Pernikahan dianggap sebagai sebuah prosesi yang sakral bersama dengan segala macam tetek bengeknya, termasuk ritual adat yang diyakini, sehingga kadang acara jadi terkesan kaku. Padahal, kamu bisa lo membuat acara resepsimu lebih hangat dan santai tanpa meninggalkan kesan sakral. Apalagi di momen seperti inilah, kamu dan pasangan bisa mengumpulkan teman-teman maupun keluarga yang mungkin sudah lama tak bertemu. Tak melulu pakai pernikahan dengan konsep internasional, pernikahan adatmu tetap bisa tak sekaku biasanya.

Konsep pernikahan ini bisa kamu dapatkan jika berbagai elemennya kamu sesuaikan. Hipwee Wedding punya tipsnya nih untuk kamu yang ingin menyelenggarakan pernikahan dengan konsep santai dan akrab ini. Simak yuk!

1. Undangan akan memberikan kesan pertama pada acaramu nantinya, pastikan kamu sudah memberikan kesan kasual sejak pandangan pertama

Undangan kasual/ Credit: Zazzle via www.zazzle.com

Advertisement

Kamu bisa memilih undangan dengan model yang tidak terlalu kaku. Pun tulisannya bisa kamu buat sedikit nyeleneh dan tidak baku. Atau jika tak ingin memberikan undangan fisik, kamu justru bisa semakin berkreasi dengan undangan berupa video yang mana kamu bebas menentukan berbagai gambar dan latar suaranya.

2. Pemilihan tempat juga menjadi salah satu faktor penting untuk membangun kesan kasual yang ingin kamu buat

Inspirasi venue dan dekorasi/ Credit: Love and Lavender, Bridestory, & Algarve Wedding via www.loveandlavender.com

Tempat-tempat berupa gedung atau hotel mungkin akan memberikan kesan yang lebih glamor dan kaku, sebaliknya kamu bisa memberikan kesan yang lebih kasual dengan memilih venue untuk menikah di luar ruangan seperti di joglo hingga pantai. Penataan tempat duduk dan dekorasi juga bisa memberikan kesan tersendiri lo. Kamu bisa menata tempat duduk dengan konsep picnic wedding atau bahkan mengangkat konsep tanpa pelaminan sehingga pengantin bisa lebih membaur dengan tamu.

3. Jika biasanya make-up yang dipakai saat menikah adalah make-up yang manglingi, kamu bisa menggantinya dengan make-up yang minimalis agar lebih santai

Make-up natural/ Credit: KapanLagi, Bridestory, dan Popbela via www.kapanlagi.com

Walaupun kamu tetap bisa memakai konsep adat dengan segala aksesorinya, kamu bisa mengurangi tingkat ketebalan make-up-mu dengan berdandan secara lebih natural. Apalagi jika kamu mengangkat konsep internasional, make-up dan tatanan rambut bisa kamu buat dengan lebih sederhana dan memeberikan kesan natural.

4. Selain tata rias, apa yang kamu kenakan akan menjadi pusat perhatian. Kamu bisa memilih pakaian dan aksesori yang lebih santai

Busana dan aksesoris kasual/ Credit: Yourbanize & Kanal 247 via yourbanize.com

Advertisement

Jika pengantin perempuan yang memakai gaun pendek sudah ngetren dari dulu, pengantin laki-laki yang memakai celana pendek juga menjadi populer belakangan ini. Apa yang kamu pakai dapat menimbulkan kesan secara keseluruhan yang kasual. Jika tak bisa memberikan sentuhan kasual pada pakaiannya, kamu bisa menambahkan aksesori berupa kacamata hitam. Plus kamu juga bisa mengganti sepatu hak atau mules menjadi sneakers.

5. Selain busana pengantin, kamu juga bisa lo membuat tamumu berdandan kasual dengan menetapkan dresscode

Pakai dresscode/ Credit: The Brides Best Friend via www.instagram.com

Jika kamu takut akan tenggelam di antara tamu yang memakai pakaian lebih formal darimu, kamu bisa menetapkan dresscode kasual untuk mereka yang akan datang. Boleh dari pakaian, wajib membawa kacamata hitam, hingga pemakaian sneakers.

6. Kamu juga bisa menyusun rundown dengan acara yang lebih luwes tanpa mengabaikan inti acara yang lainnya

Permainan bikin seru!/ Credit: Chicwedd, Ciqui, & Pellazio via www.ciqui.com

Game-game atau gimmick-gimmick yang menyenangkan dan seru bisa kamu terapkan di acaramu. Untuk itu kamu bisa memilih pemandu acara yang juga bisa membawa suasana agar lebih hidup. Melibatkan tamu ke dalam acara juga akan membuat pesta pernikahanmu menjadi semakin berkesan karena mereka tak hanya duduk dan makan sambil menyaksikanmu dari jauh tapi juga menjadi bagian yang menyenangkan.

7. Musik juga sangat memengaruhi suasana secara keseluruhan. Untuk itu berbagai lagunya perlu kamu pertimbangan juga

Musik pembawa suasana/ Credit: Easy Weddings & Wedding Ideas Mag via www.easyweddings.com.au

Musik akan menjadi latar suara selama acara berlangsung. Dengan sound yang dipasang, hal yang satu ini sangat bisa mempengaruhi suasana. Jika yang diputar adalah lagu mendayu-dayu, tamu yang datang bisa jadi terharu. Jika yang diputar lagu bahagia, kebahagiaan pun akan dirasakan seisi venue. Untuk itu, kamu bisa memilih lagu-lagu pop kekinian jika ingin acaramu lebih kasual.

Sebenarnya tak sulit membangun suasana kasual pada pernikahanmu. Pun kamu tetapĀ  bisa kok menjalankan prosesi-prosesi inti dengan tetap sakral. Dengan penerapan beberapa tips di atas, acaramu dijamin bisa lebih cair dan terasa akrab.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya