Banyak dari kalian pasti lebih tau drama ‘Boys Before Flowers’ kan ketimbang ‘Hana Yori Dango’? Padahal drama Korea yang dibintangi Lee Min Ho tersebut diadaptasi dari cerita Jepang ‘Hana Yori Dango’, lho. Atau... banyak kalian pasti udah pernah nonton ‘Full House’ kan daripada ‘1 Litre of Tears’? Hayooo, ngaku!

Memang, drama Jepang atau yang lebih akrab disebut ‘dorama’ ini nggak sepopuler drama Korea maupun drama Turki di Indonesia akhir-akhir ini, apalagi sampai menimbulkan semacam ‘demam’ ya, tapi bukan berarti drama asal negeri sakura ini kalah menarik, lho.

Nah, berikut merupakan keunggulan drama Jepang dari drama-drama luar negeri lainnya yang barangkali belum kamu ketahui sebelumnya.

1. Hemat waktu

Nggak perlu waktu lama buat namatin satu judul dorama via http://www.tumblr.com

Buat kamu yang punya segudang aktivitas tapi sebenernya doyan nonton, tenaaaaang, dengan nonton drama Jepang, kerjaanmu yang padat nggak akan begitu terganggu. Pasalnya, drama Jepang punya jumlah episode yang sedikit banget, dengan durasi per episode yang juga singkat.

Untuk satu judul dorama, punya sekitar 11 episode aja. Nah, dikit, kan? Belum lagi durasi per episode yang biasanya hanya berkisar 46 menit. Dengan begitu, kerjaan nggak terhalang, hati pun riang. Hehe.

Yang biasanya mudah bosen nonton, juga boleh nih nyoba drama Jepang. Sebab, karena keefisienan waktunya, cerita dorama jadi terkesan nggak bertele-tele.

2. Kaya akan beragam genre

Advertisement

Drama Jepang punya banyak pilihan genre via http://www.tumblr.com

Buat kamu yang udah jenuh disuapi cerita tentang cinta-cintaan melulu, barangkali udah waktunya kamu berpaling ke drama Jepang. Kenapa? Sebab, drama Jepang punya beragam genre menarik mulai dari family, psychological, suspense, crime, science fiction, detective, dan masih banyak lagi.

Pokoknya, drama Jepang ini setia dan nggak akan mendua deh dari genre yang diusungnya. Jadi, kamu nggak akan nemuin ‘cinta-cintaan’ yang mendominasi dalam sebuah drama detektif. Ini pula-lah yang menjadi alasan drama Jepang nggak hanya dicintai kalangan cewek aja, tapi juga para cowok, lho.

3. Alur ceritanya berani beda dan tidak umum

Drama Jepang terkenal anti mainstream! via http://www.tumblr.com

Kalau kamu bosen dengan cerita-cerita klise yang alurnya begitu mudah ditebak dan hampir selalu ‘happy ending’, itu tandanya kamu mesti nonton drama Jepang, deh. Nah, dalam kamus drama Jepang, cerita nggak akan selalu berakhir bahagia. Itulah kenapa, banyak penikmat dorama yang nggak akan bisa melewatkan drama Jepang kesayangan mereka dari awal hingga detik terakhir. Sepanjang jalan cerita, penonton dibuat bertanya, mau dibawa ke manakah akhir cerita drama tersebut?

Jepang memang berani beda. Di saat banyak drama sengaja dibuat happy ending agar penonton nggak kecewa dan protes, juga supaya rating yang dicapai tinggi, dorama malah kerap menghadiahkan twist ending. Barangkali, dengan begitu, secara nggak langsung drama Jepang ingin mengajarkan kepada kita bahwa hidup nggak melulu punya akhir yang bahagia, guys.

4. Nggak cuma menghibur, tapi juga ‘berisi’

Terkandung banyak pesan berharga dalam drama Jepang via http://www.tumblr.com

Kalo nonton dorama, kamu nggak cuma terhibur aja, tapi juga dapat pelajaran berharga. Mungkin inilah letak keunggulan utama drama Jepang. Cerita-ceritanya begitu sarat akan pesan berharga.

Kalau diibaratkan makanan, dorama adalah sejenis sayuran kaya gizi, bukan junk food yang sekadar mengenyangkan tapi gizinya dipertanyakan.

Adapun pesan yang paling sering terkandung dalam hampir sebagian besar drama Jepang adalah supaya kita nggak gampang menyerah dalam meraih apa pun yang menjadi impian kita, terlepas dari banyaknya kendala yang datang mengadang.

5. Nggak semata-mata mengandalkan tampang para pemainnya

Tampang pemainnya mungkin biasa, tapi nggak dengan akting mereka via http://www.tumblr.com

Nah, kalo kamu termasuk tipe orang yang begitu menomorsatukan penampilan para aktor dan aktris, mungkin drama Jepang bukanlah pilihan yang tepat untukmu. Sebab, seringnya, para pemain dorama memang punya wajah yang cenderung biasa. Jauh deh dari tampilan memanjakan mata ala boneka.

Namun, lantaran memiliki kekuatan akting yang kuat, banyak penonton akhirnya jatuh cinta pada aktor dan aktris Jepang, dan lantas dibuat tenggelam dalam pesona para pemain yang memancarkan semacam ‘inner beauty’ tersebut.

Kuatnya karakterisasi yang dibangun para pelakon dorama inilah yang kemudian membuat banyak penonton merasa sulit melupakan tokoh-tokoh dalam dorama tertentu dari ingatan mereka, meski dorama tersebut sudah tayang bertahun-tahun lalu.

Hmmm, jadi gimana? Udah tertarik belum nonton drama Jepang? Atau ada yang mau nambahin tentang keunggulan lainnya dari drama Jepang? Wah, boleh banget.

Buat yang pengen segera ngebuktiin keunggulan drama dari Negeri Sakura ini, selamat nonton yaaaa! Jangan lupa, pilih tema dan genre yang benar-benar sesuai dengan kegemaran kalian.

Have fun!