5 Rekomendasi Tempat di Yogyakarta Untuk Ngabuburit Menunggu Buka Puasa. Banyak Jajanannya!

Tempat ngabuburit enak di Jogja

Hallo apa kabar kalian? Udah batal puasa berapa kali nih?

Di artikel kali ini kami bakal bahas spot atau tempat-tempat yang rekomen banget buat kamu menjalani ngabuburit dengan pasangan atau bahkan sendirian buat yang gak punya pasangan di Yogyakarta.

Sebelumnya apa sih ngabuburit itu? Ngabuburit adalah tradisi yang tak lepas kita lakukan saat bulan Ramadan tiba, asal usul kata ngabuburit sendiri berasal dari Bahasa Sunda “Ngalantung Ngadagoan Burit” yang berarti bersantai-santai sambil menunggu waktu sore.

Kata dasar istilah ngabuburit adalah “burit” yang berarti sore hari. Biasanya ngabuburit dilakukan dari jam 3 atau 4 sore dengan jalan-jalan bersama pasangan atau sendirian dijalanan yang mengasikan, juga bisa mencari takjil gratis, melakukan kegiatan sosial, atau bahkan hanya sekedar menikmati sore sambil menunggu adzan maghrib berkumandang.

Berikut adalah tempat-tempat yang direkomendasikan untuk ngabuburit di Yogyakarta.

Advertisement

1. Malioboro

Malioboro

Malioboro via http://www.yogyes.com

Malioboro dapat dikatakan sebagai landmark-nya Jogja setelah Tugu Jogja. Kalian bisa menunggu waktu adzan dengan berjalan-jalan disini, jalanan yang terbentang lumayan panjang akan membuatmu puas berjalan dari parkiran Abu Bakar Ali hingga titik 0 km Yogyakarta.

Kalian tak perlu bingung akan mencari tempat berbuka puasa disini, karena banyak warung lesehan dipinggir jalan atau juga mall disekitar malioboro yang bisa diakses hanya dengan berjalan kaki saja.

Advertisement

2. Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul

Alun-Alun Kidul via http://www.kartanesia.com

Alun-alun Kidul Jogja adalah salah satu tempat ngabuburit yang paling asik dan cukup ramai pengunjung saat menjelang waktu berbuka puasa. Selain banyak yang berjualan di sana, kalian juga bisa menaiki odong-odong yang disewakan disana atau mencoba tradisi masangin yang mana masuk ke antara 2 pohon beringin dengan cara mata ditutup untuk menunggu waktu berbuka tiba.

Langit senja juga terlihat dari sudut Alun-alun, tak usah khawatir dengan pilihan kuliner, karena disana ada banyak sekali jajanan seperti tempura, bakso, wedang ronde, dll.

3. Kampung Ramadan Jogokariyan

Kampung Ramadhan Jogokariyan

Kampung Ramadhan Jogokariyan via http://Merdeka.com

Selanjutnya tempat ngabuburit yang bisa dibilang surganya takjil ada di Kampung Ramadan Jogokariyan, tepatnya disepanjang jalan wilayah masjid Jogokariyan Yogyakarta. Setiap habis ashar tempat ini akan disulap menjadi pasar takjil yang serba ada, mulai dari jajanan pasar hingga Takoyaki.

Masjid Jogokariyan sendiri menggelar berbagai kegiatan juga saat bulan Ramadan, salah satunya membagikan hidangan untuk berbuka puasa hingga 1000 porsi, sahur bersama, dan acara agama lainnya. Tak heran jika Kampung Ramadan Jogokariyan ini menjadi salah satu tempat favorit untuk menghabiskan waktu ngabuburit yang paling populer.

4. Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo via http://KSMTour.com

Embung Tambak Boyo menjadi pilihan teruntuk kalian yang suka olahraga atau hanya sebatas menikmati pemandangan yang adem-adem, di tempat ini saat bulan Ramadan biasa dipenuhi orang-orang yang ngabuburit dengan berolahraga, entah hanya jalan santai, jogging, atau bersepedaan.

Di Embung Tambak Boyo ini kalian disuguhkan dengan pemandangan embung yang terbentang luas, jika kalian beruntung juga terkadang pemandangan Gunung Merapi muncul di tempat ini. Namun untuk kuliner di sini sangat kurang, hanya ada beberapa orang saja yang berjualan.

5. Bukit Bintang

Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang Jogja via http://travelspromo.com

Bukit Bintang bukan berarti bukitnya ada dibintang ya, tapi bukit ini cocok buat kalian yang ngabuburit bersama pasangan atau teman yang ingin merasakan nuansa romantis. Dari ketinggian ini kalian bisa melihat penjuru Jogja di malam hari yang lampu-lampunya seperti bintang, pemandangan yang cantik nan indah akan kalian dapatkan disini.

Kalian bisa memilih rumah makan yang berjejer disepanjang jalan, walaupun hanya warung sederhana namun disini menyajikan makanan yang tak kalah enak, apalagi ditambah dengan pemandangan yang terlihat dari Bukit Bintang Hargo Dumilah ini.

Itulah tempat-tempat yang berhasil kami rangkum untuk memenuhi kegabutan kalian di Kota Jogja sekalian ngabuburit menunggu waktu maghrib tiba, kira-kira kalian akan kemana setelah membaca artikel ini? Semoga membantu untuk menentukan arah kegabutan kalian ya.

Semangat puasa 🙂

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Aku adalah manusia yang memanusiakan manusia

CLOSE