5 Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan untuk Membuat Ibu Rumah Tangga Merasa Lebih Bahagia

Nggak perlu yang muluk-muluk, hal-hal sederhana ini bisa membuat ibu rumah tangga merasa lebih bahagia lho!

Ibu rumah tangga adalah profesi yang seringkali dipandang sebelah mata. Padahal pada kenyataannya, menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan berat yang memiliki banyak sekali tantangan. Kebanyakan ibu menjadi stres ketika harus tenggelam dalam rutinitas dan juga kesibukan bersama anak. Keadaan rumah yang tidak selalu kondusif, anak-anak yang  tantrum, rutinitas domestik yang itu-itu saja, dan keterbatasan waktu untuk beraktivitas di luar seringkali membuat para ibu rumah tangga seringkali merasa ‘tertinggal’ dan kurang berguna.

Untuk menghindari hal-hal tersebut, ada 5 rutinitas penting yang bisa dilakukan agar membuat ibu rumah tangga merasa lebih bahagia.

Advertisement

1. Menulis Jurnal

Photo by Alina Vilchenko from Pexels

Photo by Alina Vilchenko from Pexels via https://www.pexels.com

Menulis jurnal tampak seperti rutinitas yang sulit diwujudkan jika kita selalu teringat akan pekerjaan rumah yang berkejaran menunggu diselesaikan. Namun ternyata, kebiasaan mengawali hari atau mengakhiri hari dengan menulis jurnal bisa poin penting yang bisa mengendalikan perasaan dan juga pikiran kita. Dengan menulis apa yang kamu rasakan, kamu bisa memisahkan hal-hal yang perlu kamu perhatikan dan usahakan, atau hal-hal yang sudah berada di luar kendalimu

2. Stay Organized

Photo by Sarah Chai from Pexels

Photo by Sarah Chai from Pexels via https://www.pexels.com

Meski rapi bukan predikat semua orang, tetapi ternyata lingkungan yang bersih dan rapi membuat orang lebih fokus pada pekerjaannya sehingga menjadi lebih produktif dan bebas stress. Karena itulah, biasakan ambil waktu sejenak dalam sehari untuk merapikan rumah, paling tidak taruhlah barang-barang pada ‘rumahnya’. Mungkin hal ini rasanya sulit sekali terwujud apabila kita mempunyai anak kecil, namun membiasakan anak-anak untuk membersihkan rumah juga bisa menjadi bekal yang baik ke depan untuk mereka.

Advertisement

3. Berhenti Membandingkan

Photo by Kindel Media from Pexels

Photo by Kindel Media from Pexels via https://www.pexels.com

Melihat unggahan teman-teman, keluarga, atau influencer yang kita ikuti di media sosial seringkali menjadi trigger kita untuk langsung membandingkan hidup kita yang biasa-biasa saja dengan cerita flawless kehidupan mereka di media sosial. Kebiasaan ini patut kita hindari. Ingat, biasanya, orang hanya mengunggah hal-hal yang menyenangkan dan menyimpan perjuangan mereka untuk mencapainya. Berhentilah membandingkan hidup kita dengan orang lain karena kita mempunyai tantangan yang berbeda. Hal yang boleh kita bandingkan hanyalah kita yang sekarang dengan kita yang dahulu.

4. Makan Bersama

Photo by Vlada Karpovich from Pexels

Photo by Vlada Karpovich from Pexels via https://www.pexels.com

Kegiatan makan bersama sepertinya terlihat sangat sederhana, namun momen makan bersama bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan dan menjadi highlight of the day. Dengan berkumpul bersama di meja makan, menikmati makanan, dan juga bercerita tentang rencana atau kegiatan hari itu akan menjadi momen yang membuat ibu rumah tangga merasa tidak sendiri. Meski sulit, setidaknya sempatkan satu kali makan bersama keluarga dalam satu hari.

5. Punya Fokus di Kegiatan Lain yang Disukai dan Dikuasai

Advertisement
Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Photo by Ketut Subiyanto from Pexels via https://www.pexels.com

Hal yang paling sering memicu stres para ibu rumah tangga adalah kurangnya apresiasi dari lingkungan sekitar. Karena itu penting bagi ibu untuk memiliki fokus di kegiatan lain yang disukai dan bisa dikuasai. Misalnya, jika suka memasak maka ambilah waktu untuk memasak atau mencoba resep-resep baru, menulislah jika suka menulis, ber-make up lah jika suka make up. Dengan melakukan hal yang disukai dan dikuasai, ibu menjadi lebih percaya diri.

Itulah tadi 5 hal sederhana yang bisa dilakukan agar ibu rumah tangga bisa menjadi lebih bahagia. Hal yang terpenting adalah kita harus menerima secara penuh bahwa menjadi ibu rumah tangga itu adalah profesi yang penting dan kita beruntung apabila bisa di posisi itu. Yuk, kira-kira mau coba mulai dari poin yang mana, nih?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Menulis karena hobi. Menulis karena ingin berbagi.

CLOSE