Sudah sering kita mendengar mengenai istilah negara federasi, istilah ini mungkin telah kita dengar bahkan sejak duduk di bangku sekolah dasar. Entah mengapa ketika telinga mendengar istilah yang satu ini benak kita langsung tertuju kepada sang adikuasa Amerika serikat.

Pengetahuan ini memang sama sekali tidak salah namun sejatinya negara federasi bukanlah amerika saja, lebih dari itu ada banyak negara yang menggunakan sistem federasi di seluruh dunia. Tak usah berlama-lama, mari kita gali lubang pengetahuan mengenai negara federasi agar tak gelagapan ketika hal ini menjadi bahan diskusi.

1. Seringkali Kita Bingung Mengenai Negara Federasi, Simak Ini Agar Lebih Mengerti

Larangan di Amerika Serikat

Larangan di Amerika Serikat via https://images.search.yahoo.com

Negara federasi sejatinya adalah sebuah negara yang terdiri dari kumpulan beberapa negara yang mempunyai pemerintahan sendiri, undang-undang sendiri, bahkan bendera negaranya sendiri yang kemudian menggabungkan diri dan menjadi negara federal, sedangkan negara yang berkumpul tadi disebut sebagai negara bagian.

Advertisement

Di dalam negara federasi masing-masing negara akan memiliki pemerintahannya sendiri dan mereka memiliki hak dan kewenangan untuk menjalankannya secara lebih leluasa dan cukup bebas. Ini sangat berbeda dengan negara kesatuan yang bersifat tunggal.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya