Belum lama ini, kita seluruh masyarakat Indonesia telah memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 71. Merdeka dalam kamus bahasa Indonesia berarti bebas, berdiri sendiri, terlepas dari tuntutan, dan tidak bergantung pada pihak tertentu. Kemerdekaan ini adalah milik bersama, setiap orang, tua muda, laki-laki perempuan, berhak merasakan kemerdekaan dan memiliki kebebasan. Sehingga, dalam kebebasan seseorang terdapat kebebasan orang lain yang mana harus dihargai dan dihormati. Dalam hal ini kebebasan yang kita miliki sebagai individu tetap harus menjadi kebebasan yang positif dan tanggung jawab dengan segala konsekuensi atas kebebasan yang kita pilih.

Lantas, seperti apakah bentuk merdeka yang positif dan tanggung jawab bagi kita sebagai remaja?

Remaja dalam ilmu perkembangan adalah istilah bagi seseorang yang menginjak usia 12-21 tahun. Dalam rentang usia ini, seorang remaja tengah mengalami perkembangan fisik, psikologis, kognitif, dan sosio-emosi yang sangat pesat. Perkembangan fisik remaja seperti tumbuh payudara bagi perempuan, tumbuh jakun dan kumis pada laki-laki. Dalam perkembangan psikologisnya, remaja melalui tahap pencarian identitas atau jati dirinya, yang nantinya akan berpengaruh terhadap bentuk kepribadiannya ketika dewasa. Perkembangan kognitif remaja ditandai dengan munculnya kemampuan berpikir logis dan abstrak. Serta perkembangan sosio-emosi remaja yang cenderung reaktif, sensitif, dan optimistik.

Disinilah letak pentingnya memberikan kemerdekaan atau kebebasan yang positif dan tanggung jawab bagi remaja. Seorang remaja akan semakin terlatih dalam memecahkan masalah-masalah, serta mengambil keputusan-keputusan dalam hidupnya. Selain itu, memberikan kebebasan yang positif dan tanggung jawab remaja, akan melatih mereka dalam memilah dan memilih relasi dan pertemanan dalam hidupnya. Dengan begitu, nantinya seorang remaja tidak menjadi pribadi yang bergantung pada orang tua, berjiwa kreatif dan inovatif, mampu mengelola emosinya yang cenderung reaktif dan sensitif, serta memahami konsekuensi dan tanggung jawab atas segala keputusan yang ia pilih.

Dibawah ini, tips buat kamu para remaja agar bisa menjadi remaja merdeka yang positif dan tanggung jawab:

1. Mengenal diri sendiri

Orang yang paling tahu tentang dirimu adalah dirimu sendiri. Mengenal diri sendiri adalah penting, sebelum kamu mengenal orang lain. Kenali apa kelebihan pada dirimu yang bisa kamu kembangkan, dan apa kekuranganmu agar kamu tahu solusi terbaik untuk meminimalisir hal itu. Dengan mengenal diri sendiri, kamu akan tahu tentang hal apa yang kamu suka, kamu memiliki kemerdekaan dalam memilih impian-impian kamu, dan kamu tahu langkah apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai impian-impian tersebut.

2. Berpikir positif

lakukan dengan seyum, hati senang, dan berpikir positif via http://www.isigood.com

Dari pikiran yang positif akan menghasilkan perasaan dan perilaku yang positif juga. Tetap berpikir positif bahwa setiap tantangan didepan kamu adalah jembatan bagi kamu untuk menjadi pribadi yang lebih hebat. Hal ini akan membuat kamu merasa merdeka, sehingga kamu tidak terjebak dengan pikiran-pikran cemas yang hanya fokus pada masalah. Tetap optimis bahwa setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Di setiap masalah pasti ada jalan keluar.