kerja, mungkin saat makan siang atau setelah pulang dari kantor, kamu boleh menceritakan masalah ini kepada rekan kerja yang kamu percaya. Dengan begitu, kamu akan tetap terlihat profesional dalam bekerja dan berkarir meskipun kamu memiliki masalah yang cukup berat sekalipun.

5. Jauhkan Ponsel dari Genggamanmu.

Jangan Main Ponsel Terus!

Jangan Main Ponsel Terus! via http://www.tkbsen.in

Teknologi semakin memasuki setiap ranah kehidupan manusia, pasti kamu juga merasakan hal ini, kan? Penggunaan ponsel yang dulunya hanya berkutat pada urusan komunikasi, seperti SMS dan telepon, kini telah berevolusi. Penggunaan dari ponsel pintar semakin tinggi intensitasnya seiring dengan banyaknya sarana hiburan di dalamnya.

Namun, sebagai seorang profesional hal ini tak boleh mengganggu kehidupan profesionalmu, ya! Jangan terlalu sering menggunakan ponsel di tempat kerja, kecuali memang saat benar-benar dibutuhkan saja. Selain mengganggu kinerjamu, atasan juga akan melihatmu sebagai orang yang tidak bisa menentukan prioritas dalam bekerja, lho.

Nah, itu tadi 5 hal yang harus kamu lakukan dalam menapaki karir sebagai seorang profesional dalam berkarir. Selalu ingat, ya, tidak akan pernah ada hasil baik yang mengkhianati usaha kerasmu dalam meraih setiap cita-cita. Tetap semangat dalam menapaki karirmu, kawan!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya