5 Hal yang Wajib Disyukuri Jika Kamu Termasuk Orang Sibuk

Bersyukurlah dengan segala aktivitas walaupun terkadang membuatmu menjadi orang yang sibuk

Saat masih kecil bayangan menjadi orang dewasa memang mengasikkan. Punya banyak uang dan pergi kemanapun sesuka hati adalah beberapa hal yang hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa. Setelah beranjak dewasa bayangan mengasikkan tersebut hanyalah menjadi tampilan depan saja. Banyak lika-liku dan masalah yang ternyata harus dihadapi terlebih dahulu agar bisa mencapai sesuatu yang diinginkan. Pekerjaan yang banyak menyita tenaga dan waktu, adanya pekerjaan lain di luar pekerjaan utama, dan peran dalam kegiatan masyarakat merupakan hal yang sering dihadapi oleh orang dewasa. Akhirnya menjadi orang yang sibuk adalah predikat yang sudah pasti disandang.

Memang, tidak semua orang termasuk orang yang sibuk. Ada orang yang hanya melakukan pekerjaan utama saja. Alasannya bermacam-macam. Ada yang memang kemampuannya tidak begitu bagus, faktor kesehatan, tidak adanya dukungan dari keluarga, dan termasuk orang malas yang sengaja menghindari kesibukan. Saat orang yang termasuk orang sibuk menjalankan perannya terkadang orang sekitar menganggap bahwa orang sibuk tersebut seperti orang yang tidak punya waktu untuk istirahat dan santai walau hanya sejenak. Padahal, orang yang sibuk tersebut enjoy-enjoy saja dalam melakukan segudang aktivitasnya. Berikut ini akan saya jabarkan berbagai hal dan manfaat yang wajib disyukuri jika menjadi orang sibuk.

Advertisement

1. Tidak ada waktu untuk mengobrol hal yang kurang penting

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels via https://www.pexels.com

Namanya juga orang sibuk. Setiap hari ada saja kegiatan yang dilakukan. Alhasil tidak ada waktu untuk sekedar ngobrol selain hal-hal yang penting. Manfaatnya adalah telinga dan mulut bisa terhindar dari ghibah yang sudah jelas unfaedah. Kesibukan ternyata bisa terhindar dari hal yang tidak bermanfaat ya.

2. Meningkatkan kecerdasan dan skill

Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels

Foto oleh Anthony Shkraba dari Pexels via https://www.pexels.com

Orang yang sibuk cenderung selalu menggunakan otaknya untuk berfikir. Bagaimana dia mengerjakan tugasnya dan melaksanakan tugas yang lain sudah menjadi hal yang menyenangkan untuk dijalani satu persatu. Walaupun terkadang merasa jenuh, lelah, dan berpikir kapan semuanya akan berakhir, tapi tanggung jawab akan pekerjaannya sudah tertanam dalam diri. Kemampuan dalam mengembangkan diri juga perlahan akan meningkat seiring berjalannya waktu karena kesibukan yang padat. Ada kepuasan tersendiri jika semua pekerjaan sudah terlaksana dengan baik.

Advertisement

3. Hidup lebih teratur karena sudah terjadwal

Foto oleh Jéshoots dari Pexels

Foto oleh Jéshoots dari Pexels via https://www.pexels.com

Orang yang sibuk punya jadwal yang padat. Akibat jadwal yang padat tersebut, terkadang tidak punya waktu senggang untuk mengisi kegiatan yang dinilai kurang bermanfaat. Mana yang harus dikerjakan terlebih dulu dan mana yang tidak, menjadi hal yang wajib dipilih bagi orang sibuk. Tak heran jika orang yang sibuk punya catatan-catatan kecil yang berisi jadwal kegiatan yang harus dilakukan pada hari ini atau beberapa hari ke depan. Tujuannya agar tidak lupa dan terlewat salah satu kegiatan yang dianggap penting. Hidup yang teratur juga akan didapat jika sudah terbiasa melaksanakan kegiatan sesuai dengan jadwal yang sudah disusun sebelumnya.

4. Punya banyak kenalan

Foto oleh Monstera dari Pexels

Foto oleh Monstera dari Pexels via https://www.pexels.com

Hal yang wajib disyukuri selanjutnya bagi orang sibuk adalah punya banyak kenalan di berbagai kegiatan yang diikuti karena saking banyaknya jadwal kegiatan yang mengharuskan ketemu banyak orang. Punya banyak teman dari berbagai tempat dan profesi menjadikan diri seseorang cenderung lebih menghargai orang lain karena pekerjaan dan kepentingan orang yang berbeda-beda. Manfaatnya sangat jelas yaitu bisa menjalin silaturahmi dan bisa menambah ilmu dari orang-orang baru.

5. Lebih bermanfaat untuk orang lain

Advertisement
Foto oleh Thisisengineering dari Pexels

Foto oleh Thisisengineering dari Pexels via https://www.pexels.com

Orang yang sibuk kelihatannya memang seperti tidak punya waktu untuk membantu orang lain. Tapi, dalam kenyataannya orang sibuk bisa membawa manfaat bagi orang lain jika benar-benar dilihat dari sisi positifnya. Misalnya saja ketika rekan kerja kita sedang sibuk mengerjakan sesuatu yang penting, kita bisa mengambil manfaatnya yaitu bisa mencontoh rekan kerja kita menyelesaikan pekerjaannya dengan serius, tekun, dan bertanggung jawab. Perilaku yang bersungguh-sungguh dalam melaksanakan pekerjaan tersebut bisa menjadi motivasi agar kita juga seharusnya melaksanakan tugas dengan sepenuh hati. Manfaat yang lain yaitu kita bisa mencontoh bagaimana rekan kerja kita bisa menyusun waktu dan rencana kerjanya selama ini sehingga semua pekerjaannya bisa dilaksanakan dengan baik. Terkadang orang hanya melihat manfaat apa yang terlihat nyata saja dari orang lain. Padahal, ada manfaat lain yang bisa diambil jika memang kita memandang orang lain dengan pikiran yang selalu positif.

Menjadi orang yang sibuk maupun tidak adalah pilihan orang masing-masing. Tidak bisa dipaksa maupun dibanding-bandingkan karena kemampuan tiap individu satu dengan individu yang lain sudah jelas berbeda. Menjadi hal yang keliru adalah jika kita berfikir bahwa orang yang sibuk adalah orang yang tidak bisa berbaur dengan orang lain, sombong, dan pikiran negatif lainnya. Dalam kenyataannya, orang yang sibuk pasti tahu apa, dimana, dan siapa yang bisa menjadikan hidupnya lebih baik atau tidak.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

"Jangan Bosan Jadi Orang Baik".

CLOSE