Sebagai mahasiswa, sudah sepatutnya kita mencoba menghasilkan uang sendiri. Toh usia mahasiswa ini sudah bisa dibilang usia kerja, masa iya terus terusan bergantung dengan orang tua? Banyak sekali di luar sana mahasiswa yang sudah berbisnis hingga saat lulus, mereka sudah sukses dengan bisnisnya.

Nah, kamu kapan? Sebenarnya banyak orang yang ingin terjun dalam bidang bisnis, namun selain masalah modal, banyak yang kesulitan mencari ide, bisnis apa sih yang menguntungkan? Yang cocok untuk dijalankan kita apalagi kita masih mahasiswa? Harus pandai bagi waktu dan lain sebagainya.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Hipwee sudah memberikan beberapa ide bisnis untuk kamu para mahasiswa mandiri yang berniat ingin membuka dunia usaha atau bisnis. Karena seperti yang kita tahu, mahasiswa memang dituntut untuk kreatif dalam bidang apa pun termasuk usaha, apalagi semakin ke sini lapangan pekerjaan makin sempit, jadi sudah saatnya kamu memikirkan bagaimana sukses berbisnis sendiri.

1. Bisnis Pulsa Elektrik

bisnis pulsa elektrik

bisnis pulsa elektrik via https://hipwee.com

Kalau dulu, jika kamu ingin bisnis pulsa, kamu harus punya counter HP sendiri, menunggu kios sepanjang hari. Kamu tidak perlu lagi hal itu, sekarang ini sedang trend Bisnis Pulsa Elektrik dimana kamu bisa menjual pulsa HP, listrik dan lain sebagainya. Nggak punya modal? Tidak perlu bingung, di luar sana banyak penyedia pulsa elektrik yang memberikan kamu fasilitas untuk berjualan dengan modal hanya ratusan ribu saja. Dengan hanya via smartphone, kamu bisa mendapatkan uang cukup banyak, kamu bisa pasarkan ke teman kuliah kamu atau kerabat keluarga.

2. Menjadi Blogger atau Youtuber

blogger n youtuber

blogger n youtuber via https://google.id

Advertisement

Mungkin masih banyak yang "awam" mengenai dunia blogging dan Youtube. Padahal potensinya sangat besar, di luar sana banyak sekali orang yang sukses mendapatkan puluhan bahkan ratusan juta dari aktivitas blogging dan youtuber. For your information, admin sendiri juga sudah menjalaninya, sudah dari awal kuliah admin menekuni dunia blogger dan sampai sekarang, biaya kuliah dan hidup serta kebutuhan lain di dapat dari itu.

Kalau kamu tidak suka blogging yang perlu nulis, kamu bisa menekuni bidang Youtube, buatlah video video keren dan unik serta menarik dan upload di Youtube. Lebih lanjut lagi, kamu bahkan bisa promosikan produk orang jika channel Youtube dan video kamu ramai. Tak jarang banyak channel Youtube yang dikontrak oleh suatu perusahaan untuk promosi produk mereka lewat youtube kamu.

3. Bisnis service laptop, sampingan yang cukup menjanjikan

membuka jasa service

membuka jasa service via https://google.com

Siapa sih yang tidak butuh laptop? Mahasiswa, pekerja, bahkan anak anak SMP dan SMA kini sudah punya laptop sendiri, dan ini bisa menjadi solusi untuk kamu membuka ladang bisnis. Buka saja jasa service laptop, dengan begini kamu bakal bisa meraih pemasukan tambahan untuk biaya kuliah kamu. Kalau belum ada modal untuk membangun toko atau kios sendiri, cukup pasarkan saja ke teman teman kamu dan buka atau promosi via online, ya kalau terus ditekuni lumayan hasilnya.

4. Bisnis desain grafis atau editing photo

editing foto

editing foto via https://google.com

Advertisement

Siapa sih anak muda yang tidak suka selfie? Foto kini menjadi salah satu hal yang sangat digemari oleh anak anak muda terutama generasi millenials. Kemana aja pasti foto-foto. Nah kamu bisa tuh buka jasa edit foto. Banyak teknik editing foto yang keren dan menarik, kamu bisa menjual karya kamu. Bukan cuma jasa editing foto saja, kalau kamu benar-benar mau terjun ke bisnis desain grafis ini, kamu bisa buka jasa pembuatan logo, banner dan lain sebagainya.

5. Bisnis laundry di dekat kampus kamu

bisnis laundry

bisnis laundry via https://hipwee.com

Rata rata mahasiswa sekarang itu butuh laundry untuk mencuci baju mereka, maka dari itu bisnis laundry merupakan salah satu bisnis yang sangat menjanjikan untuk di jalani. Untuk kamu seorang mahasiswa, kamu punya keuntungan lebih kalau mau berbisnis ini. Ya, kamu bisa merayu teman teman kamu untuk melaundry pakaian mereka di tempat kamu, ini akan sangat efektif karena secara tidak langsung, nantinya teman kamu juga bakal mempromosikan tempat laundry kamu ke temannya. Dengan ini bisnis kamu bakal mudah berkembang. Untuk modal, bisnis laundry juga tidak terlalu banyak perlu modal.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya