Kamu pernah kepikiran nggak sih, bagaimana sosial media bisa menjadi sumber penghasilan? Coba deh perhatikan akun-akun kece seperti milik Dian Sastro, Gitasav, atau bahkan Awkarin. Akun-akun mereka kadang diisi oleh beberapa post yang berbau promosi brand ternama.

Istilah gampangnya, endorse barang dari perusahaan kece, dan kemudian dibayar sesuai rating. Pekerjaan semacam ini bahkan bisa menjadi pekerjaan utama lho. Maka nggak jarang, kalau makin kesini, makin banyak orang yang ingin jadi influencer di sosial media.

Nah, buat kamu yang juga ingin jadi seperti mereka, simak yuk tips-tips biar akun sosial media kamu menjadi ladang penghasilan yang tidak terbatas.

1. Tentukan brand untuk diri kamu sendiri

Personal Branding Itu Penting!

Personal Branding Itu Penting! via http://private.followersgratis.web.id

Brand di sini diartikan sebagai ciri khas, jati diri, dan hal-hal yang identik dengan karakter kamu. Selain karakter, biasanya juga identik dengan keahlian. Nah, kamu pun harus menentukan brand yang seperti apa supaya orang-orang melirik kamu. Apakah kamu ingin terkenal berkat keahlian mengolah make-up, atau bersuara merdu sambil bermain gitar?

2. Kualitas upload harus bagus dan elegan

Kan keren..

Kan keren.. via http://instagram.com

Advertisement

Selain ciri khas, hal penting yang wajib dilakukan oleh seorang influencer ialah kualitas upload. Baik foto maupun video, dua-duanya harus punya kualitas yang baik dan mampu menggaet hubungan dengan audiens. Seenggaknya, minimal resolusi ponsel kamu ialah 12 MP. Perhatikan juga waktu pemotretan yang bagus, yakni jam 6-9 pagi dan 4-5 sore.

3. Jangan remehkan kekuatan #hashtag

Pakai hashtag biar ramai

Pakai hashtag biar ramai via http://instagram.com

Meski mungkin kamu mengira bahwa kebanyakan hashtag itu norak, tapi ternyata ada manfaatnya lho. Dengan menyertakan hashtag, maka foto atau video yang kamu unggah, akan tersebar luas di mesin pencari sosial media. Maka sangat penting untuk menyertakan hashtag terpopuler yang sering dipakai oleh orang-orang di sosial media.

4. Ikuti event yang diadakan oleh brand ternama

Jangan Berdiam Diri Saja!

Jangan Berdiam Diri Saja! via http://private.followersgratis.web.id

Banyak orang sukses bilang, bukan hanya keahlian dan kegigihan yang menjadikan mereka sukses, tetapi juga networking alias jalinan pertemanan. Maka penting sekali untuk kamu menghadiri setiap event yang diadakan oleh brand ternama. Sebisa mungkin mulailah berkenalan dengan perwakilan dari brand yang mengadakan event tersebut.

5. Buatlah blog pribadi dan berceritalah dengan menarik

Buat Konten Sebagus Mungkin!

Buat Konten Sebagus Mungkin! via https://www.pexels.com

Advertisement

Memiliki blog pribadi akan menjadi poin plus buat influencer. Karena hal tersebut menandakan bahwa kamu bukan hanya ahli dalam upload foto dan video yang bagus, tetapi juga ahli dalam bercerita. Ingat, bahwa zaman sekarang makin banyak iklan yang menggunakan ide dasar cerita, seperti kebanyakan iklan-iklan brand Thailand.

Nah, itulah tadi sederet kiat khusus buat kamu yang ingin jadi influencer di sosial media. Bekerja sesuai hobi, dibayar dengan harga tinggi. Siapa sih yang nggak pengen? Selamat mencoba, ya :)

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya